Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Harga Vaksin Booster Covid yang Akan Berbayar 2022 Nanti

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Perkiraan Harga Vaksin Booster Covid yang Akan Berbayar Tahun 2022 Nanti

Pemerintah telah mengungkapkan harga vaksin booster Covid untuk umum. Vaksin dosis ketiga ini akan berbayar per tahun 2022 mendatang. Hal ini diungkapkan pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto.

Pemerintah akan membagi rata penerima vaksin booster ini menjadi dua, yakni secara gratis dan berbayar. Vaksin Covid-19 booster gratis hanya diperuntukan bagi:

  • Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional dan
  • Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain daripada penerima bantuan iuran dan aparatur sipil negara, penerima vaksin booster akan dikenakan biaya. Meski demikian, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya masih mematangkan rencana tersebut. Harga yang akan diberikan ini masih sangat dinamis dan terus difinalkan, termasuk jenis vaksin yang akan digunakan.

Penjelasan Pemerintah Mengenai Vaksin Booster Berbayar

Dalam rapat dengan Komisi IX DPR yang digelar pada Senin (13/9/2021) kemarin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut menyampaikan rencana pelaksanaan vaksin booster ini. Menteri Kesehatan menjelaskan bahwa masing-masing orang dapat dengan bebas memilih vaksin yang akan digunakan, seperti halnya membeli obat di apotek. 

Selain itu, Budi juga menyampaikan bahwa jenis vaksin yang akan digunakan pada program vaksinasi booster ini nantinya akan ditentukan dari jenis vaksin yang telah mendapatkan Emergency Use Authentically (EUA) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Setidaknya ada 10 jenis vaksin covid yang dimasukkan dalam program booster Covid, termasuk Vaksin Merah Putih yang kini tengah dikembangkan. 

Target Vaksinasi Booster Covid (Vaksin Dosis ke 3)

Selanjutnya, Menkes juga menjelaskan bahwa ada sekitar 93,7 juta orang yang menjadi target dalam skema vaksinasi booster berbayar ini. Pemerintah juga tetap menjamin vaksinasi booster yang biayanya ditanggung oleh oleh APBN bagi masyarakat penerima bantuan iuran (PBI). 

Selain itu, vaksin yang ditanggung APBN juga akan diperuntukan bagi anak-anak yang baru menginjak usia 12 tahun sebanyak 4,4 juta jiwa, dan akan disuntikan sebanyak dua kali. Sedangkan untuk vaksinasi anak dibawah usia 12 tahun belum ada penjelasan lebih lanjut.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemerintah akan menggulirkan pemberian vaksin booster ini saat 50% sasaran program vaksinasi telah mendapatkan suntikan lengkap atau dua dosis. 

Pelaksanaan vaksin dosis ketiga ini juga akan sama seperti urutan prioritas program vaksinasi yang saat ini tengah berjalan. Kelompok yang rentan akan mendapatkan prioritas seperti yang direkomendasikan WHO. 

Saat ini, penerima vaksin booster di Indonesia baru diperuntukan untuk tenaga kesehatan. Lalu kelompok masyarakat rentan seperti lanjut usia (lansia) akan menjadi prioritas selanjutnya. Sejauh ini, masyarakat terus memantau harga vaksin Covid-19 booster berbayar ini. 

Namun, bila melihat dari Program Vaksinasi Gotong Royong yang tengah berjalan saat ini, harga vaksin booster Covid dapat menyentuh Rp 450 ribu per dosisi. Biaya ini sudah termasuk jasa penyuntikan. Sedangkan jika berkaca dengan data harga vaksin global saat ini, sejumlah merk vaksin Covid-19 memiliki harga terendah dibawah US$ 10 per dosis atau sekitar Rp 140.000-an. Harga ini relatif rendah dan terjangkau dibandingkan dengan harga vaksin gotong royong.

Sementara untuk vaksin booster gratis, selain masyarakat yang menjadi peserta PBI Jaminan Kesehatan Nasional, Pemerintah juga akan memasukan kelompok lansia, petugas publik, dan orang-orang yang memiliki penyakit penyerta atau komorbis sebagai penerima vaksin cuma-cuma. Sebab kelompok tersebut memiliki risiko yang lebih besar untuk terpapar Covid-19, terutama lansia dan orang dengan komorbid.

Perkiraan Harga Vaksin Booster Covid Berbayar

Berikut beberapa perkiraan harga vaksin Covid-19 booster dari berbagai merek yang telah mendapat izin edar dan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong seperti Sinovac, Moderna, Pfizer, AstraZeneca, dll.

