Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Manfaat Pergi Berlibur Menurut Para Ahli Kesehatan Mental

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Manfaat Pergi Berlibur untuk Pemulihan Mental akan Sangat Terasa saat Bepergian ke Tempat yang Menenangkan

Banyak manfaat pergi berlibur bagi kesehatan mental. Hal ini berdasarkan studi yang telah dilakukan American Psychological Association. Oleh sebab itu, jika memang merasa sedang memiliki masalah, memilih bersantai sejenak dengan liburan merupakan pilihan yang tepat.

Masalah mental yang sedang dialami saat ini dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Oleh sebab itu, masalah mental perlu diselesaikan. Misalnya dengan berlibur. Harapannya, berlibur dapat membuat otak kembali segar sehingga kinerja Sahabat Sehat akan jauh lebih baik.

Manfaat Pergi Berlibur Bagi Kesehatan Mental

Kesehatan mental sangat penting. Membiarkan masalah mental seperti stres terus hinggap dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak hormon yang kurang baik. Sebaliknya, berdasarkan penelitian, pergi jalan-jalan atau berlibur dapat memberikan banyak manfaat seperti:

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Saat berlibur, Sahabat Sehat mungkin akan mengalami beberapa hal yang mungkin mengharuskan Sahabat Sehat keluar dari zona nyaman terutama ketika mengunjungi tempat baru yang sebelumnya belum pernah disinggahi.

Berada di lingkungan baru adalah cara yang  bagus dalam mengatasi ketakutan atau mempelajari keterampilan baru sehingga akan memberi rasa puas atas pencapaian luar biasa setelahnya. Ini akan membantu Sahabat Sehat meningkatkan kepercayaan diri.

Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat lain dari jalan-jalan yaitu memperbaiki suasana hati. Selama bepergian, Sahabat Sehat  dapat mengisi waktu dengan aktivitas yang disukai. Misalnya dengan mendaki gunung, berwisata ke pantai, atau bahkan hanya sekedar berjalan-jalan di taman. 

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Salah satu manfaat psikologis lain yang luar biasa dari bepergian adalah membantu mengatasi tingkat stres dan kecemasan. Menurut Brain & Behavior Research Foundation, diketahui bahwa liburan dapat mengurangi stres dan menjauhkan orang dari lingkungan atau aktivitas yang berkaitan dengan stres. 

Membantu Agar Tetap Aktif dan Bahagia

Ada berbagai jenis liburan yang dapat mendorong Anda untuk tetap aktif secara fisik, sebagai contoh berjalan-jalan mengelilingi kota, bersepeda, ataupun berenang di pantai. Harvard Medical School mengungkapkan bahwa aktivitas fisik mampu mengurangi hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, serta meningkatkan produksi endorphin atau yang dikenal sebagai hormon bahagia karena dapat menimbulkan perasaan senang dan positif. 

Mendapatkan Istirahat dan Relaksasi yang Lebih Berkualitas

Rutinitas sehari-hari dengan setumpuk pekerjaan tentunya dapat memicu depresi dan stres. Oleh sebab itu, mengambil waktu untuk berlibur sangat penting untuk meluangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan memulihkan tenaga. Bepergian adalah cara terbaik untuk meninggalkan kesibukan kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Kreativitas

Banyak orang yang sebenarnya kreatif dan mampu menelurkan ide-ide segar. Sayangnya, rasa stres menjadikan ide kreatif hilang. Oleh sebab itu, banyak orang yang habis berlibur merasakan kreatifitasnya kembali ke puncaknya. Oleh sebab itu, orang-orang di industri kreatif perlu berlibur agar mendapatkan ide-ide segar, dan mengembalikan kemampuan otak untuk mengolah ide-ide segar.

Membuat Hubungan yang Lebih Baik dengan Pasangan

Berlibur dengan pasangan dapat mempererat hubungan. Jika memang sedang ada masalah dengan pasangan, mengajak pasangan berlibur dapat menjadikan masalah antar pasangan menjadi berkurang, bahkan hilang. Tentunya manfaat pergi berlibur ini dapat dirasakan jika pergi ke tempat yang romantis ataupun tempat yang memiliki wahana bermain bersama dengan pasangan.

Membantu Menemukan Resolusi Baru

Berdasarkan beberapa penelitian, dikatakan bahwa setelah berlibur seseorang biasanya menemukan resolusi baru dalam hidupnya. Misal apa goal dalam hidupnya dalam 5 tahun kedepan. Ataupun dapat menentukan sikap terhadap pilihan hidup. Misal saat bimbang memilih resign atau tetap bekarja di suatu tempat. Setelah berlibur seseorang akan mampu lebih mantap dalam menentukan pilihan.

Salah satu tujuan utama berlibur adalah untuk memperoleh kenangan sejenak, baik untuk fisik maupun mental. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita justru cenderung tidak menjaga kesehatan tubuh dan tidak dapat mengelola stress secara maksimal saat berlibur. Lakukan berbagai tips berikut sebagai persiapan agar tubuh tetap fit selama berlibur:

  • Rencanakan waktu dan transportasi yang akan digunakan. Hal ini dapat membantu Sahabat Sehat menyiapkan kebutuhan selama di perjalanan. Pilih moda transportasi yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga yang ikut berlibur.
  • Perbaiki kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Pola tidur malam yang sehat dan cukup dapat meminimalisir rasa lelah. Selain itu, Sahabat Sehat dianjurkan untuk menghindari asupan kafein berlebihan. 
  • Tetap aktif bergerak. Terjebak di dalam transportasi dengan perjalanan yang jauh dapat membuat ruang gerak Sahabat Sehat terbatasi. Oleh karena itu, sebelum hari H keberangkatan usahakan untuk banyak bergerak, seperti stretching atau berjalan-jalan ringan. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap rileks dan berenergi.
  • Cukupi asupan nutrisi. Saat berlibur, tenaga Anda tentunya akan lebih terkuras dibanding ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, sesuaikan kebutuhan kalori dengan asupan karbohidrat dan lemak dengan aktivitas yang mungkin dilakukan selama berlibur. Namun batasi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak jika Sahabat Sehat melakukan aktivitas sedentari, seperti duduk dan tidur. 
  • Kurangi kontak dengan rutinitas. Batasi penggunaan gadget dan barang elektronik, serta aktivitas yang biasa dilakukan saat bekerja. Upaya ini dilakukan agar Sahabat Sehat tetap rileks tanpa mencemaskan pekerjaan. 

Mau pergi berlibur? Lihat Juga: 5 Jenis Vaksin Travel

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai manfaat pergi berlibur atau jalan-jalan bagi kesehatan mental. Jika Sahabat Sehat memerlukan produk kesehatan, P3K, maupun vaksinasi sebagai persiapan sebelum berlibur maka segera manfaatkan layanan Prosehat dan Klinik Kasih. Dapatkan sekarang juga: Perlengkapan P3K untuk berlibur

Referensi:

  • WebMD. How Travel Affects Mental Health [Internet]. USA : WebMD.
  • Nazish N. Five Reasons Why Travel Is Good For Your Mental Health [Internet]. USA : Forbes.
  • Blog H. 6 mental health benefits of travelling [Internet]. USA : Hostelworld Travel Blog.
  • LIVESTRONG.COM. 2021. The Best Time to Workout If You Work a Night Shift [Internet]. USA : Livestrong.
  • Health Net. Health Benefits of Vacations [Internet]. USA : Health Net.

Chat Dokter 24 Jam