Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Gawat, Ada 8 Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Bagi Kesehatan

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Risiko Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Secara Sembarangan Bagi Kesehatan

Terdapat risiko serta bahaya mencabut bulu ketiak jika dilakukan secara sembarangan. Bahkan menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Oleh karena itu, setidaknya ada beberapa hal penting yang perlu diketahui.

Hal penting pertama adalah apa saja yang menjadi bahaya dari kegiatan mencabut bulu ketiak. Selanjutnya tentu Sahabat Sehat perlu mengetahui bagaimana seharusnya menghilangkan bulu ketiak yang aman dan tidak memberikan risiko ataupun bahaya bagi kesehatan.

Bahaya Mencabut Bulu Ketiak dari Sisi Kesehatan

Sahabat Sehat, ketiak adalah salah satu area tubuh yang cukup sensitif. Merupakan hal yang wajar jika tumbuh rambut di area ketiak, sebab bulu ketiak secara alami dapat mencegah timbulnya bakteri penyebab bau badan. Mungkin banyak diantara Sahabat Sehat yang memilih menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur maupun atau mencabuti bulu ketiak. 

Namun perlu Sahabat Sehat ketahui bahwa ada berbagai risiko jika Sahabat Sehat tidak berhati-hati saat mencabut bulu ketiak. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat terjadi jika Sahabat Sehat kurang berhati-hati atau sembarangan saat mencabut bulu ketiak, yaitu:

Bulu Ketiak Jadi Lebih Cepat Tumbuh

Bulu Ketiak Menjadi Lebih Cepat Tumbuh

Pada beberapa orang, mencabut bulu ketiak justru menyebabkan bulu ketiak lebih cepat tumbuh. Menjadikan kegiatan menghilangkan bulu ketiak harus lebih sering dilakukan. Masalah ini merupakan risiko ringan yang mungkin terjadi akibat kebiasaan mencabut bulu ketiak. Selain itu, walaupun cukup sering terjadi namun tidak semua orang mengalaminya.

Jika mengalami masalah ini, sebenarnya cukup lebih bersabar dan lebih rajin membersihkan area ketiak. Konsultasikan pada dokter kulit jika Sahabat Sehat merasa memerlukannya.

Iritasi Kulit

Warna Kemerahan Akibat Ketiak Mengalami Iritasi

Salah satu bahaya mencabut bulu ketiak yang paling sering terjadi adalah adanya  iritasi kulit. Setelah mencabut bulu ketiak, Sahabat Sehat mungkin merasa nyeri dan terlihat kemerahan pada kulit. Apabila terus dibiarkan, iritasi pada kulit dapat meninggalkan luka terbuka.

Sebenarnya masalah iritasi ini dapat membaik sendiri dalam waktu 1-4 minggu tergantung tingkat regenerasi sel kulit. Untuk mempercepat proses penyembuhan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti mandi dengan sabun yang mengandung pelembab, tidak menggaruk ketiak ketika gatal (gunakan kompres dingin ketika ketiak gatal), serta konsultasikan ke dokter jika masalah iritasi tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Infeksi Kulit

Luka yang Membesar di Area Ketiak Karena Salah Cara Cabut Bulu Ketiak

Ketika mencabut bulu ketiak, ada risiko terjadi luka pada area ketiak. Luka tersebut menjadi jalan masuk kuman serta bakteri yang bisa menyebabkan luka menjadi infeksi serius. Jika luka tidak segera ditangani maka luka bisa menjadi lebih besar dan ketiak mengalami rasa sakit atau perih yang tidak tertahankan.

Oleh sebab itu, jika dirasa ada perih-perih di kulit setelah mencabut bulu ketiak, maka kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena ada luka pada kulit ketiak. Segera bersihkan area ketiak menggunakan air bersih, sabun, dan cairan antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Jika memang sudah terjadi infeksi di ketiak, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang tepat.

