Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tips Liburan Sehat di Musim Hujan Supaya Terhindar dari Penyakit

Seperti apa tips liburan sehat di musim hujan? Ini tentunya menjadi banyak pertanyaan Sahabat Sehat yang sepertinya sudah tidak sabaran untuk berlibur untuk melepas penat dan merelaksasi diri setelah bekerja. Meski begitu, Sahabat tentunya tidak ingin liburan yang dilakukan menjadi bencana karena menderita sakit apalagi liburan di waktu musim hujan datang dan di tengah pandemi. Tentunya ada beberapa persiapan ekstra yang harus Sahabat lakukan selain mencari tiket, penginapan, dan destinasi wisata yang diinginkan. Lalu apa saja tips-tipsnya? Yuk, tanpa berlama-lama, mari kita simak!

liburan sehat di musim hujan, liburan sehat saat hujan

Baca Juga: Tips Mencari Tempat Wisata Pilihan Selama Covid-19

Selalu Membawa Perlengkapan Hujan

Perlengkapan yang dimaksud tentu adalah payung dan jas hujan. Keduanya berfungsi melindungi diri dari rintikan air hujan yang memang tidak menyehatkan, dan menyebabkan tubuh terkena penyakit. Perlengkapan ini tentunya sudah harus masuk dalam daftar prioritas Sahabat Sehat saat akan bepergian di musim hujan. Bawalah selalu perlengkapan ini ke mana pun Sahabat berpegian untuk sekadar mengantisipasi jika tiba-tiba hujan mendadak turun.

Membawa Banyak Baju Salinan

Berlibur di musim hujan tentunya juga harus memperhatikan beberapa hal selain perlengkapan hujan. Yaitu, membawa banyak baju salinan sebagai antisipasi jika Sahabat saat travelling di ruang terbuka atau outdoor yang bisa terguyur hujan. Karena itu, siapkanlah baju salinan tambahan saat berjalan-jalan di tempat wisata. Usahakan juga membawa baju hangat sehingga tubuh tidak cepat kedinginan. Jangan lupa juga membawa celana panjang karena musim hujan identik dengan nyamuk-nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah dan malaria.

Pilih Tempat Wisata Dalam Ruangan

Tips liburan sehat di musim hujan yang bisa Sahabat lakukan adalah memilih tempat wisata dalam ruangan atau indoor sebagai upaya menghindari diri dari air hujan. Banyak sekali tempat wisata di dalam ruangan yang tidak kalah bagusnya daripada di luar ruangan terutama yang wahana permainan untuk anak-anak yang berada di dalam mall. Meski begitu, usahakan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 mengingat tempat wisata indoor agak rawan terhadap penyebaran virus.

Baca Juga: Sebelum Cuti Bersama Akhir Tahun 2020, Perkuat Imunitas Tubuh

Pilih Asupan yang Bernutrisi

Memilih asupan yang bernutrisi sangat disarankan ketika hendak berlibur di musim hujan. Mengapa? Karena asupan ini akan membantu tubuh melawan cuaca dingin yang sering muncul di musim tersebut. Selain itu, asupan bernutrisi akan membantu tubuh melawan penyakit-penyakit yang sering muncul di musim hujan seperti flu dan diare. Selain sayur-sayuran dan buah-buahan, vitamin C juga sangat penting sebagai penguat imun tubuh secara alami, dan sangat berguna juga di masa pandemi. Jangan lupa juga untuk selalu biasakan meminum air putih supaya metabolisme tubuh tetap terjaga sehingga Sahabat tidak mudah lelah jalan-jalan di musim hujan.

Produk Terkait: Jual Vitalong C Kapsul Isi 4

Selalu Sedia Obat-obatan

Hal penting yang perlu diperhatikan bagi Sahabat saat memutuskan jalan-jalan di musim penghujan adalah jangan lupa selalu menyediakan obat-obatan sebagai salah satu langkah antisipasi apabila Sahabat mendadak terkena sakit karena hujan. Bawalah obat-obatan yang sekiranya diperlukan dan cukup berguna selama liburan. Persediaan obat-obatan ini setidaknya akan membantu Sahabat sehingga tidak perlu bersusah payah mencari fasilitas kesehatan yang belum tentu tersedia di destinasi wisata yang dituju.

Selalu Memantau Prakiraan Cuaca

Liburan di musim hujan membuat Sahabat tentunya akan selalu stand-by dengan ponsel untuk memantau prakiraan cuaca. Pemantauan ini setidaknya dapat Sahabat jadikan sebagai acuan untuk pergi ke luar atau tidak sama sekali ketika cuaca dirasakan tidak mendukung. Apabila cuaca dirasakan tidak mendukung, dan mengharuskan Sahabat untuk tetap di dalam rumah, hal itu bisa diganti dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti berolahraga ringan untuk menjaga stamina. Apabila jika berlibur bersama anak, Sahabat bisa juga melakukannya bersama anak seperti melakukan permainan supaya mereka juga tidak bosan. 

Jangan Lupa Vaksinasi

Ketika tips-tips di atas sudah dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapi hujan saat liburan, jangan lupa juga untuk melakukan vaksinasi. Hal ini perlu sebagai langkah pencegahan terkena penyakit karena musim hujan identik dengan datangnya banyak penyakit seperti flu, diare, tifoid, dan demam berdarah. Dengan melakukan vaksinasi, setidaknya Sahabat dapat travelling dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir terserang penyakit yang malah dapat merusak acara jalan-jalan Sahabat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sakit Saat Traveling

Nah, itulah cara liburan sehat di musim hujan yang bisa Sahabat lakukan untuk menghindari diri dari penyakit. Tips ini bisa juga Sahabat lakukan saat liburan bersama anak dan keluarga. Musim hujan sendiri bukanlah penghalang untuk berlibur. Untuk vaksinasi, terutama vaksinasi flu yang kerap datang di musim hujan, Sahabat bisa melakukannya di Prosehat, yang mempunyai layanan vaksinasi ke rumah. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. TRIK T, Hujan T. Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan [Internet]. Digdaya Mediatama. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://digdayamedia.id/tips-menjaga-kesehatan-pada-musim-hujan/
  2. Yuk, Ikuti 5 Tips Ini agar Anak Tetap Sehat Saat Liburan di Musim Hujan [Internet]. Bukalapak. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://review.bukalapak.com/mom/yuk-ikuti-5-tips-ini-agar-anak-tetap-sehat-saat-liburan-di-musim-hujan-89131
  3. Media M. 6 Tips Liburan Bersama Keluarga di Musim Hujan [Internet]. www.motherandbaby.co.id. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://www.motherandbaby.co.id/article/2020/1/29/14321/6-Tips-Liburan-Bersama-Keluarga-di-Musim-Hujan
  4. Media K. Tips Jaga Stamina saat Liburan di Musim Hujan Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://travel.kompas.com/read/2018/02/15/210000027/tips-jaga-stamina-saat-liburan-di-musim-hujan?page=all

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com