Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Hal Ini Membuang 40 Kg Berat Badan dalam 8 Bulan

Turun 40 kg dalam 8 bulan? Terdengar tidak masuk akal, memang. Tapi percayalah, sudah ada banyak wanita di dunia yang membuktikannya. Salah satu inspiring women yang sudah membuktikannya adalah Arielle Calderon. Bagaimana bisa ia menurunkan berat badannya hingga 40 kilogram? Apakah ia pergi ke gym 7 kali dalam seminggu? Atau apakah ia membuat dirinya kelaparan hingga turun 40 kg? Ternyata ia hanya menjalankan 8 hal ini dengan komitmen dan disiplin yang tinggi.

turun 40 kg dengan menu ini

1. Setia Pada Komitmen Diet

Agar terhindar dari diet yoyo yang sebentar naik, sebentar turun, harus ada hal yang mengontrol dan memberikan harapan manis akan komitmen yang dilakukan. Seperti contoh dengan install aplikasi smartphone MyFitnessPal atau Weight Watchers untuk benar-benar memiliki ahli gizi virtual yang akan memberikan semua informasi terkait jumlah kalori makanan, jumlah langkah yang harus Anda lakukan setiap harinya, dan masih banyak lagi. Program ini kebanyakan fokus pada informasi jumlah kalori dari sebuah Apel yang segar dan perbedaannya dengan satu loyang pizza. 0 kalori versus 600 kalori? Tentunya Anda akan lebih memilih yang 0 bukan? Tapi daripada berhenti makan pizza, lebih baik mulai dari mengurangi porsi dan frekuensinya.

2. Mengurangi Asupan Kalori = Harapan Semu

Yang benar adalah tetap makan setiap hari sesuai jumlah yang disarankan oleh dokter ahli gizi (sekitar 1.000-2.000 kalori sehari) dan memilih makanan yang lebih sehat setiap kali makan. Sebelum berhasil turun 40 kg, Arielle pernah mengalami diet yoyo, turun 18 kg dengan mengurangi jumlah asupan harian hingga hanya 400 kalori per hari, ditambah dengan obat diet yang ia minum setiap hari.  Karena fokusnya saat itu berbeda, hanya menurunkan berat badan, bukan menjadi lebih sehat,  tidak aneh jika berat badannya naik kembali begitu dia berhenti konsumsi obat. 

 3. Awasi Apa yang Dimakan, Olahraga Setiap Hari dan Banyak Minum Air Putih

3 hal yang terdengar sepele, namun sulit untuk dijalankan. Jadikan 3 hal di atas menjadi kebiasaan rutin dengan bantuan beberapa aplikasi keren yang tersedia untuk Anda, inspiring women dengan segudang aktifitas. 3 aplikasi yang patutu dicoba untuk 3 hal tersebut adalah:

  • Weight Watchers untuk mengawasi jumlah kalori yang dimakan,
  • Noom Pedometer untuk mengikuti jejak aktifitas lari atau berjalan Anda,
  • Plant Nanny yang akan mengingatkan Anda untuk minum air putih untuk menjaga bunganya tetap hidup.

Walaupun rumit namun ketiga hal ini sangat mungkin dikerjakan. Tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

4. Jangan Skip Sarapan!

Arielle sempat melewatkan sarapan dalam program dietnya. Sekalinya sarapan, ia memilih Diet Coke dengan beberapa buah pisang. Mungkin masih banyak yang berpikir bahwa makan sedikit akan menurunkan berat badan lebih cepat, namun sebenarnya makan sedikit dengan frekuensi berkala dapat mencegah kelaparan Anda. Menu sarapan seperti omelette dengan buah-buahan segar dapat menjadi pilihan yang tepat dan dapat mencegah Anda makan makanan yang kurang sehat akibat terlalu kosongnya perut Anda.

5. Jangan Tiba-tiba Daftar Gym untuk Membership Setahun

Banyak pakar diet yang mengatakan bahwa diet itu 80% adalah apa yang Anda makan, sisanya akan lari ke olahraga. Jika melakukan kedua hal yang sama terlalu berat bagi Anda, Arielle mengatakan bahwa ia memulai dengan menjadi wanita yang lebih aktif. Contohnya adalah menyimpan uang membership gym Anda untuk stok makanan yang lebih sehat dan beralih ke olahraga yang ringan dan mudah dilakukan, yaitu berjalan kaki. Jika Anda masih kelebihan berat badan, sebaiknya hindari treadmill, karena kegiatan berlari di atas treadmill hanya akan membunuh lutut Anda secara perlahan namun pasti. Lakukan olahraga yang ringan namun memberi hasil yang signifikan. Make it habitual.

6. Belajar Memasak

Memiliki kemampuan memasak dengan pengetahuan tentang menu masakan yang sehat akan menjadi nilai plus dari program diet Anda. Hindari proses memasak yang terlalu lama dan beralihlah ke tumis dengan sedikit minyak atau tanpa minyak sama sekali untuk mendapatkan nutrisi utuh serta warna sayuran yang tetap hijau dan segar. Anda tidak perlu pusing mendapatkan macam-macam bumbu karena semua sudah tersedia di supermarket. Mulai dari bubuk bawang putih, lada hitam, dan bumbu rempah lainnya dalam bentuk botol mudah ditemukan.

7. Kurangi Asupan Gula, Tambah Jumlah Protein

Bukan berarti Anda harus berhenti makan makanan yang manis. Arielle menambahkan bahwa selama dietnya ia belajar bahwa pemanis tambahan adalah hal yang benar-benar harus dihindari. Menurut American Heart Association, seorang wanita hanya boleh konsumsi gula tambahan maksimal 30 gram (6 sendok teh) per hari. Menurutnya, wanita di Amerika rata-rata konsumsi sekitar 100 gram (20 sendok teh) gula tambahan per hari. FYI, pada 1 kaleng minuman berkarbonasi saja sudah ada 39 gram gula. Dan bayangkan jika Anda konsumsi 3 atau 4 kaleng per harinya. Sedangkan protein akan membuat Anda kenyang lebih lama, jadi lebih baik cari makanan dengan kandungan protein yang tinggi dan kadar gula yang rendah. Selain daging, protein juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, yoghurt, keju, atau telur.

8. Hit the Gym When You’re Comfortable Enough

Dengan menjalani 8 tips di atas secara disiplin, dalam 4 bulan pertama Anda akan merasakan perubahan yang signifikan. Dan ketika hari itu tiba, daftar kelas Yoga atau Muay Thai pada gym terdekat. Ada banyak kelas menarik yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda.

Setelah membuat 8 hal di atas sebagai gaya hidup dan kebutuhan yang wajib untuk dijalani, turun 40 kg bukanlah hal yang mustahil. Namun bukan hal itu yang terpenting. Menjadi wanita yang peduli akan kesehatannya dan memiliki gaya hidup yang lebih sehat adalah inti dari semuanya. Tidak perlu lagi menimbang 3 kali per hari untuk tahu apakah berat badan Anda sudah turun atau belum. Percaya bahwa kerja keras dan disiplin yang tinggi yang akan membuat Anda dapat mencapai bentuk tubuh yang ideal. Yang terpenting dari segalanya adalah untuk belajar mencintai diri Anda sendiri.

Sumber: 

  • BuzzFeed.com: Things That Actually Helped Me Lose 85 Pounds

WhatsApp Asisten Maya saja