Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Makanan Mencegah Kebotakan Pada Pria

Rambut yang rontok mungkin merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap orang. Namun, jika rambut yang rontok tersebut terlalu banyak dan menyebabkan rambut menjadi tipis hingga menuju pada kebotakan,tentunya akan sangat mengganggu penampilan Anda, bukan ?

Banyak sekali yang menjadi penyebab rambut rontok hingga kebotakan, dari mulai faktor genetik, stres atau banyak pikiran, kurang nya nutrisi, minum – minuman beralkohol dan juga merokok. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk melakukan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi, yaitu dengan mulai merawat rambut, baik itu melakukan perawatan dari dalam maupun dari luar. Perawatan dari luar dapat menggunakan bahan – bahan alami, seperti lidah buaya. Adapun perawatan dari dalam yang tak kalah pentingnya, Anda dapat melakukannya dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat mencegah kerontokan hingga kebotakan pada rambut, diantara makanan tersebut diantaranya yaitu :

Bayam

sayur bayam

Bayam memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi di dalamnya. Selain itu, kandungan vitamin A dan C nya juga sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan juga menjaga kekuatan rambut sehingga tidak mudah dan rontok. Yuk, mulai sekarang konsumsi bayam secara rutin!

Baca Juga: Jenis Buah dan Sayur yang Baik Untuk Otak Anak

Brokoli

Kandungan zat besi dan nutrisi lainnya pada brokoli juga sangat baik untuk merawat dan menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah patah dan rontok.  Brokoli bisa Anda jadikan pilihan pada menu sarapan, cemilan serta makan malam Anda. Selain mampu mencegah kebotakan, juga sangat baik untuk melengkapi gizi dan nutrisi pada tubuh.

Ikan Tuna

Ikan tuna selain nikmat juga kaya akan kandungan gizi nya. Salah satunya yaitu omega 3 yang terkandung di dalamnya yang sangat baik untuk rambut. Omega 3 pada tuna ini mampu menutrisi batang rambut dan juga akar rambut, sehingga mencegah  dari kerusakan, kerapuhan serta kerontokan pada rambut.

Gandum

Siapa yang suka sarapan dengan gandum? Gandum itu ternyata memiliki kandungan omega 6, serat dan juga beta glucan yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut serta memperkuat folikel rambut, sehingga dapat mencegah rambut dari kebotakan.

Kacang – kacangan

Kacang – kacangan seperti kacang almond memiliki kandungan magnesium dan juga biotin yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Dengan baik nya pertumbuhan rambut, membuat rambut Anda terhindar dari resiko kebotakan.

Baca Juga: Cara Mudah Bakar 500 Kalori Agar Terbebas dari Diabetes

Stroberi

Stroberi yang memiliki bentuk dan warna yang cantik, ternyata tidak hanya tampilan nya saja yang cantik, tapi kandungan di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral silica yang ada di dalamnya sangat berperan penting dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Daging merah

Ferritin yang terdapat pada daging merah, perannya sangat untuk mencegah kerontokan pada rambut serta merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, jika ingin mengurangi resiko dari kebotakan, konsumsilah daging merah paling tidak seminggu sekali.

Baik, itulah tadi beberapa makanan ampuh cegah kebotakan. Semoga bermanfaat!

instal aplikasi prosehat

Referensi :

  1. Ratnasari ED. 5 Makanan pencegah kebotakan. 2018. [Internet]. Available at: cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180417193843-255-291520/5-makanan-pencegah-kebotakan (1.12.18)
  2. Surya F. Yuk kepoin 5 makanan pencegah kebotakan. 2018. [Internet]. Available at: grid.id/read/04203974/yuk-kepoin-5-makanan-pencegah-kebotakan?page=2 (1.12.18)

 

WhatsApp Asisten Maya saja