Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Usia Tepat untuk Menjalani Pemeriksaan Mamografi

Kanker payudara merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita di negara berkembang, bahkan di seluruh dunia. Sangat penting bagi wanita untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini sebab tingkat kesembuhan kanker payudara semakin tinggi jika ditangani lebih dini.

Usia Tepat untuk Menjalani Pemeriksaan Mamografi

Usia Tepat untuk Menjalani Pemeriksaan Mamografi

Salah satu upaya mendeteksi kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan mamografi. Sahabat Sehat, kapan waktu yang tepat untuk menjalani pemeriksaan mamografi ? Mari simak penjelasan berikut.

Mengapa Perlu Melakukan Mammografi?

Pemeriksaan mamografi merupakan jenis pemeriksaan yang menggunakan sinar-x tingkat rendah untuk melihat bagian dalam payudara. Pemeriksaan mamografi disebut berperan dalam mendeteksi dini dan mendiagnosa kelainan pada payudara, seperti kanker payudara, kista payudara, tumor jinak payudara, maupun penumpukan kalsium (kalsifikasi) pada jaringan payudara. 

Jenis Pemeriksaan Mammografi

Sahabat Sehat, terdapat 2 jenis pemeriksaan mamografi berdasarkan tujuan pemeriksaannya yakni:

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

  • Mammografi Screening 

Pemeriksaan mamografi dilakukan untuk mendeteksi kelainan pada payudara, meskipun jika Sahabat Sehat tidak memiliki keluhan apapun. Dengan melakukan pemeriksaan mammografi, Sahabat Sehat dapat mendeteksi benjolan atau area abnormal pada jaringan payudara. Selain itu skrining payudara dengan pemeriksaan mamografi juga dapat memantau perubahan pada payudara dari waktu ke waktu dan dapat mendeteksi kanker payudara pada tahap awal.

  • Mamografi Diagnostik

Pemeriksaan mamografi dilakukan untuk mendiagnosis adanya masalah pada payudara, seperti benjolan payudara. Selain itu pemeriksaan mamografi diagnostik juga dapat membantu menemukan area abnormal selama pemeriksaan biopsi. 

Baca Juga: 6 Cara Akurat Deteksi Kanker Payudara pada Wanita

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Mamografi ?

Sebuah penelitian merekomendasikan wanita untuk melakukan mamografi skrining tahunan secara rutin saat mulai memasuki usia 45 tahun. Namun, deteksi dini juga diperlukan dalam mengurangi penyakit dan angka kematian akibat kanker payudara.  Berikut ini beberapa kondisi yang direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan skrining kanker payudara pada wanita yang berisiko menderita, diantaranya:

  • Wanita harus melakukan skrining mamografi rutin mulai usia 45 tahun.
  • Wanita berusia 45-54 tahun harus menjalani skrining mamografi setiap tahun.
  • Wanita berusia 55 tahun keatas dapat beralih menjalani skrining dua tahun sekali atau tetap pada pilihan untuk melanjutkan skrining setiap tahun.
  • Wanita dengan risiko kanker payudara harus melakukan mamografi skrining tahunan rutin yang dapat dimulai pada usia 45 tahun. 

Wanita memiliki risiko yang lebih tinggi menderita kanker payudara jika memiliki ibu atau saudara perempuan yang mengidap kanker payudara. 

Baca Juga: Jenis Kanker yang Sering Menyerang Wanita

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai usia yang tepat untuk menjalani pemeriksaan mammografi. Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. Canadian Cancer Society. Mammography.
  2. Herndon J. What is a Mammogram?.
  3. Medline Plus. Mammogram: MedlinePlus Medical Encyclopedia.
  4. Pruthi S. Breast implants: Do they interfere with mammograms?.
  5. Mayo Clinic. Mammogram – Mayo Clinic.
  6. Freedman R. Mammograms and Older Women: Is It Ever Safe to Stop?.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com