Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

A-Z Tentang Wasir (Hemoroid)

Hemoroid atau biasa disebut wasir adalah pembengkakan pembuluh darah dari di anus dan rektum bagian bawah Sobat. Wasir memiliki sejumlah penyebab meskipun seringkali tidak diketahui. Salah satu penyebabnya seperti terlalu kuat mengejan saat buang air besar atau peningkatan tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan. Wasir dapat terletak di dalam rektum (wasir internal) atau dapat juga berkembang di bawah kulit sekitar lubang anus (wasir eksternal).

Wasir sangat umum terjadi. Hampir 3 dari 4 orang dewasa dapat menderita wasir dari waktu ke waktu. Terkadang penyakit ini tidak menyebabkan gejala tapi di lain waktu dapat menyebabkan gatal, rasa tidak nyaman dan berdarah. Terkadang dapat terbentuk gumpalan pada wasir (wasit thrombosed). Hal ini tidak berbahaya tapi menimbulkan rasa nyeri hebat dan kadang-kadang perlu ditusuk dan dikeringkan.

Gejala – gejala yang dapat terjadi pada hemoroid seperti:

  • Pendarahan tanpa rasa sakit selama buang air besar. Sobat mungkin melihat sejumlah kecil darah berwarna merah cerah saat buang air besar
  • Gatal atau iritasi di sekitar daerah anus
  • Rasa sakit atau tidak nyaman
  • Bengkak di sekitar anus
  • Benjolan di dekat anus, yang mungkin dapat sensitif dan menyakitkan.

Baca Juga: 9 Tips Mengusir Perut Kembung

Gejala dari hemoroid juga biasanya tergantung pada lokasi. Pada wasir internal, pembengkakan terjadi di dalam dubur. Sobat biasanya tidak dapat melihat atau merasakan wasir ini, dan jarang menyebabkan rasa tidak nyaman. Tetapi saat mengejan atau iritasi saat buang air besar dapat merusak permukaan wasir dan menyebabkan perdarahan. Terkadang mengejan dapat mendorong wasir internal melalui lubang anus. Hal ini disebut sebagai wasir yang menonjol atau prolapse dan dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

Pada wasir eksternal, pembengkakan terjadi di bagian bawah kulit di sekiter anus. Ketika teriritasi, wasir dapat menyebabkan rasa gatal yang luar biasa dan berdarah.

Wasir thrombosis menyebabkan darah terkumpul dalam wasir eksternal dan membentuk gumpalan yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, pembengkakan, peradangan dan benjolan keras di dekat anus.

Baca Juga: Hindari 7 Makanan Jika Sering Terjadi Kembung Pada Anak

Penyebab dari wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus yang cenderung meregang di bawah tekanan. Penyebab peningkatan tekanan sebagai berikut:

  • Mengejan saat buang air besar
  • Duduk dalam waktu yang lama di toilet
  • Diare yang terjadi dalam waktu lama atau sembelit
  • Kegemukan
  • Kehamilan
  • Hubungan seks melalui anus
  • Diet rendah serat

Wasir sering terjadi karena penuaan yang menyebabkan jaringan yang mendukung pembuluh darah di dubur dan anus Sobat melemah dan meregang.

Jika wasir tidak diobati, dapat menyebabkan anemia karena perdarahan melalui wasir, sehingga darah di dalam tidak mencukupi untuk membawa oksigen di dalam tubuh.

Cara terbaik untuk mencegah wasir adalah dengan menjaga tinja tetap lunak sehingga mudah dikeluarkan. Pencegahan wasir dapat dilakukan dengan:

  • Makan makanan tinggi serat. Makan makanan jenis buah, sayur dan biji – bijian lebih banyak. Hal ini dapat membantu melunakkan tinja dan menambah beratnya, sehingga mempermudah saat buang air besar. Tambahkan menu serat di dalam makanan Sobat secara perlahan untuk menghindari masalah terbentuknya gas di dalam perut.
  • Minum banyak cairan. Minumlah 6 hingga 8 gelas air dan cairan lainnya (bukan alkohol) setiap hari untuk membantu menjaga tinja tetap lembut.
  • Pertimbangkan suplemen serat. Kebanyakan orang tidak mendapatkan asupan serat yang cukup yaitu 25 gram sehari untuk wanita dan 38 gram sehari untuk pria dalam makanan mereka. Jika Sobat mengonsumsi asupan serat, pastikan Sobat meminum setidaknya 8 gelas air atau cairan lain setiap harinya. Jika tidak, suplemen tersebut dapat menyebabkan konstipasi atau malah memperburuk konstipasi.
  • Hindari mengejan. Mengejan atau saat Sobat mengeluarkan tinja dapat menciptakan tekanan yang lebih besar pada pembuluh darah di rektum bawah.
  • Buang air besar saat Sobat merasakan dorongan. Jika Sobat menunggu terlalu lama saat buang air besar, tinja dapat berubah menjadi kering dan lebih sulit untuk dilewati.
  • Tetap aktif dapat membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada vena yang dapat terjadi ketika berdiri ataupun duduk dalam waktu lama. Olahraga juga dapat membantu Sobat menurunkan berat badan berlebih yang mungkin dapat berkontribusi terhadap wasir.
  • Hindari duduk dalam waktu lama. Duduk dalam waktu yang lama, terutama di toilet dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.1,3

Jika Sobat memiliki gejala-gejala hemoroid, carilah tenaga medis untuk membantu. Namun mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Untuk informasi kesehatan lainnya, bisa diperoleh melalui www.prosehat.com atau install aplikasi di google play atau app store. Atau jika Anda membutuhkan produk kesehatan, dapat menghubungi (Maya) Asisten Kesehatan ProSehat, Telp/SMS/WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga. Salam sehat.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka

  1. Hemorrhoids – mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268 , diakses pada 16-1-2019
  2. Hemorroids 101: Causes, Symptomps, Treatment, and Prevention – everydayhealth.com/hemorrhoids/guide/ ,diakses pada 16-1-2019
  3. What Are Hemorroids? – webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-basics#1 , diakses pada tanggal 16-1-2019
  4. Hemorroids and what to do about them – health.harvard.edu/diseases-and-conditions/hemorrhoids_and_what_to_do_about_them ,diakses pada tanggal 16-1-2019
  5. What IS Constipation? – webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-constipation#1 ,diakses pada tanggal 16-1-2019

Chat Asisten ProSehat aja