Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Seperti Apa Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Wanita?

Kesehatan wanita dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gizi yang seimbang. Gizi yang seimbang dapat diperoleh dari beraneka ragam makanan. Semakin bervariasi makanan yang dimakan setiap hari, maka semakin baik asupan gizi yang masuk dalam tubuh. Kesadaran untuk pola makan sehat itu, sampai kini belum dimiliki oleh kebanyakan wanita. Bahkan ada yang cenderung untuk makan di luar rumah, yaitu tempat-tempat bergengsi dengan pilihan menu yang tidak memenuhi asas gizi seimbang, seperti makanan fast food atau junk food.

makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita

Baca Juga: Wanita Harus Mengonsumsi 10 Makanan Ini!

Padahal, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, wanita juga mengalami perubahan bahkan dan perlambatan metabolisme. Hal tersebut dapat membuat hilangnya massa otot serta perubahan fisik terkait menopouse. Sehingga, untuk menunjang dan memperlambat hal tersebut, wanita perlu makanan untuk meningkatkan kesehatannya.

Wanita sering mengalami masalah kesehatan, baik berupa gangguan kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, makanan yang masuk ke dalam tubuh  menjadi alat yang sangat menentukan untuk menangkis segala macam penyakit berbahaya yang masuk, seperti diabetes, kanker payudara, jantung, gangguan kulit hingga osteoporosis. Oleh sebab itu untuk menunjang kesehatannya, wanita sangat membutuhkan beberapa makanan khusus untuk menunjang dan meningkatkan kesehatan mereka.

Berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan wanita:

Bayam

Bayam  memiliki banyak sekali manfaat, loh Sahabat Sehat. Apabila kalian lebih banyak mengonsumsi makanan seperti bayam dapat membantu mencegah alergi, diabetes, dan penambahan berat badan yang berlebih. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin K, kalsium, dan magnesium. Ketiga kandungannya dapat meningkatkan kekuatan tulang dan tinggi akan folat serta lutein yang baik untuk kesehatan mata.

Produk Terkait: Jual Vegeblend Adult

Ikan Berminyak

Ikan berminyak di dalamnya terdapat lemak sehat yang mampu membantu produksi hormon yang dibutuhkan dalam tubuh wanita. Selain itu, ikan juga mampu menjaga kesehatan otak, jantung, dan sendi. Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan berminyak berfungsi membantu mengurangi gejala menopouse, seperti hot flushes dan keringat di malam hari. Biasanya makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita yang memiliki kandungan lemak sehat ada di ikan salmon.

Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan wanita. Buah berwarna merah atau oranye ini ternyata mengandung beta karoten dan likopen. Likopen diketahui dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker serviks dan payudara. Dan juga merupakan antioksidan, yang dapat menjaga kolesterol dan tekanan darah pada tingkat kesehatan yang sehat untuk membantu menangkal penyakit jantung.

Wortel

Si oranye kecil ini adalah salah satu makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita. Wortel banyak mengandung vitamin A yang sangat tinggi karena tingginya kandungan vitamin A, maka wortel dapat membantu menjaga kesehatan kulit tetap halus dan membuat penglihatan jadi tajam. Selain itu, sayuran yang mengandung serat ini memiliki bahan aktif yang dapat membantu melawan flek hitam, kerutan, dan jerawat di wajah kalian.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan yang Sehat untuk Perawatan Kulit Wajah

Telur

Siapa yang tidak tahu tentang telur yang kaya akan vitamin D dan juga zat besi. Telur dapat meningkatkan kesehatan wanita, karena memiliki sumber protein yang baik dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta obesitas. Kandungan lemak yang dimiliki telur sedang, protein yang sangat tinggi, serta karbohidrat dan gula yang sangat sedikit, sangat baik bagi wanita. Kalian bisa menjadikan telur sebagai makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita, khususnya bagi kalian yang berusia sudah di atas 40 tahun.

Daun mint

Daun kecil berwarna hijau ini ternyata memiliki banya manfaat untuk meningkatkan kesehatan wanita. Si kecil hijau banyak mengandung vitamin K, zat besi, dan asam folat. Nutrisi yang terkandung di daun mint sangat berguna untuk menghindarkan tubuh dari anemia saat masa menstruasi yang berat, serta dapat untuk mencegah insomnia.

Yogurt

Yogurt, selain memiliki rasa yang enak ternyata juga memiliki sumber kalsium yang sangat baik dan kaya akan protein yang bisa meningkatkan kesehatan wanita. Yogurt juga bisa dijadikan sebagai sumber energi. Selain itu yogurt juga memiliki kultur aktif yang dapat menjaga kesehatan usus.

Produk Terkait: Jual Heavenly Blush Yoghurt

Brokoli

Sayuran brokoli mengandung banyak vitamin C yang dapat memproduksi kolagen di dalam kulit. Kolagen tersebut berfungsi untuk memberikan elastisitas pada kulit. Brokoli juga tinggi akan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A. Vitamin yang berfungsi untuk mempercepat pergantian sel sehingga kulit selalu terlihat nampak cerah. Jadi bagi kalian Sahabat Sehat cocok sekali mengkonsumsi brokoli untuk meningkatkan kesehatan wanita.

Kacang-kacangan

Tidak sedikit wanita yang memiliki masalah hipertensi atau diabetes. Ada baiknya, mereka mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan diketahui kaya akan serat dan rendah lemak yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah. Seperti contohnya, kacang merah, kacang kenari atau kacang almond. Mereka sangat aman untuk menjaga kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil. Bila sahabat mengonsumsi 12 buah kacang kenari setiap harinya, kalian juga dapat mengurangi dari risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Menu Makanan Sehat yang Pas untuk Sehari-hari

Nah, Sahabat Sehat sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang berguna untuk meningkatkan kesehatan wanita? Mulai sekarang, kurangi ya makan-makanan cepat saji. Dan perbanyak makanan yang telah dianjurkan di atas. Semoga dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan tersebut, bisa semakin meningkatkan kesehatan wanita Sahabat Sehat. Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai makanan sehat untuk wanita dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Dewantari NM. Peranan gizi dalam Kesehatan reproduksi. Jurnal Skala Husada. 2013;10(2): 219 – 224.[online] Available at: <http://www.poltekkesdenpasar.ac.id/files/JSH/V10N2/Ni%20Made%20Dewantari1%20JSH%20V10N2.pdf> [Accessed 29 January 2021].
  2. com. 2021. Wanita wajib mengonsumsi 10 makanan sehat ini setiap hari! | merdeka.com. [online] Available at: <https://www.merdeka.com/sehat/wanita-wajib-mengonsumsi-10-makanan-sehat-ini-setiap-hari.html> [Accessed 29 January 2021].
  3. Rakyat, P., 2021. 8 Jenis Makanan yang Bernutrisi Tinggi, Bagus Dikonsumsi untuk Kesehatan Wanita – Pikiran-Rakyat.com. [online] Pikiran-Rakyat.com. Available at: <https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-011214726/8-jenis-makanan-yang-bernutrisi-tinggi-bagus-dikonsumsi-untuk-kesehatan-wanita> [Accessed 29 January 2021].
  4. Antara News. 2021. Makanan bernutrisi untuk menambah imun wanita usia 40-an. [online] Available at: <https://www.antaranews.com/berita/1926332/makanan-bernutrisi-untuk-menambah-imun-wanita-usia-40-an> [Accessed 29 January 2021].

Chat Asisten ProSehat aja