Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Makanan Penguat Jantung yang Harus Kamu Coba

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia dan berperan hampir 1/3 seluruh kematian di seluruh dunia. Diet berperan penting dalam kesehatan jantung dan dapat mempengaruhi risiko penyakit jantung. Konsumsi beberapa makanan dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Berbagai jenis buah dan sayur banyak yang baik bagi jantung. Contoh makanan yang baik bagi jantung adalah ikan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan, serta segelas anggur atau sepotong cokelat hitam. Sebaiknya sederetan list makanan harian yang bernutrisi perlu banyak dijadwalkan dengan baik.

Berikut ini 7 makanan penguat jantung yang harus dicoba yaitu.

Makan ikan yang kaya akan omega 3

Makanan ikan seperti salmon, tuna, dan sarden. Ikan berlemak ini dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi pada 324 orang menunjukkan bahwa konsumsi salmon tiga kali seminggu selama 8 minggu dapat menurunkan tekanan darah diastolik. Studi lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan jangka  panjang dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida darah, kadar gula darah puasa, dan tekanan darah sistolik. Setiap 3.5 ons (100 gram) penurunan konsumsi ikan mingguan akan terkait dengan 19% faktor risiko yang lebih tinggi, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau obesitas. Apabila Anda tidak mengkonsumsi makanan laut, minyak ikan dapat menjadi pilihan konsumsi asam lemak omega 3. Suplemen minyak ikan dipercaya dapat mengurangi trigliserida darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Hindari 7 Makanan Berikut Untuk Menjaga Jantung Sehat

Segenggam kacang-kacangan yang baik untuk jantung

Kacang-kacangan seperti almond atau walnut baik untuk membantu mengatasi lapar dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Almond merupakan nutrien yang sangat baik bagi tubuh, dengan kandungan berbagai vitamin dan mineral yang berperan penting bagi kesehatan jantung. Almond merupakan sumber baik bagi jantung dengan kandungan kaya monounsaturated fats dan serat, yaitu dua nutrien penting yang melawan penyakit jantung. Mengkonsumsi almond akan memiliki efek baik yang bermanfaat pada kadar kolesterol juga. Suatu studi pada 48 orang dengan kadar kolesterol tinggi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1.5 ons (43 gram) almond harian selama 6 minggu akan mengurangi lemak di perut dan kadar kolesterol jahat (LDL), dua faktor risiko penyakit jantung. Mengonsumsi almond juga akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh (HDL) yang membantu mengurangi plak dan menjaga arteri tetap bersih dari plak.

Beri yang kaya akan fitonutrien yang bernutrisi bagi jantung

Selain itu, beri juga mengandung serat yang bersifat larut di dalam tubuh. Cobalah berbagai beri, seperti blueberry, strawberry, cranberry, atau raspberry pada sereal atau yoghurt. Selain itu, beri juga kaya akan antioksidan, yang melindungi tubuh dari stress oksidatif dan inflamasi yang berperan dalam penyakit jantung. Hasil studi menunjukkan bahwa makan banyak buah beri akan mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Salah satu contohnya adalah sebuah studi pada 27 orang dewasa dengan sindrom metabolic menunjukkan bahwa minum minuman yang terbuat dari strawberry selama 8 minggu akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekitar 11%. Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi blueberry harian akan meningkatkan fungsi sel yang berperan pada pembuluh darah, yang mengontrol tekanan darah dan pembekuan darah. Beri merupakan makanan penutup yang rendah kalori nan enak.

Baca Juga: 6 Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Jantung

Cokelat hitam baik bagi kesehatan jantung

Cokelat seperti ini paling sedikit mengandung 70% cocoa. Cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoid, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi cokelat akan menurunkan risiko penyakit jantung. Suatu studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi cokelat paling sedikit 5 kali seminggu akan memiliki 57% risiko terkena penyakit jantung koroner lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi cokelat. Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi cokelat paling tidak dua kali  per minggu akan terkait dengan 32% risiko timbulnya plak pada arteri yang lebih rendah.

Buah-buahan seperti alpukat baik untuk jantung

Alpukat merupakan sumber baik bagi jantung karena kandungannya yang kaya akan monounsaturated fats, yang berperan dalam penurunan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Konsumsi alpukat akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dipercaya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Alpukat juga kaya akan kalium, nutrien yang berperan penting pada kesehatan jantung.

Biji-bijian

Jenis biji-bijian yang paling umum yaitu gandum, nasi merah, bubur gandum. Biji-bijian ini mengandung serat yang tinggi yang menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan risiko serangan jantung. Studi lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji-bijian akan menyebabkan penurunan tekanan darah yang signifikan, sehingga dapat mengurangi risiko stroke.

Bagaimana Sahabat. Yuk, mulai mengkonsumsi 7 makanan penguat jantung ini dan rasakan manfaatnya sesegera mungkin. Selain itu, jangan lupa untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan olahraga teratur, makanan sehat bergizi, dan kelola stress anda.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka:
1. Heart and vascular team. 15 heart-healthy foods to work into diet. 2015.[Internet]. Available at: health.clevelandclinic.org/15-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/ (1.12.18)
2. Link R. 15 incredibly heart-healthy foods. 2018. [Internet]. Available at: healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#section15 (1.12.18)

Chat Asisten ProSehat aja