Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Bahaya Konsumsi Alkohol Bagi Pria, Awas Risiko Impotensi!

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Bahaya Konsumsi Alkohol pada Performa Seksual Pria Sangat Besar

Efek samping atau bahaya konsumsi alkohol sangat besar jika terus dikonsumsi. Berbagai risiko kesehatan mengintai. Misalnya impotensi. Memang alkohol dapat mempengaruhi kondisi tubuh pria dan wanita dengan cara yang berbeda. Namun konsumsi dalam jumlah berlebih dapat memberikan pengaruh yang kurang baik pada tubuh.

Sayangnya, saat para pria berkumpul bersama teman atau kerabat, mengkonsumsi bir, wiski, atau anggur (wine) menjadi hal yang tak terelakkan. Sahabat Sehat, apa dampak konsumsi alkohol berlebihan bagi pria ? Mari simak penjelasan berikut.

Bahaya Konsumsi Alkohol Bagi Kesehatan Pria

Konsumsi alkohol secara berlebihan seringkali menjadi tantangan bagi para pria untuk mengetahui seberapa kuat mengkonsumsi alkohol. Padaha risiko dari tantangan ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Beberapa masalah kesehatan yang terjadi akibat konsumsi alkohol berlebih bagi kesehatan pria adalah:

  • Serangan jantung
  • Meningkatkan risiko kanker hati
  • Risiko kemandulan
  • Impotensi
  • dan berbagai penyakit berbagai lainnya, bahkan kematian

Lihat Juga: Perlukah Pemeriksaan Kesuburan Bagi Pria

Jangan sampai karena ingin membuktikan ketangguhan sebagai pria, justru terkena masalah kesuburan (mandul) dan impotensi akibat konsumsi alkohol. Oleh sebab itu, konsumsi alkohol secara berlebih harus dihindari.

Benarkah Alkohol Meningkatkan Gairah Seksual?

Alkohol kerap dianggap sebagai peningkat gairah seksual. Bahkan banyak pasangan yang mengkonsumsi minuman ini sebelum melakukan hubungan suami istri untuk meningkatkan gairah serta menambah performa seksual. Namun benarkah hal tersebut?

Mari cek faktanya:

Faktanya, konsumsi alkohol justru berisiko meningkatkan gangguan ereksi. Disfungsi ereksi merupakan suatu kondisi ketika pria sulit mencapai ereksi saat berhubungan seksual. Pada beberapa kasus, pria pecandu alkohol mampu mencapai ereksi, tapi tidak dapat mempertahankannya dalam waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan orgasme. Dalam sebuah penelitian, pria yang mengkonsumsi alkohol dan mengalami disfungsi ereksi kesulitan mencapai orgasme.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan gairah dan menambah performa seksual, sangat disarankan untuk bukan dengan konsumsi alkohol sebab bahaya konsumsi alkohol sangat besar. Sahabat Sehat bisa mencoba meningkatkan performa seksual dengan cara mulai rutin berolahraga, makan makanan bergizi, serta beristirahat yang cukup.

Mengapa Alkohol Menyebabkan Disfungsi Ereksi?

Kadar alkohol yang dikonsumsi dapat mempengaruhi hormon testosterone pada tubuh pria, sehingga terjadi penurunan gairah seksual. Saat ereksi, penis yang tegang akan terisi oleh darah melalui pembuluh darah. Untuk menjaga agar aliran darah tetap penis tetap tegak, diperlukan sinyal agar suplai darah tetap mengalir selama proses ereksi.

Lihat Juga: Tes Kesehatan Sebelum Menikah untuk Pria

Namun sayangnya, cara kerja alkohol berbanding terbalik dengan cara mengacaukan sinyal otak. Akibatnya proses ereksi tidak berjalan baik. Alkohol tergolong sebagai zat depresan yang dapat menurunkan gairah seksual. Bahkan jika pria berhasil mencapai orgasme, hal ini dapat diakibatkan pengaruh alkohol dan bukan karena gairah seks yang meningkat. Artinya, seorang pria akan ketergantungan pada alkohol untuk mendapatkan ereksi ataupun orgasme.

Bahaya Lainnya Mengkonsumsi Alkohol dalam Jangka Panjang

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menghambat kinerja sistem peredaran darah dalam tubuh, terutama sistem aliran darah menuju penis. Kandungan alkohol juga berpotensi mengacaukan kinerja saraf tubuh dan otak yang dibutuhkan untuk mencapai ereksi sehingga menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi.

Bahaya lainnya yang masih disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih adalah terganggunya fungsi hipotalamus. Hipotalamus merupakan jaringan otak yang bekerja dalam mengatur pelepasan hormon melalui kelenjar hipofisis. 

Hipotalamus yang terganggu dapat menyebabkan meningkatnya gairah seksual, akan tetapi juga menurunkan kinerja seksual. Alkohol dapat menekan pelepasan hormon gonadotropin dan hipofisis sehingga mengganggu proses spermatogenesis dan menekan hormon testosteron. Selain itu, sel sperma yang membawa alkohol sampai ke sel telur juga akan merusak embrio yang telah terbentuk sehingga akan menyebabkan terjadinya kelainan bawaan bahkan risiko keguguran. 

Nah Sahabat Sehat, itulah dampak dan bahaya konsumsi alkohol bagi pria. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan memang sangat membahayakan tubuh. Meski demikian, hal ini akan kembali normal jika Sahabat Sehat mulai berhenti mengkonsumsi alkohol. Oleh karenanya, agar terhindar dari berbagai bahaya yang telah disebutkan diatas, alangkah baiknya jika Anda mulai menghindari konsumsi alkohol dari sekarang. 

Jika Sahabat Sehat memerlukan pemeriksaan kesehatan (Medical Check Up) maupun pemeriksaan kualitas sperma, segera manfaatkan layanan Prosehat dan Klinik Kasih.

Dapatkan layanan pemeriksaan kualitas sperma, Check: Layanan Pemeriksaan Kualitas Sperma

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Chris M, Farrokh M. Why Boozing Can Be Bad for Your Sex Life – Erectile Dysfunction Center – Everyday Health [Internet]. USA : Everyday Health; [cited 2021 Nov 05].
  2. Live Strong. Can Alcohol Cause Erectile Dysfunction? [Internet]. USA : Live Strong; [cited 2021 Nov 05].
  3. American Addiction Centers. The Effects of Alcohol On Your Body: Side Effects, Dangers & Health Risks [Internet]. USA : American Addiction Centers; [cited 2021 Nov 05].

Chat Asisten ProSehat aja