Ingrown Hair

Ingrown Hair Akibat Sering Mencabut Bulu Ketiak

Ingrown Hair merupakan kondisi bulu atau rambut yang tumbuh ke dalam kulit, bukan keluar ke  arah permukaan kulit seperti pada umumnya. Salah satu penyebab ingrown hair adalah akibat mencabut bulu ketiak. Pertumbuhan rambut yang tidak normal pada ketiak dapat menimbulkan kerusakan pada kulit yang ditandai dengan kulit bengkak, kemerahan, dan terasa gatal. 

Jika sudah mengalami ingrown hair, warna kulit ketiak bisa semakin menghitam. Nantinya akan meninggalkan bekas yang tentunya kurang cantik untuk dilihat. Solusi untuk mengatasi ingrown hair adalah dengan melakukan bedah kecil untuk membuka kulit dan membantu rambut tumbuh kembali sesuai dengan yang seharusnya. Solusi ini hanya bisa dilakukan oleh dokter yang memang memiliki spesialisasi masalah kulit. Beberapa dokter mungkin akan memberikan antibiotik dan kortikosteroid tergantung pada kondisi ingrown hair yang dialami oleh Sahabat Sehat.

Kulit Ketiak Menghitam (Hiperpigmentasi)

Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Salah Satunya Adalah Membuat Ketiak Semakin Menghitam

Kulit ketiak yang tampak kehitaman tentu sangat mengganggu estetika. Hal ini dapat disebabkan karena pada saat Sahabat Sehat mencabut bulu ketiak, terjadi peradangan pada sel pigmen kulit. Jika Sahabat Sehat terus menerus menghilangkan bulu ketiak dengan cara dicabut, dapat memperparah peradangan dan kulit tampak semakin menghitam.

Sahabat Sehat perlu melihat menghitamnya kulit ketiak ini karena masalah Ingrown Hair atau memang hiperpigmentasi. Jika memang karena hiperpigmentasi maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan krim oles yang mengandung hidrokuinon (Hydroquinone). Silahkan konsultasikan kepada dokter kulit untuk mengatasi masalah ini serta untuk mendapatkan obat yang tepat.

Folikulitis

Bintik Putih di Ketiak yang Disebut Folikulitis

Folikulitis adalah kondisi peradangan pada folikel rambut, yang diakibatkan infeksi bakteri kulit. Ketika bulu ketiak dicabut secara paksa akan menyebabkan folikel rambut meradang sehingga kulit tampak kemerahan, terasa gatal hingga nyeri. Ciri mengalami folikulitis adalah adanya titik-titik kecil putih menggelembung yang sebenarnya berisi pembuluh darah yang mati. Biasanya akan disertai rasa nyeri serta gatal di area ketiak.

Solusi untuk mengatasi folikulitis adalah dengan membersihkan area yang terinfeksi dengan air hangat serta selalu menggunakan sabun antibakteri ketika mandi. Lakukan selama 1-4 minggu sampai folikulitis benar-benar hilang. Selama proses penyembuhan, pastikan untuk tidak mencukur ataupun menggaruk area yang terinfeksi. Jika memang sudah sangat gatal, ambil air dingin dan kompres area tersebut dengan air dingin.

Bakteri kulit menyukai kondisi lembab, oleh sebab itu, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Sebaiknya gunakan pakaian longgar sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Peradangan Kelenjar Getah Bening

Masalah di Kelenjar Getah Bening Akibat Infeksi di Ketiak

Apabila kulit ketiak mengalami peradangan maupun infeksi kulit, dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar getah bening di ketiak sebagai respon dari proses peradangan yang terjadi pada kulit ketiak. 

Bukan sekedar radang, pada beberapa kasus bahkan terjadi kanker kelenjar getah bening akibat sembarangan mencukur bulu ketiak. Hal ini terjadi ketika bulu ketiak dicabut maka ada celah atau lubang yang terbuka. Dari celah tersebut maka racun-racun atau zat asing dapat masuk dan mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan munculnya sel kanker getah bening.

Jika Sahabat Sehat mengalami masalah di kelenjar getah bening akibat sering mencabut bulu ketiak, sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan memberikan solusi terbaik apa yang harus segera dilakukan. Biasanya dokter akan memberikan solusi pengobatan jalan dimana Sahabat Sehat harus meminum obat selama jangka waktu tertentu. Atau harus melakukan operasi agar kelenjar getah bening tidak semakin menyebar.

