Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Makanan Peningkat Libido Bagi Wanita yang Kurang Bergairah

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Bahan Makanan Peningkat Libido Wanita

Tanpa perlu obat-obatan, beberapa makanan peningkat libido wanita bisa dicoba. Terutama ketika Sahabat Sehat merasa kurang bergairah. Ya, rasa saling bergairah dalam hubungan seksual adalah hal yang amat penting dalam kehidupan dan keharmonisan rumah tangga. Jangan sampai pasangan merasa sudah tidak ada lagi perasaan antara suami dan istri.

Libido atau gairah seksual dapat menurun seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gairah seksual menurun dan jika dibiarkan dapat berdampak pada kualitas hubungan Sahabat Sehat dengan pasangan. Salah satu cara untuk meningkatkan gairah seksual adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, serta memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari. Nah Sahabat Sehat, apa saja makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual wanita ? Mari simak penjelasan berikut.

Makanan Peningkat Libido Wanita

Sahabat Sehat, berdasarkan berbagai penelitian berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dipercaya efektif dalam meningkatkan gairah seksual wanita, antara lain adalah:

Coklat

Kandungan serotonin dan phenylethylamine pada coklat dipercaya mampu merangsang gairah seksual pada wanita. Selain itu, coklat mampu memicu dopamine di pusat kesenangan otak sehingga menimbulkan rasa bahagia dan nyaman.

Para ahli gizi menganjurkan untuk mengkonsumsi dark coklat dengan kandungan kakao yang lebih tinggi, dibandingkan coklat manis.

Makanan Pedas

Beruntung bagi Sahabat Sehat yang gemar mengkonsumsi makanan pedas sebab dipercaya mampu meningkatkan gairah seksual wanita. Makanan pedas identik dengan penggunaan cabai, yang diketahui mengandung zat capsaicin yang mampu melepaskan hormon endorfin pada tubuh sehingga timbul rasa bahagia dan meningkatkan gairah seksual. 

Cabai juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu meningkatkan produksi sperma pria. Namun Sahabat Sehat perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi cabai sebab beresiko menimbulkan masalah kesehatan, seperti diare dan naiknya asam lambung.

Bawang Putih

Kandungan allicin pada bawang putih mentah dipercaya mampu meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Sahabat Sehat dapat menambahkan bawang putih dalam menu masakan. Namun perlu diperhatikan bahwa bawang putih dapat membawa bau yang tidak disukai oleh beberapa orang. Oleh sebab itu, usahakan mencari tahu apakah pasangan menyukai bawang putih atau tidak. Jika memang pasangan tidak menyukai bawang putih, Sahabat Sehat bisa mengkonsumsi bawang putih beberapa jam sebelum bertemu pasangan.

Stroberi

Kandungan antioksidan pada buah stroberi bermanfaat dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung sehingga turut melancarkan peredaran darah pada organ seksual. Buah stroberi kaya akan vitamin C, yang turut berperan dalam meningkatkan produksi dan kualitas sel telur dan sel sperma.

Agar manfaatnya dapat Sahabat Sehat rasakan secara maksimal, pastikan mengkonsumsi buah stroberi secara langsung dan dalam kondisi segar. 

Alpukat

Buah alpukat diketahui kaya akan vitamin E. Selain itu, alpukat juga mengandung zat antioksidan, kalium, dan vitamin B6 yang bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung dan memperlancar aliran darah.

Buah dengan lemak tidak jenuh tunggal ini juga diketahui dapat meningkatkan gairah seksual, sehingga meningkatkan kualitas seksual Sahabat Sehat.

Daun Seledri

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun seledri mampu meningkatkan kadar feromon dalam keringat, yang mampu menarik gairah seksual lawan jenis. Sahabat Sehat dapat membuat jus daun seledri dengan menambahkan wortel, madu, dan gula.

Kacang Almond

Jenis kacang dengan tekstur renyah ini kaya kandungan zinc yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan gairah seksual. Selain itu kacang almond turut mengandung selenium, vitamin E, mineral dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesuburan, menjaga kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah serta kesehatan organ intim. 

Biji Wijen

Senyawa seng pada biji wijen dipercaya bermanfaat bagi kesehatan seksual, dan membantu menjaga kesehatan sel telur dan sel sperma. Biji wijen juga kaya akan vitamin E yang dapat membantu memperlancar aliran darah. Ketika aliran darah lebih lancar, gairah seksual akan meningkat, baik pada pria maupun wanita.

Khusus untuk pria, biji wijen mengandung magnesium yang baik untuk meningkatkan kualitas sel sperma. Sementara bagi wanita, kandungan magnesium membantu meningkatkan kesehatan sel telur.

Ginseng

Ginseng merupakan tanaman herbal yang sangat populer sejak jaman dahulu kala. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tanaman ini juga bermanfaat meningkatkan performa seksual pria dan wanita.

Untuk mendapatkan manfaat ginseng, Sahabat Sehat bisa merebusnya hingga agak empuk lalu mengunyahnya seperti mengunyah permen karet.

Semangka

Buah semangka diketahui mengandung  fitonutrien yang dapat merangsang gairah seksual. Berdasarkan penelitian, semangka mengandung likopen, citrulline, dan beta-karoten yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah serta meningkatkan gairah seksual Sahabat Sehat.

Menurut riset pada tahun 2018, semangka diketahui memiliki kandungan yang efeknya sama seperti viagra pada pembuluh darah. Karenanya semangka dapat membantu meningkatkan kemampuan seksual serta libido seseorang.

Lihat Juga: Cara Menyimpan ASI di Kulkas

Nah Sahabat Sehat,  itulah mengenai berbagai jenis makanan peningkat libido wanita yang dapat dikonsumsi baik saat merasa sehat maupun merasa kurang bergairah dalam hubungan seksual. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat.  Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Severson A. 10 Natural Ways to Boost Your Libido. [Internet]. USA : Healthline. 2020 [updated 2020 Dec 11; cited 2021 Aug 04].
  2. Brito J. 2021. 5 Foods Your Gut Wants to Eat for Better Sex — And 3 to Avoid [Internet]. USA : Healthline. 2018 [updated 2018 Aug 21; cited 2021 Aug 04].
  3. Macha A. Best and Worst Foods for Sex [Internet]. USA : Health. 2015 [updated 2015 Oct 08; cited 2021 Aug 04].

Chat Asisten ProSehat aja