Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Cara Paling Efektif Mengatasi Ejakulasi Dini Pada Pria

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Konsultasi ke Dokter Menjadi Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Paling Tepat dan Aman

Mencoba berbagai cara mengatasi ejakulasi dini sebenarnya boleh saja. Namun pastikan untuk memilih cara yang terbutki efektif dan aman. Jika memang ada risiko, pastikan untuk berkonsultasi kepada ahlinya.

Memang ejakulasi dini menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami pria. Masalah ini tentu dapat berdampak pada keharmonisan hubungan dengan pasangan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencoba berbagai metode untuk mengobati masalah ini. Sayangnya, banyak yang kemudian mengkonsumsi obat yang berbahaya, atau melakukan terapi yang justru memperburuk keadaan.

Oleh sebab itu, sebelum mempelajari bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini pada pria, ada baiknya mengetahui apa yang dimaksud dengan ejakulasi dini, penyebab ejakulasi dini, serta solusi yang tepat sesuai dengan faktor penyebab ejakulasi ini.

Ejakulasi Dini Sebagai Masalah yang Dihadapi Banyak Pria

Sebelum masuk dalam pengertian apakah yang dimaksud dengan ejakulasi dini penting untuk mengetahui pengertian dari ejakulasi. Ejakulasi merupakan istilah dalam pelepasan sperma dan cairan semen melalui penis oleh seorang pria yang terjadi akibat proses rangsangan seksual. Dalam berhubungan intim tidak ada patokan durasi karena semuanya tergantung dari masing-masing pasangan. Namun berdasarkan penelitian, berhubungan intim biasanya berlangsung sekitar lima setengah menit sebelum akhirnya pria mencapai ejakulasi.

Ejakulasi dini merupakan salah satu gejala yang ditandai dengan ketidakmampuan seorang pria dalam mengontrol ejakulasinya. Saat seorang pria mengalami gangguan ini, maka pria akan mengeluarkan sperma terlalu cepat pada saat berhubungan seksual. Kondisi ini mengakibatkan tidak tercapainya klimaks atau kepuasan seksual pada pasangan atau pada pria itu sendiri

Seseorang dianggap mengalami ejakulasi dini apabila 75%-100% hubungan seksual yang dilakukan, sperma keluar dalam waktu kurang dari 1 menit yang dihitung dari penetrasi.

Perbedaan Ejakulasi Dini dengan Disfungsi Ereksi

Ejakulasi dini dan disfungsi ereksi termasuk bagian disfungsi seksual namun keduanya sangat berbeda. Ejakulasi dini adalah kondisi dimana sperma keluar dalam waktu kurang dari 1 menit, sementara disfungsi ereksi atau impotensi adalah ketidakmampuan seseorang pria untuk mencapai atau mempertahankan ereksi.

Persentase Pria dengan Keluhan Ejakulasi Dini ?

Sebanyak 30%-40% pria memiliki pengalaman ejakulasi dini dalam hidupnya. Namun, apabila hanya terjadi sesekali saja maka tentunya bukan menjadi masalah yang perlu diperhatikan. Menurut American Urological Association, ejakulasi dini merupakan salah satu gangguan disfungsi seksual yang kerap kali terjadi pada 1 diantara 5 pria dalam rentang usia 18 hingga 59 tahun.

Ejakulasi Dini Primer dan Sekunder

Ejakulasi dini dapat dibedakan menjadi ejakulasi dini primer dan ejakulasi dini sekunder. Ejakulasi dini primer terjadi hampir sepanjang waktu dimulai dari hubungan seksual pertama. Sementara ejakulasi dini sekunder terjadi setelah memiliki pengalaman seksual sebelumnya. Dengan kata lain, sebelumnya tidak ada gejala ejakulasi dini.

Penyebab Ejakulasi Dini

Sebelum melakukan pengobatan terhadap masalah ejakulasi dini, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab terkena masalah ejakulasi ini. Mengetahui faktor penyebab ejakulasi dini sangatlah penting karena akan membantu memilih solusi terbaik, dan mengetahui apa yang harus dilakukan agar masalah ini tidak muncul kembali.

Sahabat Sehat, berikut adalah berbagai penyebab terjadinya ejakulasi dini pada pria yaitu: 

Gangguan Fisik

Adanya gangguan hormon seperti hormon oksitosin, hormon LH (Luteinizing Hormone), hormon prolaktin dan juga hormon TSH (Thyroid Stimulating Hormone), menurunnya kadar serotonin atau dopamine yang mempengaruhi dorongan seksual, gangguan hormon tiroid, gangguan prostat, serta gangguan refleks dapat menjadi penyebab ejakulasi dini.

