Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Penyebab, Gejala, Pengobatan,dan Terapi Disfungsi Seksual Wanita!

Disfungsi seksual wanita akan mempengaruhi kehidupan dan hubungannya dengan pasangan. Kenali, deteksi dan sadari di awal untuk mengatasinya dan melakukan perawatan secara intens. Ini adalah kondisi  seorang wanita sulit mengalami orgasme, kepuasan seksual, kurangnya gairah seksual, nyeri saat berhubungan intim, dan penyakit-penyakit lainnya yang terkait dengan hubungan intim.

disfungsi seksual wanita, disfungsi seksual perempuan

Baca Juga: 11 Makanan Penurun Gairah Seksual yang Harus Dihindari

Banyak kasus wanita yang tidak mau memeriksakan diri ke ahli medis atau psikolog karena malu dan kurangnya kesadaran diri sendiri. Padahal jika Sahabat sadari penyakit disfungsi seksual bisa membahayakan hubungan dan mempengaruhi kehidupan. Biasanya penyebab gangguan disfungsi seksual pada wanita yaitu fisik, psikologis, hormonal, gaya hidupnya dan kualitas hubungannya dengan pasangan.

Faktor-faktor penyebab disfungsi seksual pada wanita

Fisik

Secara fisik pemicu disfungsi seksual pada wanita yaitu memiliki penyakit seperti gangguan jantung, saraf, ginjal, gagal hati, gangguan pada kemih dan masalah nyeri-nyeri lainnya.

Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan seperti obat antihistamin, obat tekanan darah, obat antidepresan, obat kemoterapi dapat menjadi pemicu mengurangnya gairah seksual dan menurunnya kemampuan untuk orgasme.

Psikologis

Masalah psikologis juga menjadi penyebab disfungsi seksual, wanita yang mengalami depresi, tingkat kecemasan yang tinggi, stress, kekhawatiran, masalah perkawinan dan trauma, menjadi pemicu mengalami disfungsi seksual.

Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat menjadi pemicu mengalami disfungsi seksual pada wanita, seperti merokok, jarang berolahraga, mengonsumsi obat-obatan, minum alkohol, pola makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi. 

Kualitas hubungan dengan pasangan

Kualitas hubungan dengan pasangan juga mempengaruhi, seperti kurangnya komunikasi, terlalu sibuk dengan kegiatannya sendiri sampai melupakan komunikasi atau kehangatan bersama pasangan, konflik yang tidak selesai, kondisi yang sedang buruk, faktor-faktor ini sangat mempengaruhi penurunan gairah seksual.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Gairah Pasangan

Faktor hormonal

Faktor hormonal atau kondisi hormon yang tidak menentu menyebabkan disfungsi seksual wanita dan gairah seksualnya menurut seperti sedang mengandung/hamil, setelah melahirkan dan masa menyusui, karena berbagai kondisi tertentu yang mempengaruhi.

Gangguan emosi

Gangguan emosi dikarenakan banyak faktor seperti kelelahan, terlalu banyak pikiran, konflik yang tidak kunjung usai, akan berpengaruh besar terhadap disfungsi seksual.

Kehilangan gairah seksual sampai tidak mencapai orgasme perlu untuk disadari dan patut dikhawatirkan, deteksi sejak dini gejala-gejala yang berkaitan dengan disfungsi seksual pada wanita.

Gejala-gejala disfungsi seksual

  1. Tidak adanya gairah seks atau menurunnya gairah seksual
  2. Tidak bisa mempertahankan gairah seks saat berhubungan atau tidak sama sekali terangsang padahal ada keinginan untuk melakukan seks
  3. Tidak dapat mengalami orgasme selama berhubungan seks
  4. Merasakan nyeri atau kesakitan yang tidak wajar saat berhubungan intim

Ketika Sahabat sudah merasakan beberapa gejala di atas, segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, untuk melakukan terapi atau pengobatan yang tepat sesuai anjuran dokter.

Namun, untuk berbagai pengobatan disfungsi wanita berbagai macam bervariasi dan tergantung kondisi dan penyebabnya mengapa disfungsi bisa terjadi.

Sebagai informasi, beberapa pengobatan untuk disfungsi seksual pada wanita karena psikisnya adalah :

Komunikasi

Berbicara, mendengarkan dan terbuka pada pasangan apa yang sedang dirasakan dan apa yang sedang dialami, komunikasi adalah cara awal untuk meminta bantuan kepada pasangan agar pasangan dapat mengerti dan mencari solusi terbaik.

