Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mitos / Fakta: Pakai Bra Saat Tidur Sebabkan Kanker Payudara?

Wanita terkadang melakukan beberapa hal agar terhindar dari penyakit kanker payudara. Salah satu cara yang digunakan masyarakat pada umumnya yakni melepas bra ketika hendak tidur. Aksi melepas bra ini sudah banyak beradar di masyarakat. Masyarakat mengaitkan kanker payudara dengan penggunaan bra saat tidur. Alasan lain memilih tidak memakai bra yaitu mungkin agar lebih nyaman sekaligus menghindari dampak-dampak buruk yang terjadi karenanya. Namun, benarkah kabar yang beredar di masyarakat itu benar adanya? Simak ulasannya berikut ini!

 

Penggunaan bra merupakan hal wajib bagi semua wanita. Selain menjadi penyangga payudara agar lebih kuat, terkadang bra juga dijadikan sebagai fashion bagi beberapa kalangan. Menurut kabar yang beredar, bra dapat menghambat sirkulasi pada getah bening dan mengganggu pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh. Dan kemudian hal tersebut dianggap dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

 

Sayangnya, kabar tersebut tidaklah seutuhnya benar. Sebab, sampai sejauh ini para ahli belum dapat menemukan bukti ilmiah yang menyatakan bahwa pemakaian bra saat tidur dapat menyebabkan kanker payudara. Sampai sejauh ini pula para ahli menyatakan bahwa memakai bra berkawat juga tidak meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

 

Namun, ada baiknya untuk memilih bra yang nyaman dipakai. Apabila bra yang digunakan terlalu ketat akan membahayakan dan justru meningkatkan resiko kanker (meskipun menggunakan bra yang tidak berkawat). Jadi pilihlah bra yang nyaman dan pas dipakai pada diri Anda. Agar terhindar dari dampak yang terjadi dari penggunaan bra yang terlalu ketat.

 

Jadi, kabar baiknya adalah Anda dapat memakai bra selama seharian penuh tanpa harus takut akan dampak buruk yang mengintai. Yang terpenting bra yang digunakan merupakan bra yang nyaman dan sesuai untuk Anda. Para dokter juga menyarankan untuk memakai bra saat tidur, terutama apabila payudara terasa sangat nyeri.

 

 

Penggunaan bra saat tidur haruslah nyaman agar sirkulasi udara di sekitar payudara berjalan lancar. Sangat disarankan untuk memakai bra yang terbuat dari serat alami atau berbahan katun. Pilihlah jenis bahan yang lembut agar payudara leluasa bergerak. Hindari bra yang terlalu ketat maupun terlalu longgar. Gantilah bra saat tidur. Jangan memakai bra yang Anda kenakan beraktivitas dari pagi, apalagi bila bra telah dipenuhi dengan keringat.

 

Demikian artikel mengenai “Pakai Bra Saat Tidur Sebabkan Kanker Payudara?“. Janganlah menyalahkan teman yang memakai bra saat tidur tapi terkena kanker payudara, mungkin saja ia memang termasuk kalangan yang beresiko tinggi terkena kanker payudara. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya.

Diulas oleh: dr. Anindi Putri Harjanti

 

Chat Asisten ProSehat aja