Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Menurut Para Ahli, Ini Manfaat Whey Protein untuk Wanita

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Manfaat Whey Protein untuk Wanita yang Ingin Memulai Hidup Sehat

Banyak sekali manfaat whey protein untuk wanita yang ingin hidup sehat. Khususnya bagi para wanita yang sedang dalam program diet. Bukan hanya untuk diet, whey protein juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Bagi sebagian besar Sahabat Sehat yang rutin berolahraga pasti sudah tidak asing lagi dengan susu whey protein. Dikalangan para olahragawan, susu whey protein turut berperan dalam meningkatkan massa otot karena mengandung protein yang cukup tinggi.

Sahabat Sehat, apa saja manfaat susu whey protein, khususnya bagi para wanita? Apa yang membedakan dengan susu biasa dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Mari simak penjelasan berikut.

Kandungan Susu Whey Protein

Susu secara umum mengandung 80% kasein dan 20% whey. Dalam memproduksi keju, whey akan memisahkan diri sebagai produk sisa pembuatan keju. Contoh lainnya, Sahabat Sehat dapat menemukan whey ketika membuka kemasan yoghurt. Bagian yoghurt yang kerap menggumpal diatas dan menempel pada tutup yoghurt, itulah yang disebut protein whey.2

Protein whey dijual biasanya dalam bentuk bubuk seperti susu, dapat dilarutkan dengan air atau dicampur dengan minuman lain seperti jus atau milkshake.

Manfaat Whey Protein untuk Wanita

Selama ini whey protein mungkin dikenal sebagai minumannya para pria di tempat gym untuk membentuk massa otot. Namun meminum susu whey proein juga bermanfaat untuk para wanita.

Selain untuk massa otot, berdasarkan beberapa penelitian berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi susu protein whey bagi para wanit:

Menjadi Sumber Protein yang Berkualitas

Whey protein mengandung asam amino yang baik bagi tubuh. Whey sangat mudah dicerna dan diserap tubuh dengan lebih cepat dibandingkan tipe protein lainnya. Ada 3 jenis protein whey yaitu whey protein concentrate (WPC), whey protein isolate (WPI) dan whey protein hydrolysate (WPH).

Pembentuk Massa & Kekuatan Otot

Bukan hanya laki-laki yang membutuhkan massa dan kekuatan otot. Protein atau asam amino merupakan bahan dasar penyusun sel dan jaringan tubuh, misalnya jaringan otot, pengikat otot (tendon), kulit dan organ tubuh lainnya. Protein whey mengandung rantai asam amino leucine yang membantu pembentukan otot pada wanita sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Menurunkan Tekanan Darah Wanita

Tekanan darah tinggi (hipertensi) meningkatkan resiko penyakit jantung. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi susu whey protein dapat membantu menurunkan tekanan darah. Susu whey protein mengandung penghambat reseptor ACE (disebut lactokinins) yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini telah dibuktikan dengan orang yang memiliki berat badan berlebih dan rutin mengkonsumsi susu whey protein sebanyak 54 gram selama 12 minggu, dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 4%.

Membantu Terapi Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh resistensi insulin sehingga gula yang ada didalam darah tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh. Manfaat whey protein untuk wanita dengan diabetes melitus tipe 2 adalah bahwa susu whey protein berperan dalam membantu mengangkut gula dalam darah untuk masuk ke dalam sel tubuh. Dengan demikian, whey protein membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang menumpuk sehingga bisa lebih cepat sembuh dari diabetes melitus.

Mengatasi Peradangan Saluran Cerna

Banyak wanita yang mengeluhkan peradangan saluran cerna. Misalnya peradangan saluran cerna, seperti Crohn’s disease dan Colitis ulcerativa. Beberapa penelitian mengatakan bahwa gangguan ini dapat diperbaiki dengan rutin mengkonsumsi whey protein.

Meningkatkan Antioksidan Tubuh

Antioksidan berperan untuk mengikat radikal bebas didalam tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia dan paparan oksidan bebas di lingkungan, seperti polusi udara maka antioksidan didalam tubuh pun akan berkurang. Dengan mengkonsumsi whey protein secara rutin, dapat meningkatkan antioksidan alami didalam tubuh.

Menurunkan Kadar Lemak Dalam Tubuh

Lemak darah didalam tubuh terutama LDL (low-density lipoprotein) merupakan salah satu faktor yang meningkatkan resiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi 54 gram whey protein selama 12 minggu, terbukti dapat menurunkan kadar LDL dalam darah.

Menunda Rasa Lapar dan Diet untuk Para Wanita

Dengan mengkonsumsi whey protein, Sahabat Sehat dapat menunda rasa lapar sehingga dapat membatasi asupan kalori yang masuk. Whey protein berperan dalam meningkatkan metabolisme, meningkatkan massa otot sehingga dapat membantu mengurangi massa lemak. 3-5 Tentunya hal ini dapat membantu Sahabat Sehat dalam menurunkan berat badan.

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai manfaat whey protein untuk wanita yang ingin hidup sehat dan memperbaiki bentuk ideal tubuh. Jika Sahabat Sehat membutuhkan susu whey protein dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan pesan-antar dari Prosehat. 

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Nordqvist J. Whey protein: Health benefits, side effects, and dangers [Internet]. USA : Medical News Today. 2017 [updated 27 Nov 2017; cited 31 Aug 2021]
  2. Arnarson A. 10 Evidence-Based Health Benefits of Whey Protein [Internet]. USA : Healthline. 2017 [updated 12 June 2017; cited 31 Aug 2021]
  3. Web MD. Health Benefits of Whey Protein [Internet]. USA : WebMD; [cited 31 Aug 2021].
  4. Puri R. Whey Protein: Types, Benefits and Side Effects [Internet]. USA : HealthifyMe Blog. 2021 [updated 27 May 2021; cited 31 Aug 2021]
  5. Gunnars K. Whey Protein 101: The Ultimate Beginner’s Guide [Internet]. USA : Healthline. 2018 [updated 29 June 2018; cited 31 August 2021]

Chat Asisten ProSehat aja