Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Waspada, Mitos Kesehatan Wanita yang Berbahaya!

Berbagai informasi yang diterima mengenai kesehatan biasanya akan cukup mempengaruhi pola kehidupan sehari-hari.

Namun, jika mudah percaya hanya dengan membaca satu media saja bisa sangat berbahaya sehingga kita perlu mendapatkan beberapa informasi yang valid dan sebenar-benarnya. Apalagi untuk urusan kesehatan wanita, kita harus pintar-pintar menyaring informasi ya.

Pastikan membaca beberapa artikel informasi dari referensi yang terpercaya, dan kalau bisa sebaiknya bertanya langsung pada dokter.

mitos kesehatan wanita

Baca Juga: Hubungan antara Siklus Kehidupan dan Kesehatan Wanita

Banyak sekali mitos yang beredar terkait kesehatan pada wanita. Jadi, yang pertama harus kita lakukan adalah jangan langsung percaya dengan informasi tentang kesehatan wanita sebelum tahu informasi yang sebenar-benarnya. Yuk, sekarang kita bahas beberapa mitos yang harus diketahui.

1. Gairah seksual wanita akan menghilang seiring dengan bertambahnya usia

Terkait menopause atau berhentinya menstruasi pada wanita akibatnya menurun hormon estrogen mungkin membuat gairah seks pada wanita juga menurun.

Tetapi sebenarnya tidak ada kaitannya dengan menghilangnya gairah seks pada wanita. Karena menurut sebagian besar responden perempuan yang berusia lebih dari 50 tahun justru tetap bisa melakukan hubungan seks beberapa kali dalam sebulan.

2. Air kencing wanita lebih sedikit daripada pria

Pada umumnya, wanita sering sekali ke toilet untuk buang air kecil dalam jeda waktu yang dekat. Akan tetapi, pria jarang sekali ke toilet untuk buang air kecil, namun bukan berarti air kencing wanita lebih sedikt dari pria. Hanya saja yang membedakan adalah jeda waktunya dan pastinya tergantung dengan apa yang mereka minum.

3. Berbahaya jika sering berolahraga

Setiap tubuh memiliki kondisi kesehatan fisik yang berbeda, artinya setiap orang juga memiliki pola hidup yang berbeda-beda. Mengenai apakah seseorang membutuhkan olahraga yang intens atau secukupnya saja, tergantung pada kondisi kebutuhan fisik masing-masing orang.

Jadi, wanita boleh-boleh saja jika ingin melakukan olahraga yang intens seperti atlet. Namun, pada wanita yang sedang menstruasi memang disarankan untuk tidak terlalu banyak beraktivitas berat, karena bisa menyebabkan kram perut sehingga menstruasi semakin berat atau bahkan mengganggu siklus menstruasi.

Baca Juga: Intip 7 Cara Menjadi Wanita Sukses

4. Tidak akan hamil saat menstruasi

Banyak sekali pasangan yang gagal mencegah kehamilan dengan sistem kontrasepsi kalendar. Mengapa? Karena sperma sebenarnya akan bertahan di dalam organ reproduksi wanita selama satu minggu.

Nah, sperma yang sabar menanti akan sangat besar kemungkinannya untuk membuahi sel telur yang sudah matang sehingga tetap bisa terjadi kehamilan meskipun sedang menstruasi.

5. Dokter bisa mengetahui wanita yang tidak perawan

Dokter tidak bisa mengetahui secara kasat mata, mana wanita yang sudah tidak perawan atau masih perawan. Namun, dengan perubahan fisik wanita yang sudah pernah melahirkan atau mempunyai anak, dokter bisa lebih mudah untuk membedakannya dengan wanita yang belum pernah melahirkan.

6. Wanita yang mempunyai kerabat dekat atau tinggal bersama punya jadwal menstruasi yang sama

Banyak sekali yang percaya dengan mitos yang mengatakan bahwa jika wanita sering tinggal bersama dengan teman wanita lainnya akan memiliki jadwal menstruasi yang hamper serupa.

