Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Tips Hidup Sehat Bagi Penderita Hemofilia

Hemofilia merupakan salah satu jenis kelainan bawaan yang menyebabkan adanya gangguan pembekuan darah, ditandai dengan kulit yang mudah memar, bengkak, nyeri sendi, hingga pendarahan. Kondisi ini dapat menurunkan jumlah darah dalam tubuh, dan bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan kematian.

tips hidup sehat bagi penderita hemofilia

Baca Juga: Risiko Perdarahan Pada Pasien Covid-19

Bagaimana cara agar penderita hemofilia tetap dapat beraktivitas sehari-hari ? Sahabat Sehat, mari simak tips hidup sehat bagi penderita hemofilia berikut!

1. Rutin Berolahraga

Penderita hemofilia tetap dapat berolahraga untuk menjaga berat badan serta meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Pilih jenis olahraga seperti berenang, berjalan santai, dan bersepeda.

2. Hati-Hati Dalam Konsumsi Obat

Para penderita hemofilia disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Hindari obat seperti warfarin dan heparin yang merupakan jenis obat pengencer darah.

Obat yang dijual bebas seperti aspirin dan ibuprofen juga sebaiknya dihindari, obat asetaminofen dinilai lebih aman dikonsumsi penderita hemofilia untuk menghilangkan rasa sakit. Pada dasarnya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat.

Produk Terkait: Jual Obat Bebas

3. Jaga Kebersihan Gigi

Jaga kebersihan gigi dan gusi untuk menghindari pendarahan di rongga mulut. Periksakan gigi ke dokter gigi setiap minimal 6 bulan sekali.

Baca Juga: Penyakit Gigi dan Gusi yang Sering Terjadi dan Penanganannya

4. Waspada Saat Beraktivitas

Bagi penderita hemofilia, baik dewasa maupun anak-anak disarankan lebih berwaspada saat beraktivitas. Kenakan sabuk pengaman saat berkendara, dan atur rumah serta furnitur agar tidak ada sudut tajam yang dapat menimbulkan luka.

5. Vaksinasi

Tips hidup sehat bagi penderita hemofilia yang terakhir adalah dengan melakukan vaksinasi tahunan, misalnya vaksin Hepatitis A dan Hepatitis B sebagai salah satu cara mencegah terinfeksi penyakit.

Baca Juga: Virus Hepatitis A, Mulai dari Penyebab hingga Pengobatan

Sahabat Sehat dapat memperoleh vaksinasi, dan layanan vaksin ke rumah dari Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. developer m. Tetap Produktif meski Hemofilia [Internet]. Mediaindonesia.com. 2021 [cited 15 April 2021]. Available from: https://mediaindonesia.com/humaniora/304315/tetap-produktif-meski-hemofilia
  2. Henderson W. 5 Tips for Healthy Living With Hemophilia [Internet]. Hemophilia News Today. 2021 [cited 15 April 2021]. Available from: https://hemophilianewstoday.com/2017/04/27/tips-for-healthy-living/

 

Chat Asisten ProSehat aja