Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Apa yang Harus Dilakukan Jika Berkontak Dengan Penderita Covid-19 ?

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

penderita TBC menghadapi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19, sudah seharusnya Sahabat Sehat menjaga jarak dengan orang lain untuk meminimalisir penularan Covid-19. Namun jika Sahabat Sehat tidak sengaja berkontak dengan penderita Covid-19, apa saja yang harus dilakukan ?

Nah Sahabat Sehat, mari simak penjelasan berikut.

Apa yang Harus Dilakukan ?

Mungkin banyak diantara Sahabat Sehat yang khawatir terinfeksi Covid-19 setelah tidak sengaja berkontak dengan penderita Covid-19. Pertama-tama Sahabat Sehat harus tenang lebih dahulu, lalu lakukan beberapa hal berikut :

 

  • Karantina Mandiri Selama 14 Hari

 

Pakar penyakit menular, Kristin Englund menyarankan agar seseorang melakukan karantina selama 14 hari setelah melakukan kontak erat dengan penderita Covid-19. Jika penderita Covid-19 batuk atau bersin di dekat Sahabat Sehat, maka peluang Sahabat Sehat tertular juga semakin meningkat. Selama melakukan karantina mandiri, Sahabat Sehat dirumah saja ya !

 

  • Menjaga Jarak

 

Selanjutnya sesuai instruksi dari pemerintah dan Kementerian Kesehatan, Sahabat Sehat harus menjaga jarak dengan orang lain setelah melakukan kontak dengan penderita Covid-19. Hal ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Produk Terkait : KASIH Pemeriksaan Swab Antigen ke Rumah

 

  • Rajin Menjaga Kebersihan

 

Jika Sahabat Sehat baru saja melakukan kontak dengan penderita Covid-19, Sahabat Sehat diharuskan lebih ekstra dalam menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan juga menjadi kunci penting mencegah infeksi Covid-19.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin baik dengan menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol maupun dengan sabun dan air mengalir.

 

  • Hindari Kontak dengan Orang Berisiko Tinggi

 

Jika Sahabat Sehat baru berkontak dengan penderita Covid-19, maka disarankan Sahabat Sehat tidak berinteraksi dengan orang yang berisiko tinggi seperti bayi, anak, lansia, maupun penderita penyakit komorbid. 

 

  • Memakai Masker dan Desinfeksi Rumah

 

Selanjutnya, Sahabat Sehat harus tetap menggunakan masker saat berinteraksi dengan orang lain terutama jika baru saja melakukan interaksi dengan penderita Covid-19. Sahabat Sehat juga disarankan untuk melakukan desinfeksi pada semua permukaan benda yang ada di rumah.

 

  • Melakukan Pemeriksaan Covid-19

 

Menurut Juru bicara pemerintah Covid-19 dr. Achmad Yurianto, jika seseorang telah melakukan kontak langsung dengan penderita Covid-19 maka harus melakukan pemeriksaan Covid-19 ke fasilitas kesehatan terdekat.

Produk Terkait : Rapidtest Covid19

 

  • Penelusuran Kasus

 

Penelusuran kasus (contact tracing) merupakan elemen yang sangat penting dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Tenaga medis akan menanyakan beberapa hal, seperti riwayat kontak dengan siapa saja atau baru bepergian ke daerah mana saja dalam 7 hingga 14 hari ke belakang.

Bagaimana Jika Gejala Memburuk ?

Bagi Sahabat Sehat yang memiliki riwayat kontak erat dengan penderita Covid-19 dan saat ini mengalami perburukan gejala, misalnya terasa sesak dan sulit bernafas maka disarankan melakukan pemeriksaan ke dokter. Sahabat Sehat bisa menghubungi dokter terdekat untuk penanganan yang lebih lanjut.

Produk Terkait : KASIH Pemeriksaan Swab Antigen in Clinic

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai hal-hal yang harus dilakukan jika Sahabat Sehat berkontak dengan penderita Covid-19. Tetap terapkan protokol kesehatan 5M yaitu mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi. 

Jika Sahabat Sehat ingin melakukan pemeriksaan Covid-19, segera manfaatkan layanan Prosehat dan Klinik Kasih. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

 

  1. Anggraini A. Yang Harus Dilakukan Bila Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19 [Internet]. Indonesia : Kompas. 2020 [updated 2020 May 12; cited 2021 June 25]. Available from : https://health.kompas.com/read/2020/05/12/180000468/yang-harus-dilakukan-bila-pernah-kontak-dengan-pasien-covid-19?page=all 
  2. Pamungkas P. Ini yang Wajib Dilakukan Jika Pernah Kontak dengan Orang Positif Covid-19, Salah Satunya Karantina [Internet]. Indonesia : Tribunnews Wiki. 2020 [updated 2020 Dec 06; cited 2021 June 25]. Available from : https://www.tribunnewswiki.com/2020/12/06/ini-yang-wajib-dilakukan-jika-pernah-kontak-dengan-orang-positif-covid-19-salah-satunya-karantina?page=3 
  3. Sehat Negeriku. Lakukan Tes Corona saat Bergejala dan Kontak Langsung dengan Pasien Positif [Internet]. Indonesia : Sehat Negeriku Sehatlah Bangsaku. 2021 [updated 2021 Jan 19; cited 2021 June 24]. Available from: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20200320/3033453/lakukan-tes-corona-saat-bergejala-dan-kontak-langsung-pasien-positif/ 
  4. Kumparan. Kamu Kontak Erat dengan Kasus Positif Corona? Ini yang Harus Dilakukan [Internet]. Indonesia : Kumparan. 2020 [updated 2020 Sep 30; cited 2021 June 25]. Available from : https://www.google.co.id/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparannews/kamu-kontak-erat-dengan-kasus-positif-corona-ini-yang-harus-dilakukan-1uIdMv0J7We 

 

Chat Asisten ProSehat aja