Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ingin ASI Booster Alami, Yuk Santap Makanan Ini

Para Moms yang baru punya bayi tentunya ingin memberikan asupan terbaik untuk buah hatinya. Tentunya Moms semua tahu pentingnya ASI pada bayi. Ya, pemberian ASI merupakan hal paling krusial untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak nantinya.

ASI merupakan makanan pertama dan paling ideal bagi bayi. Banyak manfaat dari pemberian ASI; selain karena ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk kesehatan dan perkembangan tubuhnya, pemberian ASI ekslusif juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi.

Hal utama yang ingin dilakukan seluruh ibu di dunia adalah dapat memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. ASI ekslusif adalah pemberian ASI kepada bayi di enam bulan pertama, tanpa tambahan makanan atau minuman lainnya. Kemudian pemberian ASI masih dapat dilanjutkan hingga anak berumur dua tahun, tentunya diselingi dengan makanan pendamping lainnya.

Walaupun Moms tahu pentingnya ASI buat sang buah hati dan pastinya memiliki harapan untuk dapat memberikan ASI eksklusif, tetapi terkadang banyak Moms yang memiliki kendala untuk melakukannya.

Masalah yang umum dihadapi para Moms dalam memberikan ASI biasanya adalah kurangnya produksi ASI. Walaupun secara alami wanita dapat memproduksi ASI, tapi terkadang tidak dapat memproduksi ASI yang banyak, sehingga timbul kekhawatiran jika bayi kita kurang makan.

Kekhawatiran yang muncul akhirnya membuat pemberian ASI akhirnya tidak maksimal, sehingga yang biasa dilakukan adalah dengan memberikan makanan pendamping ASI sebelum 6 bulan. Walaupun memberikan MPASI dini tidak masalah, tapi sebenarnya masih ada solusi lain loh untuk meningkatkan produksi ASI kita.

Salah satu cara paling alami yang bisa Moms lakukan adalah dengan tetap menyusui. Kegiatan ini membantu menstimulasi produksi ASI sehingga diharapkan ASI akan dapat terus produksi setidaknya selama 6 bulan.

Nah, jika Moms masih belum puas dengan hasil produksi ASInya, bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI atau istilahnya ASI booster.

Ini dia makanan alami yang dapat Moms konsumsi dan meningkatkan produksi ASI, dan juga mengandung banyak gizi yang baik untuk si bayi.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau banyak mengandung vitamin dan zat-zat baik yang berguna untuk memperlancar produksi ASI dan bagus untuk dikonsumsi bayi lewat ASI. Nutrisi yang dikandung seperti asam folat, kalsium, dan zat besi dapat memberikan kesehatan dan kekuatan untuk Moms dan bayi. Perlu di ingat, walaupun sayuran hijau sangat baik, tapi tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare pada bayi.

2. Oats

Oats atau gandum utuh mengandung serat yang baik untuk penceranaan. Selain itu oats memiliki kandungan kalori yang cukup, juga banyak mengandung nutrisi yang baik juga seperti halnya sayuran hijau. Cara penyajiannya pun juga sangat mudah dan bisa ditambahkan dengan buah-buahan favorit Moms. Selain membantu produksi ASI, Moms yang tentunya repot dengan segala hal mengenai si kecil, tidak akan kesulitan menyiapkan makanan ini untuk dikonsumsi.

3. Daun Katuk

Sejak jaman dahulu daun katuk ini sangat dipercaya sebagai ASI booster alami dan paling efektif. Daun katuk sendiri memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang berkhasiat dalam melancarkan dan menambah produksi ASI. Vitamin yang terkandung pada daun katuk meliputi vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, protein, dan banyak lagi.

4. Chia Seeds

Chia seeds atau biji chia merupakan biji-bijian yang mengandung asam amino esensial yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. Selain itu chia seeds juga mengandung serat, protein dan omega 3 yang dapat meningkatkan produksi ASI, menjaga metabolisme tubuh, dan bagus untuk pencernaan. Penyajian chia seeds juga cukup mudah; karena tidak memiliki rasa, maka dapat dijadikan campuran makanan seperti oatmeal atau smoothies buah.

5. Yoghurt

Ini dia salah satu makanan probiotik terbaik untuk ibu menyusui karena memiliki kandungan vitamin D, pottasium, dan kalsium yang baik untuk menjaga pertumbuhan tulang pada bayi. Selain itu yoghurt juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga pencernaan tetap sehat. Bila Anda mengonsumsi yoghurt setiap hari, maka Moms dan si kecil akan mendapatkan manfaat yang dibutuhkan tulang setiap harinya.

6. Asparagus

Asparagus juga merupakan salah satu makanan wajib untuk Moms yang masih menyusui. Kandungan serat, vitamin A, dan vitamin K dalam asparagus dipercaya dapat menstimulasi syaraf dan hormon penting yang dapat meningkatkan produksi ASI.

7. Kacang-kacangan

Pilihlah kacang yang mengandung omega-3 dan vitamin E seperti kacang almond, kacang mede, dan kacang macademia. Mengonsumsi kacang dipercaya sebagai antioksidan dan meningkatkan syaraf dan hormon untuk memproduksi ASI. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kacang juga dapat dijadikan susu.

8. Salmon

Ikan lezat ini terkenal banyak mengandung omega-3 dan Essential Fatty Acid atau biasa dikenal dengan asam lemak essensial yang baik bagi Ibu menyusui. Nutrisi yang terkandung dalam salmon dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI dan juga menjadikan ASI kental dan tentunya berkualitas untuk dikonsumsi oleh si kecil.

9. Beras Coklat

Moms, selama menyusi alangkah baiknya jika dapat mengganti konsumsi beras putih menjadi beras coklat. Menurut penelitian beras coklat mengandung stimuli yang baik untuk memproduksi ASI. Karena beras coklat mengandung gizi yang lebih baik dibanding beras putih, maka jika dikonsumsi secara teratur, maka dapat mengurangi resiko diabetes pasca melahirkan. Selain sehat, energi kita pun akan lebih tinggi.

Moms, itulah 9 makanan yang dapat disantap sebagai ASI booster alami. Sekarang tidak perlu khawatir lagi jika produksi ASI kita kurang. Dengan mengkonsumsi makanan yang disarankan, bukan saja produksi ASI bertambah, Moms dan sang buah hati pun akan sehat dan happy.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
unicef.org/indonesia/id/reallives_19398.html

Chat Asisten ProSehat aja