Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ini Persiapan Sebelum Vaksin yang Wajib Dilakukan Lansia

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Penyuntikan Vaksin Covid-19 Setelah Penerima Vaksin Telah Memenuhi Persiapan Vaksin Lansia

Persiapan vaksin lansia dengan orang dewasa ataupun anak-anak pastinya memiliki beberapa perbedaan. Hal ini merupakan hal yang wajar. Namun ada juga beberapa kesamaan persiapan yang perlu dilakukan. Tujuan adanya persiapan ini adalah agar fisik dan mental siap untuk menerima vaksin. Sehingga daya tahan tubuh dapat meningkat berkat vaksin, dan efek samping dapat diminimalisir.

Saat ini program vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih terus berlanjut, terutama untuk lansia. Pasalnya kelompok lanjut usia memiliki risiko kematian tiga kali lebih tinggi jika terpapar virus Covid-19, dibanding pasien lain nya yang bukan lansia. Oleh karena itu, pemerintah memprioritaskan lansia yang belum melakukan vaksinasi untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19. 

Persiapan Vaksin Lansia 

Selain faktor kesehatan, optimalisasi vaksinasi untuk lansia juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi khusus lainnya seperti faktor intrinsik (usia dan jenis kelamin), dan faktor ekstrinsik (penggunaan obat-obatan). Kondisi lingkungan sekitar, kebiasaan merokok serta asupan nutrisi yang cukup juga memiliki peran penting dalam keefektifan vaksin.

Sahabat Sehat, apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 ? Mari simak penjelasan berikut.

Istirahat yang Cukup

Lansia yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 dianjurkan istirahat yang cukup untuk meminimalisir keluhan pasca vaksinasi, misal kelelahan, demam, dan lainnya. Selain itu, jika kurang istirahat maka beresiko meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, saat menuju lokasi vaksinasi sebaiknya lansia ditemani pendamping serta menggunakan alat transportasi agar dapat beristirahat selama di perjalanan.

Nutrisi Seimbang

Selanjutnya, lansia dianjurkan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang seimbang serta multivitamin seperti zink, vitamin C dan vitamin D. Apabila lansia kekurangan asupan nutrisi protein, maka akan meningkatkan risiko malnutrisi dan berkurangnya massa tubuh, serta kekuatan otot. Setelah menerima vaksinasi, lansia juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga imunitas terutama jika masih aktif berkegiatan. 

Para pakar merekomendasikan asupan nutrisi harian lansia minimal 21 kilokalori per kilogram berat badan, protein 1.0-1.5 gram per kilogram berat badan per hari (25-30g) setiap kali makan, serta pemberian suplemen jika diperlukan. Asupan sejumlah nutrisi diatas terpenuhi maka dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi resiko infeksi.

Hindari Alkohol

Dalam kondisi tertentu alkohol dapat mempercepat timbulnya reaksi alergi. Selain itu, alkohol juga dinilai dapat mengurangi kinerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah vaksin. Hal tersebut terjadi karena alkohol akan mengganggu kerja imun tubuh, sehingga tubuh Sahabat Sehat akan kesulitan melawan infeksi virus yang baru masuk ke tubuh. 

Hindari Aktivitas Berat

Hindari berolahraga berat 2 jam sebelum dan setelah menerima vaksin. Istirahatkan lengan bekas lokasi suntikan, untuk mengurangi nyeri. Beri kompres air hangat dan hindari kelelahan.

Mengkonsumsi Multivitamin

Memaksimalkan daya tahan tubuh sebelum mengikuti vaksinasi Covid-19 dengan mengkonsumsi berbagai vitamin dan mineral. Selain itu, konsumsi makanan bergizi seimbang seperti buah dan sayur serta air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah Sahabat Sehat, itulah persiapan vaksin lansia yang perlu diperhatikan agar menjamin keamanan dan kesehatan selama dan setelah proses vaksinasi. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama dirumah baik sebelum dan sesudah di vaksin, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lanjut hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2 Persiapan Penting Sebelum Lansia Ikut Vaksinasi [Internet]. Indonesia : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2021 [updated 2021 March 24; cited 2021 Sep 27].
  2. CNN Indonesia. 2 Persiapan Penting Sebelum Lansia Ikut Vaksinasi [Internet]. Indonesia : CNN Indonesia. 2021 [updated 2021 March 23; cited 2021 Sep 27].
  3. Doheny K. COVID-19 Vaccine: How Best to Prepare [Internet]. USA : WebMD. 2021 [updated 2021 Jan 27; cited 2021 Sep 27].

Chat Dokter 24 Jam