Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

PENTINGNYA VAKSINASI BCG BAGI ANAK

Penyakit Tuberkulosis pada anak merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang paru serta organ tubuh lainnya. Gejala penyakit ini pada anak tidak khas, sehingga pengobatan sering terlambat atau terabaikan. Anak sangat rentan terhadap penyakit ini terutama bagi mereka yang kontak erat dengan penderita TB dewasa karena imunitas anak yang belum optimal. Pemeriksaan penyakit ini tidak hanya melalui pemeriksaan rontgen dada, tetapi melalui tes mantoux dan sistem skoring TB anak.

Bagaimana agar anak Anda dapat terhindar dari penyakit ini? Salah satu pencegahan penyakit TB adalah dengan diberikannya vaksin BCG pada anak. Vaksin BCG penting untuk mencegah tuberkulosis berat. Vaksin ini mengandung bakteri penyebab TB yang dilemahkan, sehingga bila disuntikkan pada orang sehat, maka akan membentuk kekebalan pada tubuh. Menurut rekomendasi IDAI, vaksin BCG diberikan 1 kali pada saat bayi lahir hingga usia 2 bulan. Vaksin ini sangat efektif untuk mencegah komplikasi TB yang parah yaitu TB yang menyerang selaput otak (meningitis TB), dengan perlindungan 70% lebih kuat.

Vaksin BCG direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir, anak dengan tes tuberkulin negatif dan memiliki riwayat kontak dengan penderita TB dewasa.Vaksin ini tidak boleh diberikan kepada wanita hamil dan orang dengan penurunan sistem kekebalan tubuh (orang dengan HIV, penerima donor organ, dll).

Vaksin BCG disuntikkan secara intrakutan pada bahu lengan atas. Reaksi akibat vaksin yang sering terjadi adalah timbulnya bisul pada tempat suntikan. Selain itu, reaksi ringan lain yang dapat terjadi adalah pembesaran kelenjar getah bening pada bagian ketiak atau leher. Reaksi lain yang harus diwaspadai adalah timbulnya reaksi yang berat antara lain benjolan yang berubah menjadi bisul yang bernanah/keloid, reaksi syok anafilaksis dan peradangan yang terjadi pada kelenjar getah bening (limfadenitis). Oleh karena itu, orang tua harus mengawasi bayi dan anaknya setelah vaksin dan melihat apakah ada reaksi-reaksi tersebut.

Jadi, segera bawa anak Anda untuk menerima vaksin BCG, sehingga anak dapat terhindar dari penularannya. Nah, bila ingin mendapatkan vaksin dengan nyaman, ada cara praktis. Coba akses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh!

Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

Referensi:

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. TB Anak. 2018.[internet]. Retrieved from: tbindonesia.or.id
  2. Queensland Health. Lembar fakta vaksinasi BCG. [internet]. Retrieved from: health.qld.gov.au
  3. Center for Diseases Control and Prevention.BCG Vaccine. [internet]. Retrieved from: cdc.gov
  4. World Health Organization. Information sheet observed rate of vaccine reactions: BCG Vaccine.2012. Retrieved from: who.int
  5. YolAnda N. Skar BCG. 2016. Retrieved from: idai.or.id

WhatsApp Asisten Maya saja