Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Kehidupan Seks tetap Membara setelah Menikah dan Punya Anak

Peran seorang ibu dalam keluarga sangat penting karena mengurus keluarga dan rumah. Selain itu, Ibu juga berperan penting dalam menciptakan dan menjaga keharmonisan di dalam keluarga. Keluarga yang harmonis dan bahagia adalah impian setiap orang dan bukan hal yang mustahil untuk mewujudkannya.

Namun, terkadang sesudah menikah dan punya anak, konsentrasi Ibu lebih terfokus pada kebutuhan anak saja, padahal kebutuhan suami istri juga penting untuk diperhatikan. Hal ini karena kehidupan seks pasangan suami istri merupakan salah satu penentu keharmonisan keluarga. 

Seiring dengan berjalannya pernikahan, beberapa pasangan sering mengeluhkan kehidupan seks mereka tidak berapi-api atau terasa hambar. Padahal, kehidupan seks yang harmonis dapat tercapai bila terjadi kedekatan fisik dan emosional antara pasangan, timbulnya perasaan nyaman, percaya, aman, bebas dari rasa cemas, sehingga terciptanya kepuasan dalam hubungan seks karena hasrat seksual pasangan sudah terpenuhi. 

Kehidupan seks yang membara mengandung pengertian bahwa hubungan seksual adalah sesuatu yang diinginkan, ditunggu-tunggu dan dalam prosesnya dilakukan oleh pasangan dengan antusias. Manfaat seks sudah tidak diragukan lagi merupakan media agar hubungan antara suami istri menjadi kuat dan merupakan cara berkomunikasi yang efektif dan terbuka. Selain itu, berhubungan seksual dapat membuat badan menjadi lebih bugar, mengurangi kelelahan, dan menghindari stres sehingga kedua pasangan  menjadi bahagia.

Hubungan seks akan terus terjaga dan berapi-api jika selalu ada hasrat seksual pada kedua pihak. Hasrat seksual ini akan selalu ada jika  tercapai kepuasan seksual dalam setiap kali pasangan berhubungan seksual. Bahkan kepuasan seksual ini menjadi salah satu aspek vital, dan menjadi indikator keberhasilan atau kegagalan suatu hubungan dan merupakan indikator penting dari sebuah kesuksesan pernikahan yang berdampak pada kelangsungan hidup dan kesehatan sebuah keluarga.

Lalu, sebenarnya apakah yang menyebabkan kehidupan seksual pasangan suami istri menjadi tidak berapi-api lagi?Seringnya masalah seks dalam rumah tangga terjadi bukan karena tidak ada jalan keluar, tetapi karena suami dan istri merasa tidak menemukan cara yang nyaman dan tepat untuk bisa secara lugas mengekspresikan dirinya dan mengatakan secara jujur keinginannya maupun seberapa puas dia terhadap kualitas hubungan seks mereka.

Ketidak harmonisan hubungan seksual pasti dipicu oleh “masalah” di salah satu bagian dinamikanya. Beberapa sumber masalah yang dapat menyebabkannya antara lain:

  1. Adanya rasa bosan berupa keterampilan yang terbatas dalam hubungan seksual, suasana rutin seksual, dan seks hanya sekadar kewajiban saja.
  2. Perasaan tidak aman, tidak nyaman, dan cemas karena tidak memiliki tempat privat untuk berhubungan seks, takut hamil lagi, tidak percaya diri, ada perasaan terancam, serta kelelahan dan stres.
  3. Ketidakpuasan seksual yang bersumber dari komunikasi yang terhambat, tidak bisa mengekspresikan diri, hubungan yang kurang harmonis dengan pasangan (tidak mengerti pasangan, perbedaan prinsip, ritme, dll)

Bagi pasangan suami istri, menjaga agar api asmara tetap berkobar membutuhkan dua hal, yaitu hubungan yang dirawat dan hubungan yang dibangun. Nah, bagaimanakah caranya?

Jangan berhenti berkencan

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa kencan hanya bagian dari awal hubungan, tapi nyatanya hal itu perlu terus dilakukan. “Sebuah kencan bukan berarti Anda harus pergi keluar setiap saat, tetapi yang terpenting adalah anda memiliki momen berduaan”. Misalnya, menonton, memasak, melakukan hobi bersama, dll.

Siasati untuk menyediakan satu malam dalam sepekan untuk melakukan hal bersama.  Adakan momen bulanan yang spesial dan tidak harus menunggu ulang tahun pernikahan. “Momen itu merupakan kesempatan untuk saling bergandengan tangan, saling memperhatikan dan menghabiskan waktu yang berkualitas satu sama lain.”Salah satu hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada pasangan adalah waktu, dan momen yang tidak biasa.

Selalu tampil baru dan bergairah

Tunjukkan kepada pasangan bahwa masih ada hal-hal baru dalam diri Anda. “Dua hal yang dibutuhkan dalam hubungan jangka panjang untuk bertahan dan berkembang, adalah cinta dan gairah,”. Cinta diciptakan melalui hubungan Anda dan pasangan–sebuah kepedulian satu sama lain. Sedangkan gairah diciptakan dalam misteri antara dua orang, sesuatu yang baru meskipun Anda sudah bersama cukup lama. Kemudian, mulailah berkreasi satu sama lain untuk membangkitkan energi yang menyenangkan.

