Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

PRODIA Pemeriksaan Pap Smear Thin Preparat (Sitologi Servix berbasis Cairan/ SSBC)


PRODIA Pemeriksaan Pap Smear Thin Preparat (Sitologi Servix berbasis Cairan/ SSBC) Sitologi serviks berbasis cairan (SSBC) merupakan metode baru untuk meningkatkan keakuratan deteksi kelainan sel-sel leher rahim (serviks). Pada metode ini, sampel swab vagina dimasukkan ke dalam cairan khusus untuk memisahkan sel atau faktor penganggu lainnya sebelum dilihat di bawah mikroskop. Selain itu, preparat (objek [...]

Rp 469.000 Rp 422.100

Qty:
Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu.

PRODIA Pemeriksaan Pap Smear Thin Preparat (Sitologi Servix berbasis Cairan/ SSBC)

Sitologi serviks berbasis cairan (SSBC) merupakan metode baru untuk meningkatkan keakuratan deteksi kelainan sel-sel leher rahim (serviks). Pada metode ini, sampel swab vagina dimasukkan ke dalam cairan khusus untuk memisahkan sel atau faktor penganggu lainnya sebelum dilihat di bawah mikroskop. Selain itu, preparat (objek yang diperiksa) yang diperoleh akan lebih jelas dan hasil pengamatan di bawah mikroskop lebih akurat, sehingga kelainan kecil pada sel leher rahim (serviks) akan lebih mudah terdeteksi.

Thin prep merupakan metode berbasis cairan yang lebih akurat dibanding Pap smear. Di negara-negara maju, pemeriksaan Pap smear telah mulai ditinggalkan dan lebih banyak orang beralih ke pemeriksaan Thin prep.
Bagaimana pemeriksaan Thin prep dilakukan? Berikut ini beberapa tahapan yang harus dilalui saat melakukan pemeriksaan Thin prep:

  • Dokter atau tenaga ahli akan mengambil sampel dari serviks atau leher rahim. Pemeriksaan Thin prep akan memeriksa seluruh bagian serviks atau leher rahim.
  • Sampel tersebut dimasukkan ke dalam vial atau botol Thin prep yang berisi cairan.
  • Sel-sel sampel segera diawetkan untuk dikirim ke laboratorium.
  • Sampel tersebut dibuat menjadi slide dan diwarnai dengan pewarna khusus sehingga sel-sel tersebut menjadi lebih jelas.
  • Membran khusus digunakan untuk membuat preparat dengan irisan tipis.
  • Lapisan tipis terdiri dari sel-sel akan memperlihatkan elemen mencurigakan jika ada infeksi atau jaringan yang abnormal.

Manfaat Pemeriksaan :

Skrining kanker leher rahim (serviks).

Persiapan Pasien :

– Tidak dalam keadaan menstruasi. Paling baik adalah 2 minggu setelah hari pertama haid terakhir atau 5 hari setelah menstruasi berhenti.
– Tidak melakukan hubungan seksual selama 24 jam sebelum pemeriksaan.
– Pembilasan vagina dengan berbagai cairan kimia tidak boleh dilakukan dalam waktu 24 jam sebelum pemeriksaan.
– Tidak menggunakan obat-obatan yang dimasukkan ke dalam vagina selama 48 jam sebelum pemeriksaan.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan Thin prep?

Dalam waktu 3 tahun pertama setelah melakukan hubungan seksual atau telah mencapai umur 21 tahun, maka pemeriksaan Thin prep sebaiknya dilakukan. Kemudian secara rutin setiap tahun pemeriksaan ini sebaiknya juga dilakukan. Jika ada gejala infeksi HPV, maka pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan lebih sering.

Ketentuan Umum Pemeriksaan Lab PRODIA

  • Untuk mendapatkan layanan pemeriksaan dari paket yang sudah anda pesan, Anda WAJIB menyertakan Print Invoice pembayaran dan Fotocopy KTP kepada petugas Prodia di Klinik Prodia yang anda kunjungi.
  • Waktu Operasional Laboratorium Prodia adalah Senin s/d Jumat Pukul. 07.00 – 19.00 WIB , dan Sabtu Pukul. 07.00 – 13.00 WIB.
WhatsApp Asisten Maya saja