Selain itu, kondisi tubuh yang sedang tidak fit karena kelelahan, ataupun sedang sakit (kurang enak badan) juga bisa menyebabkan masalah ejakulasi dini.

Gangguan Psikologi

Seseorang yang sedang memiliki masalah psikologis cenderung akan mengalami masalah ejakulasi dini. Walaupun tidak semuanya, namun masalah psikologis memegang peran penting dalam hal durasi hubungan seksual. Gangguan atau masalah psikologis yang menyebabkan ejakulasi dini meliputi:

  • Gangguan cemas 
  • Stress
  • Adanya permasalahan dalam hubungan dengan pasangan
  • Depresi
  • Kurangnya rasa percaya diri dengan bentuk badannya sendiri
  • Rasa cemas karena belum punya pengalaman seksual sebelumnya
  • Nafsu yang terlalu menggebu-gebu

Dampak dan Komplikasi Akibat Ejakulasi Dini

Banyak persoalan yang muncul akibat pria mengalami ejakulasi dini. Bagi pria, masalah ini dapat menurunkan rasa percaya diri terhadap pasangan. Selain itu, pria dengan ejakulasi dini cenderung memiliki sperma yang kurang subur sehingga sulit untuk mendapatkan keturunan meskipun memang kemungkinan untuk mendapatkan keturunan masih tetap ada.

Bagi para wanita yang memiliki pasangan dengan masalah ejakulasi dini mungkin dapat membuat rasa frustasi karena tidak mendapatkan kepuasan seksual yang mencukupi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi wanita untuk segera mendukung pasangannya melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi atau Andrologi untuk mencari solusi:

  • Bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini pada pria
  • Cara agar tetap dapat memiliki anak

Selain itu, konsultasi pada ahli juga sangat penting karena bisa mengecek masalah kesehatan apa yang menyebabkan terjadinya ejakulasi dini. Bisa saja ada masalah kesehatan serius yang menyebabkan masalah ejakulasi dini ini terjadi.

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini dengan Efektif dan Aman

Mengatasi masalah ejakulasi dini bukan hanya untuk kepuasan diri sendiri, namun juga untuk memberikan yang terbaik pada pasangan. Selain itu, mengatasi ejakulasi dini sangat penting untuk keharmonisan keluarga. Berikut ini cara untuk mengatasi ejakulasi dini yang sudah terbukti efektif:

Terapi Psikologis

Jika masalah ejakulasi dini terjadi karena adanya masalah psikologis, maka terapi psikologis bisa menjadi solusinya. Masalah psikologis ini bukan sekedar rasa cemas, depresi, atau stres yang sedang dialami belakangan ini. Masalah psikologis juga dapat berupa perasaan yang berubah pada pasangan, atau adanya rasa insecure pada pasangan.

Konsultasikanlah dan carilah akar masalah apa yang berasal dari masalah kejiwaan seperti gangguan cemas dan depresi. Konsultasikan dengan psikiater lebih lanjut. Pada kasus tertentu Sahabat Sehat dan pasangan dapat bersama-sama untuk melakukan terapi konseling.

Terapi Perilaku

Terapi perilaku menggunakan latihan yang bertujuan untuk membantu membangun toleransi untuk menunda ejakulasi. Tujuannya adalah untuk membantu tubuh untuk menghindari ejakulasi dini. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

Melakukan latihan masturbasi

Sebelum masturbasi cobalah untuk rileks. Setelah merasa rileks, mulailah untuk bermasturbasi sambal memperhatikan apakah ada stimulasi yang dirasakan ketika hendak masturbasi. Ketika muncul perasaan tersebut, tahan beberapa saat dan ulangi kembali sebanyak 2-3 kali setiap melakukan masturbasi. Cara ini akan melatih diri agar terhindar dari ejakulasi dini dasaat sedang bersama pasangan.

Melakukan senam kegel

Senam kegel merupakan salah satu cara mengatasi ejakulasi dini yang ampuh dan paling sering digunakan untuk mengatasi ejakulasi dini. Latihan fisik ini dapat memperkuat otot dasar panggul dan membantu agar lebih kuat mengontrol rangsangan. Otot dasar panggul adalah otot yang digunakan ketika tubuh menahan urine saat berkemih.

Melakukan teknik pause-squeeze

Caranya adalah dengan menghentikan penetrasi sejenak sebelum anda ejakulasi dan meminta pasangan anda untuk meremas batang penis hingga keinginan ejakulasi menurun. Hal ini dapat diulangi berulang kali sampai anda dapat menahan ejakulasi tanpa bantuan.

