Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tak Hanya Wanita, Pria Juga Perlu Ini

Persiapan pernikahan semakin dekat, cek dulu  apakah si pria sudah melakukan vaksinasi HPV? Ya, vaksinasi HPV yang juga diperlukan untuk para pria. Mengapa? Lebih dari 40 jenis virus HPV yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual hingga dapat menyebabkan beberapa penyakit sekitar kemaluan dan anus. Di samping itu, virus HPV juga dapat menginfeksi daerah tenggorokan dan rongga mulut. Infeksi virus HPV umumnya tidak menimbulkan gejala, namun sebagian orang mengalami kutil pada daerah kemaluan yang dapat mengarah kepada kanker.

Hal ini terbukti infeksi virus HPV sebagai penyebab terbesar terjadinya kanker mulut rahim pada wanita. Menurut data CDC (Center for Disease Control and Prevention) di Amerika Serikat, kanker mulut rahim serta kandungan menempati peringkat ke-4 di bawah kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker kolon (usus besar). Apabila kutil kemaluan berjumlah satu yang berada di penis dan bila terjadi perubahan warna serta penebalan kulit yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening dan terasa nyeri, maka kemungkinan hal ini mengarah pada kanker penis.

Untuk menurunkan risiko terinfeksi virus HPV sebaiknya lakukan vaksinasi HPV. Vaksin HPV quadrivalent dapat melindungi para pria terhadap virus HPV yang menimbulkan kutil kelamin serta kanker anus yang diberikan sebanyak 3 kali dalam waktu enam bulan. Vaksinasi HPV dapat memberikan kekebalan terhadap 4 tipe HPV, tipe 6 dan 11 sebagai penyebab kutil kelamin sedangkan tipe 16 dan 18 sebagai penyebab kanker serviks. Vaksinasi ini bersifat memberikan kekebalan, maka dapat mencegah infeksi HPV yang terjadi saat berhubungan intim dan tidak dapat menyembuhkan infeksi yang terjadi (seperti kutil kelamin).

Pemberian vaksinasi HPV, paling efektif pada saat sebelum seseorang berhubungan intim untuk pertama kalinya, karena saat itu orang belum terpapar infeksi HPV. Rekomendasi yang disampaikan oleh CDC sebagai pusat pengendalian penyakit di Amerika ini menyarankan vaksinasi HPV diberikan pada semua anak laki-laki usia 11 atau 12 tahun hingga mencapai usia 21 tahun. Vaksin ini sangat aman dan efektif bila digunakan, serta tanpa adanya efek samping yang berbahaya.

Rencanakan masa depan Anda dan pasangan agar terlindungi dari virus HPV. Nah, bila ingin mendapatkan vaksin dengan nyaman, ada cara praktis. Coba akses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh!

Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp: 0811-18-16-800 sekarang juga!

Sumber:

  1. Winata, Albert. “Perlukah Vaksinasi HPV Pada Pria?”. 
  2. Haurissa, Andreas Erick. “Vaksin HPV Efektif Pada Pria”. 
  3. CDC. “HPV and Men-Fact Sheet”. cdc.gov

Chat Asisten ProSehat aja