Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Daftar Makanan yang Disarankan Setelah Melahirkan Agar Jahitan Cepat Kering

Terkadang luka bekas jahitan membutuhkan waktu untuk sembuh secara menyeluruh, tapi semua itu tidak lepas dari bagian mana jahitan tersebut berada. Jika dilihat secara umum, luka bekas jahitan sembuh dalam kurun waktu beberapa minggu. Ibu yang sudah melahirkan biasanya ingin menyembukan luka agar cepat kering dengan berbagai cara.

Banyak hal yang dilakuan ibu setelah melahirkan antara lain menjauhi makanan seperti ikan-ikanan yang bisa menyebabkan gatal dan luka tidak kering-kering. Jika terjadi pembekakan pada bekas jahitan atau demam, segeralah menghubungi dokter untuk memeriksakan diri. Banyak hal yang akan dilakukan untuk mengeringkan bekas luka jahitan dengan krim.

Apa yang bisa anda lakukan jika ingin luka jahitan cepat mengering?

• Makanlah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi cukup
• Konsumsilah obat yang sudah dianjurkan dokter untuk anda
• Jangan terlalu sering memegang luka bekas jahitan
• Jangan sampai terkena air, dan usahakan selalu kering

Apa saja makanan yang harus dikonsumsi pasca melahirkan?

1. Makanan yang Mengandung beta karoten

Apa itu beta karoten? Beta karoten adalah asupan vitamin A sebagai antioksidan. Beta karoten berguna untuk menyembuhkan luka pasca melahirkan dan bisa mempercepat masa pemulihan. Kenapa beta karoten dapat menyembuhkan dan mengeringkan luka pasca melahirkan? Hal ini karena terdapat zat anti inflamasi yang sangat baik. banyak makanan yang mengandung beta karoten contohnya

• Paprika merah
• Labu
• Tomat
• Kentang manis dan wortel

2. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C juga dapat menyembuhkan luka bekas jahitan. Vitamin C bnyak kita jumpai hampir semua sayuran dan buah juga banyak yang mengandng vitamin C.

3. Makanan yang mengandung Vitamin E

Banyaklah memakan makanan yang mengandung Vitmin E. Vitamin E atau yang biasa disebut dengan alpha tokoferol dapat membantu mengeringkan luka dan bekas luka pasca melahirkan. Vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang biasanya kita temukan di makanan. Makanan yang mengandung vitamin E adalah gandum dan beras merah. Kita dapat juga menemukan vitamin E pada minyak nabati atau zaitun. Pada makanan tersebut juga mengandung zat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan luka pasca melahirkan.

4. Makanan yang Mengandung Protein

Banyak sekali makanan yang mengandung protein. Protein yang paling baik yaitu dari protein hewani seperti seafood, telur, kedelai, kacang-acangan, susu uht, ikan. Banyak yng bilang jika makan ikan atau sejenisnya luka pasca jahitan tidak segera mengering. Padahal jika kita cukup makan makanan yang mengandung protein bisa menyembuhkan luka tersebut, karena asam amino dari protein itu sendiri berguna untuk menyembuhkan luka dari dalam.

5. Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan sekali pasca melahirkan, agar bekas jahitan bisa segera sembuh dan pulih. Whole grain adalah karbohidrat yang kompleks dan kaya nutrisi untuk metabolisme imun tubuh. Banyak sekali makanan yang mengandung karobhidrat seperti nasi merah dan oatmeal..

6. Zat Besi

Makanlah makanan yang mengandung zat besi, karena zat tersebut mempunyai peran penting dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin adalah sel darah merah yang mempunyai peran membawa oksigen ke seluruh jaringan. Dalam ilmu kesehatan oksigen sangat penting dalam metabolisme sel maupun menyembuhkan luka pasca melahirkan. Apa saja makanan yang mengandung zat besi? Makanan yang mengandung zat besi contohnya hati, daging, dan kerang.

Penjelasan diatas memaparkan berbagai jenis makanan yang bisa dimakan untuk menyembuhkan luka bekas jahitan agar cepat kering dan sembuh. Hampir semua makanan terdapat vitamin yang bisa menyembuhkan luka tersebut. Tapi, anda juga jangan melupakan dan harus menuruti apa kata dokter dan minum obat yang sudah diberikan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima Kasih.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja