Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

4 Tips Mencegah Penularan Flu di Kantor

Pilek atau disebut juga flu adalah salah satu penyakit yang infeksi saluran pernapasan yang sangat umum dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan dalam setahun, orang dewasa dapat mengalami pilek sekitar dua hingga tiga kali.

4 Tips Mencegah Penularan Flu di Kantor

4 Tips Mencegah Penularan Flu di Kantor

Virus penyebab pilek sangat mudah menular dari orang ke orang, terlebih di lingkungan kantor dengan sirkulasi udara yang buruk. Sahabat Sehat, bagaimana cara mencegah penularan pilek terutama di lingkungan perkantoran ? Mari simak penjelasan berikut.

Bagaimana Flu Dapat Menyebar?

Pilek atau disebut juga flu disebabkan oleh virus influenza yang sangat menular segera setelah seseorang terinfeksi. Pada tahapan awal, seseorang yang terkena flu belum mengalami gejala seperti batuk atau hidung tersumbat sehingga mereka tidak menyadarinya.Virus influenza menular dalam 24 jam sebelum munculnya gejala, dan akan terus menular hingga hari ketujuh. Flu umumnya sangat menular selama 2 – 3 hari awal infeksi, dan masih dapat ditularkan ke orang lain hingga seminggu setelahnya. 

Saat seseorang yang mengalami flu pergi bekerja, mereka dapat menularkan virus tersebut ke rekan kerja dan penghuni kantor lainnya melalui droplet saat batuk atau bersin di tempat kerja. Selain itu, perilaku seperti membuang tisu bekas sembarangan juga menjadi faktor resiko penularan pilek di lingkungan kantor. Oleh sebab itu karyawan yang mengalami pilek sebaiknya beristirahat dan mengurangi produktivitas di kantor untuk mencegah penularan ke orang lain.

vaksin ke rumah, layanan ke rumah, vaksinasi di rumah aja

Tips Mencegah Penularan Flu Di Kantor

Kebijakan beberapa tempat kerja mungkin berbeda, serta tidak semua karyawan diperkenankan untuk bekerja dari rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk mencegah penularan flu di lingkungan kantor, yakni :

  • Istirahat dan Batasi Aktivitas Ke Luar Rumah

Jika Sahabat Sehat merasa kurang sehat,, dianjurkan beristirahat untuk mempercepat proses pemulihan dan mengurangi potensi menularkan virus influenza ke orang lain. Selain itu, dengan beristirahat yang cukup dapat mengembalikan daya tahan tubuh. 

  • Siapkan Perlengkapan Kesehatan Dasar

Tidak hanya sebagai langkah pencegahan penularan pilek dan flu, melengkapi tempat kerja dengan berbagai perlengkapan kesehatan dasar seperti tisu, sabun, hand sanitizer, dan cairan desinfektan diperlukan agar lingkungan kerja tetap higienis. 

Baca Juga: Seberapa Efektifkah Vaksin Flu untuk Mencegah Penyakit Flu?

  • Segera Ambil Izin atau Cuti 

Agar Sahabat Sehat dapat mengambil cuti kerja saat pilek atau flu, pastikan untuk memberi arahan pada orang lain agar dapat menggantikan Sahabat Sehat sementara waktu. Namun jika tidak memungkinkan untuk cuti, Sahabat Sehat dianjurkan membicarakan dengan atasan terkait bekerja dari rumah dan konferensi jarak jauh. 

  • Vaksinasi Influenza

Mendapatkan vaksinasi influenza merupakan cara terbaik untuk mencegah flu. Vaksinasi influenza sangat direkomendasikan bagi kelompok yang memiliki risiko tinggi, yakni :

  1. Berusia diatas 65 tahun
  2. Wanita hamil
  3. Anak berusia diatas 6 bulan yang memiliki kondisi medis dan berisiko mengalami komplikasi jika menderita flu, yakni :
  • Asma kronis
  • Masalah jantung
  • Kondisi paru-paru
  • Gangguan ginjal
  • Penyakit sistem saraf
  • Gangguan imunitas
  • Diabetes
  • Orang yang memiliki pekerjaan berinteraksi dengan penderita flu, seperti tenaga kesehatan dan pengasuh anak.

Secara umum pemberian vaksin influenza mulai dapat diberikan saat anak berusia 6 bulan keatas dan pada orang dewasa. Pada anak berusia kurang dari 8 tahun, pemberian vaksin influenza pertama kali diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak minimal 4-6 minggu. Sedangkan bila anak berusia diatas 8 tahun, maka dosis pertama cukup diberikan 1 dosis saja. Pemberian vaksin influenza baik pada anak maupun dewasa dapat dilakukan setahun sekali.

Baca Juga: Apa Keuntungan Perusahaan Memberikan Benefit Vaksinasi Bagi Karyawan Kantor?

Menjaga Jarak Dengan Penderita Flu

Ditempat kerja, Sahabat Sehat dianjurkan menghindari kontak dengan orang yang diketahui atau diduga menderita flu yakni dengan melakukan beberapa langkah berikut :

  • Berdiri setidaknya satu meter dari orang yang sedang flu
  • Hindari kontak kulit, seperti berjabat tangan dengan orang yang terinfeksi
  • Cuci tangan sesegera mungkin setelah kontak kulit dengan penderita flu
  • Hindari berbagi peralatan makan dan minum seperti sedotan dan sendok
  • Gunakan masker saat berinteraksi dengan orang lain

Baca Juga: Apa Manfaat Imunisasi Influenza dan Efek Sampingnya Bagi Anak

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai tips untuk mencegah penularan pilek di lingkungan perkantoran. Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. Piedmont Healthcare. Preventing Colds And Flu At The Office.
  2. Centers for Disease Control and Prevention. Common Colds.
  3. Health Engine Blog. Cold and flu prevention at work.
  4. Millers at Work. How to Avoid the Flu in the Office: 6 Essential Etiquette Practices.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com