Kanker Payudara

Kanker Payudara Bisa Terjadi Jika Sembarangan Cabut Bulu Ketiak

Selain menyebabkan masalah di kelenjar getah bening, bahaya mencabut bulu ketiak selanjutnya adalah menyebabkan kanker payudara. Kasus ini juga terjadi akibat lubang yang terjadi akibat bulu ketiak dicabut menjadi celah masuknya racun ke dalam tubuh. Racun tersebut mengendap di area payudara dan menyebabkan timbulnya kanker.

Jika merasa memiliki gejala kanker payudara akibat kebiasaan mencabut bulu ketiak, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik. Dokter akan memberikan solusi yang sesuai dengan kondisi kanker pada tubuh Sahabat Sehat.

Itulah beberapa bahaya mencabut bulu ketiak yang bisa terjadi pada kesehatan akibat melakukan prosedur cabut bulu ketiak secara sembarangan. Oleh sebab itu, kebiasaan mencabut bulu ketiak harus dihilangkan.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Benar

Setelah membaca beberapa bahaya dari mencabut bulu ketiak, tentu Sahabat Sehat akan menghilangkan kebiasaan buruk mencabut bulu ketiak.  Namun jika Sahabat Sehat merasa terganggu dengan adanya bulu ketiak, berikut adalah beberapa tips yang dapat Sahabat Sehat terapkan untuk  bahaya mencabut bulu ketiak yang mungkin terjadi:

Hindari mencabut bulu ketiak yang patah

Jika Sahabat Sehat mencukur rambut ketiak dan terlihat masih ada sisa bulu ketiak yang kecil, sebaiknya tidak dicabut sebab beresiko menyebabkan iritasi dan infeksi kulit.

Gunakan alat cukur yang higienis

Jika Sahabat Sehat ingin menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan alat cukur, sebaiknya pastikan alat cukur higienis dan gunakan krim cukur untuk mengurangi iritasi kulit.

Menggunakan alat epilator

Epilator merupakan alat untuk menghilangkan bulu ketiak hingga ke akar rambut. Pastikan menggunakan alat ini dalam keadaan bersih dan higienis untuk memastikan tidak membawa bakteri masuk ke celah yang ditinggalkan oleh bulu-bulu ketiak.

Menggunakan depilatori

Depilatori adalah krim, gel, maupun lotion yang dapat menghilangkan bulu dengan cara melemahkan struktur rambut sehingga lepas dengan sendirinya.

Waxing bulu ketiak

Setelah melakukan waxing, umumnya kulit tampak kemerahan, terasa nyeri dan gatal. Namun hal ini akan berangsur-angsur berkurang dalam beberapa jam hingga 1-2 hari. Rata-rata rambut tidak akan tumbuh dalam 3-6 minggu sejak dilakukan waxing bulu ketiak.

Terapi sinar laser

Sinar laser intense pulsed lights (IPL) umumnya dapat mengganggu folikel rambut sehingga mempengaruhi pertumbuhan bulu ketiak. Umumnya prosedur ini dilakukan oleh dokter. 

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai resiko mencabut bulu ketiak. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Whelan C.. Plucking Hair: Best Locations & Safety Tips [Internet].USA : Healthline. 2020 [updated 2020 July 23; cited 2021 Aug 05].
  2. Jackson K. Should You Pluck Your Armpit Hair? What An Expert Dermatologist Has to Say [Internet]. 2016 [updated 2016 May 30; cited 2021 Aug 05].
  3. Brennon H.. Learn These Different Ways to Get Rid of Unwanted Hair for Good [Internet]. 2020 [updated 2020 Sep 17; cited 2021 Aug 05].
  4. Murdianto M. 7 Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Ini Perlu Kamu Tahu, Jangan Sembarangan! [Internet]. Indonesia : IDN Times. 2019 [updated 2019 May 09; cited 2021 Aug 05].
  5. Ghoshal M. All About Shaving Your Armpits [Internet]. USA : Healthline. 2021 [updated 2021 Jan 22; cited 2021 Aug 05].

Chat Asisten ProSehat aja