Mencabut penis sebelum klimaks

Jika sudah mendekati klimaks ketika berhubungan intim dengan pasangan, segera cabut penis dari vagina pasangan, lalu ambil jeda untuk rileks sebentar sebelum melanjutkan penetrasi kembali.

Menggunakan kondom saat berhubungan seks

Kondom akan menurunkan sensitivitas penis sehingga dapat membantu pria untuk menunda ejakulasi. Selain itu, beberapa jenis kondom memiliki zat pelumas yang dapat meningkatkan durasi berhubungan seksual.

Meningkatkan Kondisi Fisik

Ejakulasi dini seringkali terjadi karena kondisi fisik yang tidak dalam kondisi terbaiknya. Oleh sebab itu, meningkatkan kondisi fisik agar lebih sehat menjadi cara mengatasi ejakulasi dini yang terbaik. Beberapa cara meningkatkan kondisi fisik agar tidak lagi mengalami ejakulasi dini antara lain:

Berolahraga

Masalah ejakulasi dini seringkali berhubungan dengan kemampuan jantung dalam bekerja. Seseorang yang memiliki jantung kurang baik, biasanya memiliki juga masalah ejakulasi dini. Oleh sebab itu, melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan performa seksual dan mencegah ejakulasi dini.

Tidur yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan performa seksual. Seseorang yang kurang tidur diketahui memiliki performa seksual dibawah yang diharapkan pasangannya. Jadi pastikan untuk istirahat yang cukup dan tidur yang cukup sebagai upaya meningkatkan performa seksual.

Makan Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi jua menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan kondisi tubuh sehingga ejakulasi dini dapat dicegah ataupun diatasi. Beberapa makanan yang cocok untuk penderita ejakulasi dini antara lain adalah:

  • Buah pisang
  • Sayur toge
  • Alpukat
  • Wortel
  • Seledri
  • dan bawang putih serta bawang merah

Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Cara mengatasi ejakulasi dini selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi rokok dan minuman beralkohol. Walaupun tidak serta merta mengatasi masalah ejakulasi dini, namun menghentikan konsumsi rokok dan minuman beralkohol akan membantu meningkatkan vitalitas tubuh.

Pada beberapa orang dengan rasa kecanduan yang tinggi pada rokok dan minuman beralkohol mungkin akan merasa sensasi kegiatan seksual akan berkurang jika tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Namun sejatinya itu hanya efek dari kecanduan. Jika rasa kecanduan rokok dan minuman beralkohol dilawan justru akan meningkatkan vitalitas tubuh dan meningkatkan performa seksual.

Terapi Medis 

Apabila sudah dilakukan beberapa tips di atas namun belum juga dapat membantu masalah ejakulasi dini maka diperlukan penanganan lebih lanjut ke Dokter. Dokter mungkin akan menyarankan untuk memberikan penanganan medis dengan obat-obatan.

Sangat disarankan untuk menghindari konsumsi obat-obatan untuk mengatasi ejakulasi dini jika tidak menggunakan resep dokter. Alasannya karena beberapa obat-obatan tersebut memiliki efek samping tertentu yang dapat berbahaya pada kondisi tubuh jika tidak dikonsumsi dengan benar. Selain itu, banyak sekali obat-obatan yang mengklaim dapat mengatasi ejakulasi dini namun sebenarnya tidak memiliki izin edar dan bahan bakunya tidak jelas serta tidak melalui uji klinis.

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai cara mengatasi ejakulasi dini. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat 24 Jam. Prosehat turut menyediakan produk multivitamin dan layanan kesehatan lainnya. 

Informasi lebih lanjut hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Asnafi. Kenali Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya! [Internet]. Indonesia : Rumah Sakit EMC; [cited 3 November 2021].
  2. Mayo Clinic. Premature ejaculation – Symptoms and causes [Internet]. USA : Mayo Clinic. 2021 [cited 3 November 2021].
  3. Cleveland Clinic. Premature Ejaculation: Causes & Treatment [Internet]. USA : Cleveland Clinic. 2020 [cited 3 November 2021].
  4. Murrell, M.D D, Roland J. Premature Ejaculation: Symptoms, Causes, Treatment [Internet]. USA : Healthline. 2018 [cited 3 November 2021].
  5. Nazario B. What Is Premature Ejaculation? [Internet]. USA : Web MD. 2020 [cited 3 November 2021]. 
  6. Urology Care Foundation. Premature Ejaculation: Causes & Treatment [Internet]. USA : Urology Care Foundation. 2020 [cited 3 November 2021]. 

Chat Dokter 24 Jam