Cobalah hal baru di ranjang. Banyak pria ingin menjadi yang terhebat di ranjang, tapi tidak merasa percaya diri untuk mengungkapkan gairah mereka, para wanita juga seringkali merasa kurang PD dengan kondisi tubuhnya pasca melahirkan. Komunikasikan semua “kegalauan” ini pada pasangan, agar masing-masing bisa saling menghargai, saling memenuhi kebutuhan dan tidak saling“menyerang” kelemahan masing-masing.

Godaan  dan fantasi untuk bercinta, melibatkan fantasi fantasi dalam hubungan seks, maka Anda bisa dan pasangan bisa mulai berfantasi dan melakukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dicoba. Tentu apa yang akan Anda lakukan harus didiskusikan dulu dengan pasangan, apakah dia setuju atau tidak. Seks menjadi sesuatu yang indah selama dilakukan suka sama suka dan tanpa paksaan.

Kenali  kondisi masing-masing, tidak jarang faktor kelelahan dan stres pekerjaan menjadi hal yang menghambat gairah seks. jika demikian, anda dan pasangan bisa memilih posisi berhubungan seksual yang memang berfungsi meredakan stres dan mengobati kelelahan. Hubungan seksual terbukti dapat merangsang hormon oksitosin yang akan membuat anda santai dan bahagia.

Komunikasi menjadi salah satu kunci utama menjaga dan membangun hubungan yang nyaman

Faktor cinta dan komitmen dalam rumah tangga, menjadi dasar yang kuat menghilangkan segala kekakuan, rasa malu dan canggung, dan akhirnya tujuan hubungan intim yang murni akan terwujud, ketika masing masing pasangan memiliki keinginan kuat dan kemauan untuk bicara dan mendengarkan pasangannya.

Kehadiran pasangan sangat berarti dalam keharmonisan rumah tangga

Here & Now”, fokus pada pasangan dan masing-masing saling menyadari apa yang sedang dilakukan “disini, saat ini”. Letakan ponsel Anda saat sedang bersama pasangan. “Jika Anda ingin pasangan benar-benar merasa memiliki Anda, Anda tidak bisa terus-terusan memeriksa ponsel Anda di depannya. Ada saatnya kita berada di sebuah tempat untuk hadir, bukan sekedar ada. Anda tidak bisa melakukan hubungan seksual jika Anda terus-terusan memeriksa ponsel untuk mengecek e-mail dan membaca gosip terbaru. Lalu, fokuslah satu sama lainnya agar dapat membantu mempertahankan semangat dalam hubungan Anda, kenali setiap ekspresi dan sentuhannya sebagai bagian dari komunikasi dan menjaga hubungan.

Buat selalu ada rindu

Berikan ruang satu sama lain. Hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada seseorang adalah kesempatan untuk merindukan Anda. Bila menghabiskan waktu terpisah, Anda dapat memikirkan seberapa besar Anda mencintai pasangan saat ini. Ketika Anda menghabiskan waktu terpisah dengan pasangan, seringkali kita merasa rindu dan kehilangan, lalu sadar betapa indahnya bersama.

Hargailah apa yang Anda miliki. Pada akhirnya, Anda tidak boleh berhenti membiarkan pasangan tahu betapa Anda bersyukur memiliki dirinya dalam hidup. Cara mudahnya adalah dengan memberitahukan betapa berarti dan bahagianya anda memilikinya.

Dasar dan tujuan pernikahan adalah  untuk saling membahagiakan pasangan masing masing dalam segala hal, termasuk memberi kecukupan materi dan rasa aman, maka seks bukanlah menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan karena tujuan mulianya yaitu

membahagiakan pasangan anda. Sex is part of love in a marriage. You shouldn’t go around doing it unless you are in love and married.

Kapan waktu terbaik untuk berhubungan seks bagi pasutri yg sudah lama menikah,  agar gairah seks tetap terjaga?

Waktu terbaik berhubungan seks bergantung pada keleluasaan pasangan. Jadi, tidak ada waktu terbaik khusus untuk melakukan hubungan seks. Saat timbul hasrat seksual dan ketertarikan satu sama lainnya, hubungan seks dapat terjadi, bahkan dapat terjadi spontan.

Pada beberapa pasangan, ada waktu khusus untuk berhubungan terutama saat program hamil. Namun, seringkali patokan waktu ini justru membuat pasangan menjadi kaku untuk berhubungan seksual.

Berapa banyak peran psikolog dalam membantu harmonisasi  kehidupan seks pasutri yang mengalami disharmonisasi dalam kehidupan seksnya? Kapankah waktu yang tepat untuk datang ke psikolog?

Psikolog berfungsi sebagai fasilitator di antara kedua pasangan suami istri. Psikolog akan membantu pasangan untuk menemukan sumber masalahnya dari mana dan dicarikan solusinya. Waktu yang tepat untuk datang ke psikolog adalah ketika pasangan merasakan adanya masalah yang dapat mengganggu keharmonisan keluarga. Jadi, tidak ada waktu khusus yang disarankan agar pasangan menemui psikolog.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja