Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mitos vs Fakta: Minum Soda Susu dapat Membersihkan Nikotin dari Paru

Semuanya pasti sudah tahu donk, kalau merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Selain mengandung lebih dari 7000 zat kimia yang berbahaya yang akan dihisap oleh perokok, rokok juga merupakan faktor risiko terjadinya berbagai macam penyakit, tak terkecuali kanker. Penyakit lain yang diakibatkan rokok adalah penyakit paru kronis, penyakit metabolik dan jantung, dan sebagainya.

Di Indonesia, sekitar lebih dari 60 juta orang merupakan perokok aktif dan banyak diantaranya berumur 10 hingga 18 tahun. Kebayang donk, ke depannya generasi kita bisa-bisa menjadi generasi “Asap Rokok” dan generasi sakit. Lalu, apakah ada penetral zat-zat yang ada di rokok?

Beberapa waktu lalu kita sempat dikejutkan dengan beredarnya kabar bahwa minum soda susu dapat membersihkan nikotin yang ada di paru-paru. Benarkah?Mari kita lihat sama-sama penjelasannya. Bagaimana cara kerja nikotin dalam tubuh kita?jadi, ketika perokok menghirup asapnya, nikotin akan terserap melalui kulit dan permukaan mukosa hidung, mulut, paru dan menyebar ke otak. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan nadi dan tekanan darah. Nikotin juga aka nada di dalam tubuh hanya beberapa jam saja. 6 jam setelah merokok, nikotin yang tertinggal di tubuh sekitar 0,031 mg dari 1 mg nikotin yang dihisap.

Baca Juga: Wanita Harus Konsumsi 10 Makanan Ini

Tidak ada hubungan antara konsumsi soda susu dengan hilangnya nikotin di paru. Soda susu yang dikonsumsi tidak dapat menghilangkan nikotin yang ada di paru. Efek soda bagi tubuh justru sama-sama kurang baik dengan efek nikotin. Soda dapat meningkatkan risiko perlemakan di hati, penyakit jantung dan stroke, diabetes, batu ginjal, osteoporosis dan kanker pancreas.

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. US Food and Drug Administration. Cigarettes. 2019. Available at: fda.gov/TobaccoProducts/Labeling/ProductsIngredientsComponents/ucm482563.htm.
  2. jogja.tribunnews.com/2018/04/17/perokok-aktif-di-indonesia-capai-60-juta-orang-70-persennya-warga-miskin-dan-anak-anak
  3. Trimarchi M, Meeker-O’coneal A. How nicotine works. Available at: science.howstuffworks.com/nicotine1.htm
  4. Cooley J. How does soda do to your body?7 reasons to kick the habit. 2018. Available at: universityhealthnews.com/daily/nutrition/what-does-soda-do-to-your-body/

Chat Asisten ProSehat aja