Nah, awalnya berdasarkan penelitian dari ahli psikologi menunjukkan bahwa hal ini adalah benar. Namun, setelah dipelajari lebih detail lagi, ternyata ada keselahan dalam statisnya, sehingga bisa dikatakan mitos ini tidak benar.

7. Ejakulasi di luar tidak akan menyebabkan hamil

Siapa bilang ejakulasi di luar tidak bisa menyebabkan hamil? Kesalahan paling besar adalah ketika percaya dengan mitos satu ini. Saat berhubungan seksual, pria mengeluarkan sejumlah cairan yang disebut dengan pre-ejakulat yang berfungsi sebagai pelumas.

Nah, cairan ini meskipun jumlahnya sedikit namun didalamnya tetap mengandung sperma. Jadi, saat penis penetrasi di dalam vagina dan cairan tersebut keluar bisa tetap menyebabkan kehamilan, walaupun penis ditarik keluar sebelum ejakulasi.

8. Wanita yang baru pertama kalinya berhubungan seks tidak akan hamil

Saat wanita sudah mendapat menstruasi, kapanpun hubungan seks dilakukan, sel telur dalam organ reproduksinya akan selalu siap untuk dibuahi. Jadi, jangan sekali-kali percaya dengan mitos seperti ini. Karena bahkan pada wanita yang usianya masih sangat muda justru lebih subur dan cepat untuk memperoleh kehamilan dibandingkan dengan wanita yang sudah berumur.

Apalagi jika melakukan hubungan seks di masa masa setelah selesai menstruasi, kemungkinan untuk memperoleh kehamilannya akan lebih besar. Jadi, tetap harus waspada dan jangan sesekali melakukan hubungan seks diluar status menikah ya.

9. Mengonsumsi pil KB tidak akan terkena penyakit menular seksual

Manfaat dari penggunaan pil KB adalah untuk menunda kehamilan, dan akan efektif selama dikonsumsi secara teratur. Jenis kontrasepsi ini tidak dapat mencegah penyakit menular seksual. Jadi, jika melakukan hubungan seksual berisiko dan ingin terhindar dari penyakit menular seksual, sebaiknya tetap gunakan kondom ya.

Baca Juga: Manfaat Seks Rutin bagi Kesehatan

Setelah membaca fakta yang telah dipaparkan terhadap mitos yang beredar di masyarakat dapat disimpulkan bahwa penting untuk selalu menyaring informasi yang diterima, apalagi jika terkait dengan kesehatan wanita.

Usahakan untuk tidak hanya membaca dari satu sumber informasi saja, dan coba konfirmasi informasi tersebut secara langsung ke dokter agar lebih terjamin validitasnya.

Apabila Sahabat membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kesehatan wanita dan produk-produk kesehatan yang terkait seperti vaksinasi HPV Sahabat bisa melakukannya di Prosehat yang mempunyai layanan vaksinasi ke rumah.

Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Info lebih lanjut silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi :

  1. Sulaeman S. Hai Wanita, Saatnya Kamu Berhenti Percaya pada Mitos Kesehatan Ini [Internet]. detikHealth. 2021 [cited 4 February 2021]. Available from: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3878362/hai-wanita-saatnya-kamu-berhenti-percaya-pada-mitos-kesehatan-ini
  2. Utama H, Sehat H, Diketahui 8. 8 Mitos Kesehatan Wanita yang Perlu Diketahui [Internet]. @CekAja. 2021 [cited 4 February 2021]. Available from: https://www.cekaja.com/info/terungkapnya-8-mitos-tentang-kesehatan-wanita
  3. Media K. 5 Mitos Kesehatan Wanita [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 4 February 2021]. Available from: https://lifestyle.kompas.com/read/2009/12/19/10455433/5.Mitos.Kesehatan.Wanita
  4. Media K. Mitos dan Fakta Reproduksi, Hati-hati Keliru [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 4 February 2021]. Available from: https://lifestyle.kompas.com/read/2009/10/06/12283222/mitos.dan.fakta.reproduksi.hati-hati.keliru

Chat Asisten ProSehat aja