Vaksin Covid-19 Moderna

Harga Vaksin Moderna Berbayar

Vaksin Covid-19 Moderna memiliki harga yang bervariasi, yakni antara US$ 10 hingga USD 37 per dosisnya. Sedangkan di negara asalnya yakni Amerika Serikat, vaksin Moderna diberi harga US$ 15 atau sekitar Rp 213.000 per dosis. Sementara di Botswana, salah satu negara Afrika, harga vaksin ini dapat mencapai US$ 28.88 atau Rp 409.000 per dosis. 

Berdasarkan harga di beberapa negara tersebut, kemungkinan vaksin Moderna dosis ketiga di Indonesia harganya akan berkisar 213.000 rupiah hingga 409.000 rupiah.

Vaksin Covid-19 Pfizer

Harga Vaksin Pfizer Berbayar

Berdasarkan data UNICEF, disebutkan bahwa vaksin Covid-19 Pfizer yang digunakan oleh Amerika Serikat hingga Afrika Selatan diberi harga anatar US$ 10 sampai US$ 23,15 per dosis. Di Afrika Selatan, harga vaksin Covid-19 Pfizer yang paling murah yaitu US$ 10 atau Rp 142.000 per dosis. Sedangkan untuk harga yang paling mahal di Uni Eropa US$ 23,15 atau sekitar Rp 328.000 per dosis. Di Amerika, harga vaksin Covid-19 Pfizer US$ 19,5 atau Rp 277.000 per dosis.

Berdasarkan harga di beberapa negara tersebut, kemungkinan vaksin Pfizer dosis ketiga di Indonesia harganya akan berkisar 142.000 rupiah hingga 328.000 rupiah.

Vaksin Covid-19 Astrazeneca

Harga Vaksin Astrazeneca Berbayar

Dari data vaccine market di dashboard UNICEF, vaksin Covid-19 Astrazeneca yang digunakan di Uni Eropa, Amerika Serikat, India, hingga Brazil diberi harga antara US$ 2,19 sampai US$ 13,27 per dosis. Sedangkan di Filipina, harga vaksin Covid-19 Astrazeneca sebesar US$ 5 atau sekitar Rp 71.000 per dosis. Di Brazil, harga vaksin ini diberi harga US$ 3,16 per dosis atau sekitar Rp 45.000.

Berdasarkan harga di beberapa negara tersebut, kemungkinan vaksin Astrazeneca dosis ketiga di Indonesia harganya akan berkisar 45.000 rupiah hingga 71.000 rupiah.

Vaksin Covid-19 Sinopharm

Dari data UNICEF, vaksin Sinopharm ini digunakan di China, Kazakhstan, hingga Argentina. Harga vaksin Covid-19 di Argentina dibanderol harga US$ 9 atau sekitar Rp 128.000 per dosis. Sedangkan harga vaksin Sinopharm di termahal di Hongaria mencapai US$ 36 atau sekitar Rp 511.000 per dosis. 

Ketentuan harga dan tarif vaksinasi ini telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong. Namun, pada 24 Agustus 2021 harga vaksin covid-19 Sinopharm sudah turun sebanyak 41%, yakni menjadi Rp 188.000 per dosisnya.

Vaksin Covid-19 Sinovac

Vaksin Covid-19 Sinovac yang digunakan oleh Brazil dan Indonesia memiliki harga yang beragam, yakni antara US$ 10 sampai US$ 32,52 per dosis. Di Indonesia, harga vaksin Covid-19 ini  diberi harga Rp 193.000 per dosis. Namun, pada 8 April 2021, vaksin Covid-19 Sinovac telah turun harga menjadi Rp 85.000 per dosisi. 

Di Mana Bisa Vaksin Covid Booster?

Vaksin booster akan didistribusikan ke klinik-klinik yang ditunjuk oleh pemerintah. Sahabat Sehat nantinya di tahun 2022 bisa melakukan vaksin covid booster (dosis ketiga) dengan layanan vaksinasi covid booster covid dari Prosehat.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik tombol di bawah ini:

Referensi:

  1. Sheila N. Bakal Ada Booster Berbayar di 2022, Ini Harga Vaksin Sinovac hingga Pfizer [Internet]. Indonesia : DetikHealth; [cited 2021 Nov 16].
  2. Kontan. Booster vaksin Covid-19 akan berbayar, ini harga Sinovac, Pfizer, Moderna [Internet]. Indonesia : Kontan; [cited 2021 Nov 16].
  3. Kompas. Pernyataan Menkes soal Vaksin Booster Berbayar Tahun Depan [Internet]. Indonesia : Kompas; [cited 2021 Nov 16].

Chat Dokter 24 Jam