Gaya hidup yang sehat

Hentikan kebiasaan untuk merokok, minum obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat menurunkan gairah seksual dan merokok dapat memperlambat aliran darah seksual dan menurunkan gairah seksual. Untuk itu, berolahraga penting secara teratur untuk meningkatkan stamina dan mood.

Konsultasi

Carilah konseling untuk menceritakan masalahmu mengenai masalah disfungsi seksual, biasanya konseling bisa membantumu mencarikan solusinya dengan cara yang sesuai.

Baca Juga: Kehidupan Seks Tetap Membara Setelah Menikah dan Punya Anak

Pelumas

Pelumas sangat membantu dalam berhubungan seksual, apabila Sahabat mengalami nyeri atau kesakitan saat melakukan hubungan seksual.

Produk Terkait: Jual Durex Play Lubricant

Sedangkan disfungsi seksual pada wanita untuk pengobatan kondisi medis adalah :

  1. Berkonsultasi dengan dokter mengenai obat yang sedang dikonsumsi dan efek sampingnya terhadap apa yang Sahabat  alami mengenai disfungsi seksual.
  2. Maksimalkan pengobatan untuk depresi dan kecemasan
  3. Mengobati masalah tiroid dan hormonal lainnya
  4. Beralih dengan menggunakan obat-obatan herbal dan menghindari efek samping
  5. Coba strategikan dengan cara lain untuk mengurangi sakit dan nyeri lainnya

Terapi

Untuk masalah disfungsi seksual pada wanita dengan penyebab hormonal kemungkinan pengobatannya adalah terapi, beberapa jenis terapi yang harus anda ketahui sebelum melakukan, ada 2 jenis terapi yaitu :

Terapi Estrogen

Terapi estrogen ini dalam bentuk cincin, krim atau pelumas, bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah di vagina, meningkatkan nada dari elasitas vagina sehingga peningkatan pada pelumas di vagina maksimal.

Terapi Androgen

Androgen adalah hormon testosteron yang dimiliki pria, wanita hanya mempunyai hormon ini sedikit dan lebih rendah daripada laki-laki. Akan tetapi hormon ini dapat membantu meningkatkan gairah sesksual pada wanita yang memiliki disfungsi seksual. Terapi androgen ini masih kontroversial, namun ini sangat bermanfaat sekali bagi wanita yang menderita disfungsi seksual.

Disfungsi seksual juga mempunyai solusi dalam pengobatan alternatif yang sangat aman dan membentuk gaya hidup yang sehat, beberapa di antara pengobatan alternatif adalah sebagai berikut :

Yoga

Selama melakukan yoga gerakan-gerakan postur tubuh dan latihan pernapasan agar tubuh lebih fleksibel dan pikiran merasa lebih tenang, yang bermanfaat untuk menyalurkan energi seksual dengan peningkatan psikologis secara keseluruhan.

Akupunktur

Akupunktur adalah jenis terapi yang diterapkan dengan penyisipan jarum tipis di area-area yang sudah ditargetkan pada tubuh, penyisipan ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada seksual, meningkatkan libido wanita dan gairah seksual wanita.

Meditasi

Meditasi dapat meningkatkan kesadaran seseorang, fokus dengan aktivitas yang sedang dijalani seperti aliran pernafasan yang diatur secara baik dan teratur. Peningkatan kesadaran dapat mengurangi personal distress dan meningkatkan respons gairah seksual.

Baca Juga: Manfaat Seks Rutin bagi Kesehatan

Itulah mengenai disfungsi seksual wanita. Bagi Sahabat Sehat yang juga ingin tetap menjaga fungsi seksual dengan baik dan terhindar dari virus HPV penyebab kanker serviks, yuk segera vaksinasi HPV di Prosehat yang menyediakan layanan ke rumah.

Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. 5 Faktor Penyebab Disfungsi Seksual pada Wanita [Internet]. gaya hidup. 2021 [cited 3 March 2021]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191202160558-255-453429/5-faktor-penyebab-disfungsi-seksual-pada-wanita
  2. Saat Wanita Alami Disfungsi Seksual [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 3 March 2021]. Available from: https://www.liputan6.com/health/read/697157/saat-wanita-alami-disfungsi-seksual
  3. Wajib Tahu, 3 Penyebab Disfungsi Seksual pada Wanita [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 3 March 2021]. Available from: https://www.liputan6.com/health/read/3933782/wajib-tahu-3-penyebab-disfungsi-seksual-pada-wanita#

Chat Asisten ProSehat aja