Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

10 Manfaat Puasa Ramadhan yang Belum Kita Ketahui

Wah, sebentar lagi puasa ya! Apa yang sudah dipersiapkan nih? Untuk sebagian orang mungkin berpendapat melakukan ibadah puasa sebulan penuh merupakan penyiksaan, padahal ternyata ada banyak manfaat puasa Ramadhan yang belum kita ketahui. Apa saja? Keep on reading!

Terlepas dari kewajiban untuk kaum Muslim, apa lagi ya manfaat puasa Ramadhan yang dirasakan dilihat dari sisi kesehatan? Tubuh Anda diberi kesempatan untuk beristirahat dan puasa menciptakan suatu kondisi  dimana tubuh kita mengetahui waktunya untuk menyembuhkan dirinya sendiri, puasa memberi jalan untuk menyeimbangkan semua kadar zat yang ada dalam tubuh kita. Energi selama berpuasa digunakan bukan lagi untuk mencerna makanan, tetapi membersihkan tubuh dari racun-racun yang terakumulasi sebelumnya. Jadi itulah alasan mengapa puasa dipercaya dapat menyembuhkan tubuh yang sakit.

Dan berikut ini 10 manfaat puasa Ramadhan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Puasa membantu menurunkan berat badan

Puasa sudah dipercaya dapat menurunkan berat badan karena banyak penelitian menunjukkan bahwa waktu yang digunakan untuk berpuasa dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak. Tubuh yang berpuasa menggunakan sumber energi utama, yaitu lemak yang terkumpul di tubuh Anda, bukan gula yang Anda dapatkan sehari-hari dari makanan Anda. Dengan begitu presentasi lemak tubuh dapat berkurang dengan signifikan ketika berpuasa.

2. Puasa memperbaiki kesensitifan insulin

Dengan berpuasa, tubuh mentolerir karbohidrat atau sumber gula lebih baik. Hormon insulin menemukan kembali ritmenya dalam memberikan perintah kepada sel-sel tubuh untuk mengolah glukosa dari gula darah menjadi energi.

3. Sistem pencernaan Anda dapat beristirahat sejenak

Selama 13 jam berpuasa, tubuh mengizinkan sistem pencernaan Anda untuk beristirahat dengan lebih optimal. Dengan beristirahat sejenak, organ-organ pencernaan akan berfungsi kembali dengan metabolisme yang meningkat ketika diperlukan.

4. Puasa meningkatkan metabolisme tubuh

Sistem pencernaan Anda yang juka ikut berpuasa malah akan meningkatkan kinerja tubuh dalam meningkatkan metabolisme sehingga proses pembakaran lemak dapat berjalan lebih sempurna. Hal ini akan berakhir pada penurunan berat badan atau massa lemak tubuh.

5. Secara emosional, puasa membuat Anda lebih tenang

Dengan berpuasa Anda dapat memusatkan pikiran ke Sang Khalik sehingga berujung pada ketenangan secara emosional dan terhindar dari stres.

6. Puasa memperpanjang usia

Banyak penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit Anda makan, terlebih lagi makanan yang membawa penyakit seperti junk food, semakin panjang usia Anda. Maka dengan menjaga tubuh dari pengaruh makanan anda, akan semakin panjang usia tubuh Anda. Kualitas organ tubuh Anda pun dapat terjaga.

7. Puasa memperbaiki kualitas sistem imunitas

Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari USC (University of Southern California) yang mendapatkan hasil bahwa berpuasa membuat sistem imun kita untuk membunuh sebagian sel-selnya yang rusak dan akhirnya membentuk sel imun baru. Dengan hal ini, kekebalan tubuh kita akan semakin baik.

8. Puasa memperbaiki pola makan

Manfaat puasa Ramadhan yang ke-8 adalah pola makan yang baik akan tercipta begitu Anda terbiasa. Dengan 30 hari puasa Ramadhan, berbuka di pukul 6 sore dan berhenti makan di pukul 5 pagi akan menciptakan pola makan yang lebih baik, sehingga organ tubuh Anda tidak stress dan kaget, serta dapat beristirahat untuk memperbaiki kerusakannya.

9. Puasa memperbaiki fungsi otak

Produksi protein Brain-derived Neurotrophic Factor oleh otak akan berjalan dengan lebih baik. Protein ini akan mengaktifkan sel-sel brain stem untuk mengubahnya menjadi neuron-neuron baru, selain juga menjaga sel otak Anda dari faktor risiko Alzheimer dan Parkinson.

10. Puasa membuat kulit lebih cantik

Berpuasa dapat membuat kulit Anda lebih cantik karena tubuh terjaga dari proses pencernaan, sehingga dapat memfokuskan ke hal regenerasi kulit di sistem yang lain. Tubuh juga akan terjaga dari racun dan memperbaiki kinerja organ lain seperti ginjal, hati dan organ lainnya.

Tidak sabar merasakan 10 manfaat di atas? Jangan sampai melewatkan puasa di bulan Ramadhan tahun ini agar tubuh semakin sehat secara fisik dan spiritual. Ketahui juga bagaimana tetap fit dan tidak mudah sakit selama puasa di artikel berikut FAQ: Tetap Fit Saat Puasa Bulan Ramadhan.

Produk Terkait:

1. Imboost Force

Suplemen ini sangat baik dikonsumsi, karena dapat meningkatkan sistem imun tubuh dalam menghadapi infeksi bakteri ataupun virus. Dengan kandungan echinacea purpurea 250 mg, black elderberry extrak 400 mg, dan Zn picolinate 10 mg, daya tahan tubuh Anda akan terjaga sehingga walaupun berpuasa, Anda dapat terhindar dari sakit.

2. Madu TJ

Kandungan madu alami sudah terbukti dapat menjaga kesehatan Anda, menyegarkan serta menambah daya tahan tubuh. Cocok untuk di bulan puasa seperti ini, jangan sampai lewatkan konsumsi madu asli dan terbaik.

Chat Asisten ProSehat aja