Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

6 Penyebab Haid Tidak Teratur yang Tidak Boleh Diabaikan

Haid adalah proses alamiah yang ada pada setiap wanita. Proses ini yang disebut juga sebagai menstruasi adalah proses keluarnya darah dari kemaluan wanita berupa vagina yang terjadi karena siklus bulanan alami pada tubuh wanita, dan merupakan siklus proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika mengalami kehamilan. Persiapannya ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah.

menstruasi tidak teratur, haid datang ngacak

Haid biasanya datang secara normal pada wanita setiap bulannya. Ciri-ciri haid normal atau teratur adalah sebagai berikut:

  • Siklus berlangsung 24-35 hari
  • Darah keluar selama 2-7 hari
  • Volume darah yang keluar di kisaran 15-90 ml
  • Disertai dengan gejala ringan seperti kram perut, jerawat, payudara terasa nyeri

Meskipun begitu ada juga haid yang datang secara tidak teratur. Penandanya adalah sebagai berikut:

  • Jumlah jeda hari (siklus) antarwaktu haid selalu berubah-ubah, yang awalnya per 30 hari sekali tiba-tiba memendek menjadi 21 hari
  • Darah yang keluar terkadang sangat banyak hingga lebih dari 7 hari tapi kadang sangat sedikit dan singkat
  • Lamanya waktu haid berbeda-beda setiap bulannya

Tentu saja haid yang datangnya tidak teratur ini sangat menjengkelkan buat kamu Sobat Sehat wanita sebab bisa saja datang di saat-saat kamu sedang ingin melakukan aktivitas yang menyenangkan, dan akhirnya mengubah mood Sobat secara keseluruhan. Supaya Sobat tidak jengkel lagi karena haid yang datang tidak teratur ini, sebaiknya Sobat ketahui dulu penyebab mengapa haid tidak teratur.

Penyebab Haid Tidak Teratur

1. Mengalami PCOS (Sindrom Ovarium Poliklistik)

Penyebab haid tidak teratur yang pertama adalah Sobat kemungkinan besar mengalami PCOS atau kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Testosteron dapat meningkat melebihi batas normal, yang seharusnya pada wanita hanya terdapat sedikit hormon testosterone. Selain perubahan hormon, PCOS ini berpengaruh pada pelepasan sel telur yang berubah menjadi tidak normal. Hal ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami haid atau mengalami haid tetapi darah yang keluar hanya sedikit. Wanita yang mengalami PCOS juga kemungkinan akan mengalami keluhan lain seperti tumbuh kumis atau rambut di bagian tubuh tertentu.

2. Berat Badan Turun Drastis

Penurunan berat badan secara drastis sehingga menyebabkan tubuh menjadi terlalu kurus juga, dan lemak berkurang juga menjadi penyebab haid datang tidak teratur. Tentu saja hal ini bukannya menjadi hal yang menyenangkan sebab bagaimana pun lemak merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormone seksual. Karena itu, adanya perubahan dalam komposisi lemak tubuh akan dapat memengaruhi keseimbangan hormone yang berperan di dalam siklus haid.

3. Olahraga Terlalu Berat

Haid datang tidak teratur juga karena Sobat berolahraga dengan intensitas dan frekuensi yang sangat banyak. Hal itu tentu saja akan memberikan tekanan berlebihan pada kelenjar adrenalin dan kelenjar pituitary. Saat berolahraga, tubuh Sobat akan menghasilkan kortisol atau hormon stres. Sobat tentu saja ingin terlihat langsing dan bugar tetapi tetap harus memedulikan juga kesehatan reproduksi. Latihan olahraga yang intensif malah akan meningkatkan stres dan menyebabkan ketidakseimbangan hormone, dan bisa dipastikan datang bulan tidak teratur.

4. Menopause Dini

Saat wanita akan mengalami menopause, hormon di dalam tubuhnya akan mengalami perubahan. Salah satunya adalah perubahan hormone estrogen dan progesterone yang menjadi tidak tidak teratur. Akibatnya, siklus haid terganggu. Kebanyakan wanita mulai memasuki menopause di usia 45-55 tahun. Namun, ada pula yang mengalami gejala menopause di usia 40 tahun ke bawah. Kondisi ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pelepasan sel telur terhenti. Hasilnya, haid terlambat atau bahkan terhenti sama sekali.

5. Penggunaan alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus haid. Alat kontrasepsi IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak daripada biasanya atau nyeri perut pada saat haid normal. Sedangkann pil KB atau pil pencegah kehamilan mengandung hormon estrogen dan progestin yang mencegah indung telur melepaskan sel telur. Butuh waktu hingga enam bulan agar siklus haid kembali konsisten setelah berhenti mengonsumsi pil KB. Alat kontrasepsi hormonal yang ditanam atau disuntik juga dapat menyebabkan haid datang telat.

6. Hamil

Penyebab terakhir haid datang tidak teratur adalah kemungkinan Sobat sedang hamil. Tentu saja untuk hal ini Sobat sudah pasti gembira apalagi setelah menikah. Namun untuk memastikannya, Sobat harus mengecek pada dokter atau bidan.

Bagaimana Caranya Mencegah Haid Tidak Teratur?

Apakah haid yang datangnya secara acak ini bisa dicegah. Tentu jawabannya, bisa. Sobat Sehat tinggal melakukan saja berbagai cara di bawah ini:

  • Mempertahankan berat badan yang ideal
  • Olahraga dengan teratur
  • Latihan Yoga
  • Konsumsi vitamin D
  • Masukkan kayu manis dalam makanan
  • Konsumsi cuka apel
  • Konsumsi nanas dan jahe
  • Jangan stres

Itulah 6 penyebab mengapa haid datang tidak teratur yang sungguh menjengkelkan bagi Sobat. Semoga dengan mengetahui penyebab dan cara mencegahnya ini, Sobat tidak perlu jengkel dan uring-uringan. Apabila Sobat ingin mengetahui lebih dalam masalah haid, silakan klik video Youtube di bawah ini, dan jangan lupa subscribe Youtube Prosehat.

Selain itu, bagi Sobat yang memerlukan informasi kesehatan lainnya maupun membutuhkan produk-produk kesehatan, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:

  1. 15 Penyebab Haid Tidak Teratur, Para Wanita Harus Waspada | merdeka.com [Internet]. merdeka.com. 2020 [cited 4 August 2020]. Available from: https://www.merdeka.com/jabar/15-penyebab-haid-tidak-teratur-yang-jarang-dihiraukan-kln.html
  2. Agrina N. Penyebab Haid Tidak Teratur dan Pengaruhnya dengan Masa Subur [Internet]. POPMAMA.com. 2020 [cited 4 August 2020]. Available from: https://www.popmama.com/pregnancy/getting-pregnant/novyagrina/penyebab-haid-tidak-teratur-dan-pengaruhnya-dengan-masa-subur/3
  3. Haid Tidak Teratur? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini [Internet]. detikHealth. 2020 [cited 4 August 2020]. Available from: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2208654/haid-tidak-teratur-jangan-panik-atasi-dengan-cara-ini

Chat Asisten ProSehat aja