Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Sakit Kepala Saat Berpuasa? Ini 9 Cara Mengatasinya!

Salah satu keluhan yang seringkali dialami saat berpuasa adalah munculnya sakit kepala, migrain, atau pusing. Hal tersebut diakibatkan karena Sahabat menahan rasa lapar dan haus yang menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan dan rendahnya gula darah.

sakit kepala saat berpuasa

Baca Juga: Siasati 8 Macam Penyakit Ini Saat Puasa

Ternyata tidak semua orang yang berpuasa akan mengalami sakit kepala, kondisi ini lebih sering dialami pada orang yang memiliki riwayat migrain atau sering mengalami sakit kepala. Hal ini dapat Sahabat atasi dengan mudah sehingga tidak perlu membatalkan puasa.

Sahabat, mari simak penjelasan di bawah ini untuk membantu mengatasi sakit kepala saat berpuasa!

1. Kurangi Minuman Berkafein  

Sahabat disarankan untuk mengurangi minuman berkafein seperti kopi, teh, maupun soda selama berpuasa karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan (dehidrasi), hingga naiknya asam lambung.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Sakit kepala yang dialami saat berpuasa, disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi akibat keluarnya histamin yang bertujuan untuk melindungi otak agar tidak kehabisan pasokan air dalam tubuh.

Akibatnya, Sahabat merasakan sakit kepala dan tubuh terasa lemas. Untuk mengatasinya, Sahabat disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa.

3. Hindari Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Sakit kepala saat berpuasa juga dapat diakibatkan karena tubuh kekurangan gula darah (hipoglikemia). Untuk mengatasinya cukup mudah, Sahabat dapat mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung gula seperti yoghurt, apel, anggur, dan lentil merah.

Baca Juga: 8 Makanan yang dianjurkan Saat Puasa

4. Mengoleskan Minyak Esensial

Ketika Sahabat merasakan sakit kepala saat berpuasa, Sahabat dapat mengoleskan minyak esensial atau aromaterapi ke pelipis yang dianggap mampu memberi efek menenangkan dan mengurangi timbulnya sakit kepala karena mengandung bahan alami seperti peppermint, eucalyptus, dan lavender.

Produk Terkait: Jual Owellness Boost Diffuser Oil

5. Mengompres Kepala

Berikan kompres air hangat di area yang nyeri, leher ataupun kepala untuk mengurangi ketegangan otot, peradangan dan meredakan sakit kepala.

6. Pijat

Memijat otot di area leher, kepala dan bahu dipercaya dapat membantu meringankan sakit kepala dan mengurangi ketegangan otot.

Produk Terkait: Layanan Fisioterapi ke Rumah

7. Latih Pernapasan

Cara lain yang dapat Sahabat lakukan untuk meredakan sakit kepala adalah dengan melatih pola pernapasan untuk memfokuskan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks.

8. Redupkan Cahaya

Faktor lain yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah akibat pancaran radiasi layar komputer dan kondisi psikis stress. Untuk mengatasinya sebaiknya Sahabat gunakan filter cahaya pada komputer, beristirahat sejenak dan redupkan cahaya dalam ruangan agar tubuh lebih rileks.

Baca Juga: 11 Cara Memantau Kesehatan Mata Saat WFH

9. Istirahat yang Cukup

Cara terakhir untuk meringankan sakit kepala adalah dengan beristirahat yang cukup sebab kurangnya jam istirahat dapat memicu timbulnya sakit kepala.

Baca Juga: 8 Solusi Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Fit Saat Puasa

Sahabat, itulah 9 cara mengatasi sakit kepala yang seringkali dialami ketika sedang berpuasa. Apabila Sahabat mengalami kendala selama berpuasa, silakan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter di Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Media K. Puasa Kok Jadi Sakit Kepala, Begini Cara Mengatasinya… Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 14 April 2021]. Available from: https://health.kompas.com/read/2020/04/25/121200568/puasa-kok-jadi-sakit-kepala-begini-cara-mengatasinya-?page=all
  2. Pinandhita V. Saran Dokter untuk Atasi Kliyengan Gara-gara Tensi Drop Saat Puasa [Internet]. detikHealth. 2021 [cited 14 April 2021]. Available from: https://health.detik.com/kebugaran/d-5528837/saran-dokter-untuk-atasi-kliyengan-gara-gara-tensi-drop-saat-puasa
  3. 8 Cara Atasi Sakit Kepala Saat Puasa, Tanpa Obat [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 14 April 2021]. Available from: https://www.liputan6.com/ramadan/read/4247296/8-cara-atasi-sakit-kepala-saat-puasa-tanpa-obat

 

Chat Asisten ProSehat aja