Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Panduan Asupan Sehat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Memiliki masalah kesehatan memang membuat seseorang dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Hal ini juga berlaku bagi Sobat yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Sobat tidak boleh asal makan karena tentunya beberapa makanan bisa menjadi penyebab tingginya kadar gula darah.

Namun, beberapa makanan juga baik untuk gula darah bahkan mampu membantu untuk menurunkan kadarnya. Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah sesuai dengan gula darah yang Sobat miliki.

1. Mengonsumsi Sayuran

Apapun jenis sayuran yang Sobat pilih, sayuran sangat membantu menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Akan tetapi, Sobat perlu memerhatikan cara pengolahannya. Dalam menurunkan kadar gula darah, sebaiknya sayuran tersebut di makan langsung mentah yang terlebih dahulu telah dicuci bersih, atau dipanggang maupun dioven. Bahan tambahan yang diperbolehkan untuk memperkaya rasa yaitu bawang putih, rosemary, atau paprika merah. Kurangi penggunaan gula dan garam.

2. Kurangi Minuman Berkalori

Minuman yang memiliki kandungan kalori yang tinggi akan membuat kadar gula darahmu naik. Minuman jenis ini tentunya akan memperburuk kondisi kesehatanmu. Olehkarena itu, lebih baik Sobat meminum air putih yang memang terbukti mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan menurunkan kadar gula darah. Jika Sobat ingin meminum minuman yang memiliki rasa agar tidak bosan dengan air putih saja, Sobat bisa mencoba membuat infus water sendiri di rumah. Infus water bisa menjadi pilihan minuman yang memiliki rasa tetapi rendah kalori. Sobat bisa memilih lemon atau mentimun agar infus water segar dan sehat.

3. Melon dan beri-berian

Buah tersebut juga mampu menurunkan dan menjaga kadar gula darahmu. Meski memiliki rasa yang manis, kandungan kalori dan kadar gulanya masih tergolong normal dan baik abgi tubuhmu. Sobat bisa mencoba mengkreasikan buah tersebut dengan menambahkan yoghurt agar tidak membosankan.

4. Makanan Berserat Tinggi

Sobat juga perlu memakan bahan makanan yang berserat tinggi. Jenis makanan yang demikian juga mampu menurunkan kadar gula darah. Banyak sekali bahan makanan yang mengandung banyak serat. Akan tetapi, diutamakan untuk mengonsumsi biji-bijan yang paling banyak mengandung serat, misalnya seperti kacangkenari (almond), kacang polong, atau pistacio. Sobat bisa mengolahnya dengan mencampurkan bersama sayur sayuran kesukaan.

5. Protein

Menyeimbangkan komposisi nutrisimu dengan mengonsumsi protein juga sangat penting sebagai upaya menurunkan kadar gula darah. Namun, pastikan bahwa protein yang Sobat pilih tersebut tidak mengandung lemak jahat agar penyakit diabetesmu tidak semakin parah. Sobat bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi keju dalam porsi sedikit, telur, daging merah, yogurt, dan protein baik lainnya. Lalu, tambahkan beberapa makanan yang mengandung lemak non jahat pula jika disukai, seperti alpukat, minyak ikan, olive oil, dan lainnya.

Jika Sobat memiliki kadar gula darah yang tinggi karena diabetes, maka Sobat tak perlu khawatir sebab kadar gula darah dapat diturunkan. Hal utama yang perlu diingat yaitu perlunya kedisiplinan dalam mengatur pola dan porsi makanan. Jangan sembarang mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang nantinya justru membuat kadar gula darahmu semakin memburuk.

Selain itu, sempatkan untuk memiliki waktu berolahraga agar gula dalam darah terbakar dan menyebabkan tubuhmu berkeringat. Berkeringat setiap hari juga akan membuatmu semakin sehat dan secara tidak langsung menurunkan kadar gula darah. Memiliki jadwal tidur yang teratur juga diperlukan agar tubuhmu memiliki metabolisme yang terjaga baik. Jangan lupa untuk mengonsultasikan kondisi Sobat kepada dokter untuk penanganan diabetes lebih lanjut.

instal aplikasi prosehat

Referensi: webmd.com/diabetes/features/diabetic-diet-6-foods-control-blood-sugar#1

WhatsApp Asisten Maya saja