Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Manfaat Vaksin Influenza untuk Anak dan Efek Sampingnya

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Pentingnya Vaksin Influenza untuk Anak Demi Mencegah Gejala Flu Seperti Pilek dan Demam

Pemberian vaksin influenza untuk anak mencegahnya mudah kena pilek dan demam. Oleh sebab itu, anak perlu divaksin influenza sejak dini. Sayangnya banyak orang tua yang menganggap remeh gejala flu seperti pilek, demam, dan radang tenggorokan.

Faktanya, sangat banyak anak yang cenderung sering sakit tidak masuk sekolah karena terkena flu. Banyak juga anak yang sudah cukup makan namun perkembangan tubuhnya masih kurang optimal. Hal ini terjadi karena tubuhnya sering jatuh sakit, terutama akibat demam terkena virus influenza.

Gejala dan Komplikasi Akibat Influenza

Infeksi virus influenza pada tubuh ditandai dengan demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung berair ataupun tersumbat, badan terasa nyeri, sakit kepala hingga tubuh terasa lemas. Rata-rata infeksi influenza pada anak berusia dibawah 5 tahun memerlukan penanganan medis sebab virus influenza dapat menyebabkan anak sakit hingga dirawat.

Tercatat selama periode tahun 2019 hingga 2020 di Amerika Serikat, sebanyak 68,2% dari total 100.000 populasi anak telah menjalani perawatan akibat infeksi influenza. Beberapa komplikasi yang dapat dialami akibat infeksi virus influenza, yaitu :

  • Infeksi dan peradangan paru, misal pneumonia
  • Kekurangan cairan tubuh
  • Gangguan jangka panjang seperti asma
  • Gangguan sinus dan infeksi telinga
  • Gangguan pada otak, misalnya ensefalopati

Selain itu, anak yang sering jatuh sakit akibat terkena flu akan tertinggal banyak pelajaran di sekolah karena tidak masuk kelas, ataupun menjadi sulit memahami materi pelajaran.

Pentingnya Vaksin Influenza Bagi Si Kecil

Sahabat Sehat, vaksin influenza termasuk hal yang penting terutama selama pandemi Covid-19 untuk mengurangi resiko kesakitan dan perawatan di rumah sakit akibat gangguan pernafasan. Pemberian vaksin flu selama pandemi diperlukan supaya tidak terjadi twindemic, yaitu situasi yang terjadi ketika flu dan Covid-19 menyerang secara bersamaan. Selain itu pemberian vaksin influenza pada anak terutama yang berusia kurang dari 5 tahun, dapat menurunkan resiko komplikasi akibat influenza.

Dengan pemberian vaksin influenza, manfaat yang dapat diterima si kecil antara lain:

  1. Tidak mudah jatuh sakit, terutama flu (pilek, demam, radang, dan gejala flu lainnya)
  2. Anak lebih rajin ke sekolah karena badannya jadi lebih penuh energi
  3. Anak lebih sehat sehingga lebih mudah memahami pelajaran ke sekolah
  4. Jauh dari risiko komplikasi akibat influenza
  5. Terhindar dari twindemic di masa Covid

Jadwal Pemberian Vaksin Influenza untuk Anak

Vaksin influenza dapat diberikan dengan dosis tergantung usia anak. Secara umum pemberian vaksin influenza mulai dapat diberikan saat anak berusia 6 bulan keatas. Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan pemberian vaksin influenza sebagai berikut :

  • Pada anak berusia 6-35 bulan, vaksin influenza diberikan sebanyak 0,25 mL.
  • Pada anak berusia diatas 3 tahun, vaksin influenza diberikan sebanyak 0,5 mL.
  • Pada anak usia kurang dari 8 tahun, diberikan vaksin influenza pertama sebanyak 2 dosis
  • Pada anak berusia diatas 8 tahun, maka dosis pertama cukup diberikan 1 dosis saja
  • Pemberian vaksin influenza dapat dilakukan setahun sekali.

Efek Samping Vaksin Influenza pada Si Kecil

Efek samping pasca pemberian vaksin influenza rata-rata bersifat ringan, seperti nyeri di bekas suntikan, nyeri otot, maupun demam. Jika keluhan berlanjut hingga lebih dari 3 hari, segera konsultasikan dengan dokter terdekat.

Sahabat Sehat, selain dengan memberikan vaksin influenza sebaiknya jaga kebersihan rumah dan beri asupan bergizi seimbang untuk mencegah Si Kecil menderita influenza. Bagi Sahabat Sehat yang berminat pada vaksin influenza, segera manfaatkan layanan imunisasi ke rumah dari Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  1. Produk dijamin asli
  2. Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  3. Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  4. Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  5. Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  6. Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Demikianlah informasi mengenai manfaat vaksin influenza untuk anak serta efek sampingnya. Pastikan untuk segera memberikan vaksin ini. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  • Centers for Disease Control and Prevention. Vaccine for Flu Influenza [internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention; 2019 [updated 2019 Aug 2; cited 2021 May 25].
  • Centers for Disease Control and Prevention. Flu & Young Children [internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention; 2021 [updated 2021 May 6; cited 2021 May 25].
  • Ikatan Dokter Anak Indonesia. Melengkapi/ Mengejar Imunisasi (Bagian III) [internet]; 2015 [updated 2015 May 30; cited 2021 May 25].

Chat Asisten ProSehat aja