Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mengapa Vaksin Flu Penting untuk Guru?

Penyakit influenza atau flu merupakan penyebab tersering seseorang alpa dari pekerjaannya. Tetapi, sayangnya masih banyak orang yang menganggap remeh penyakit ini karena sering disamakan dengan pilek biasa atau disebut juga selesma atau common cold.

Faktanya, seseorang yang terinfeksi influenza lebih berisiko mengalami sakit berat dibanding jika ia menderita selesma. Oleh sebab itu, vaksin flu diciptakan dan rutin diberikan setiap satu tahun sekali sebagai perlindungan.

Mengapa Vaksin Flu Penting untuk Guru

Mengapa Vaksin Flu Penting untuk Guru?

Vaksinasi bukan saja untuk anak-anak, orang dewasa pun memerlukannya. Salah satu jenis pekerjaan yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin flu adalah guru karena ia rutin berinteraksi dengan banyak siswa. Dengan vaksinasi, risiko penularan penyakit menjadi menurun dan anak-anak sebagai kelompok rentan juga terlindungi.

Influenza versus selesma

Sahabat Sehat, jangan samakan penyakit influenza dengan selesma. Dari segi gejala, keduanya memang memiliki kemiripan, tapi intensitasnya cukup berbeda. Berikut perbandingannya:

Gejala

Selesma/ Common cold

Influenza

Munculnya gejala

Tiba-tiba

Bertahap

Demam

Jarang Ada
Linu Sedikit

Ada

Meriang

Tidak biasa Sering

Lemah/ lelah

Kadang Ada
Bersin Ada

Jarang

Batuk/ dada tidak nyaman

Ringan-sedang Ada

Hidung tersumbat

Ada

Jarang

Nyeri tenggorokan

Ada

Jarang

Sakit kepala Jarang

Ada

 

Flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza dan menginfeksi saluran pernafasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Virus ini dapat menyebabkan sakit ringan hingga berat, dan pada kasus tertentu menyebabkan kematian karena komplikasi yang disebabkan.

Virus flu menyebar melalui droplet (cipratan air liur) saat orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara. Cipratan ini bisa mendarat di mulut atau hidung orang di dekatnya. Selain itu, virus flu juga bisa ditemukan pada permukaan barang yang bila tersentuh dan kemudian ia menyentuh mulut, hidung, atau mungkin matanya sendiri, ia berisiko tertular.

vaksin ke rumah, layanan ke rumah, vaksinasi di rumah aja

Sekolah menjadi tempat penyebaran flu

Virus flu banyak ditemukan di tempat-tempat umum dan ramai seperti sekolah, kantor, dan ruang publik. Influenza dapat memicu wabah di sekolah sehingga mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Walau kebanyakan orang yang terkena flu akan sembuh dalam beberapa hari hingga kurang dari dua minggu, sebagian lainnya akan mengalami komplikasi seperti paru-paru basah (pneumonia), beberapa di antaranya dapat mengancam jiwa dan mengakibatkan kematian.

Influenza adalah penyebab rawat inap terbanyak pada anak-anak dan dewasa daripada penyakit lain yang dapat dicegah oleh vaksin. Satu-satunya cara terbaik untuk melindungi dari flu dan potensi komplikasinya adalah agar guru dan anak-anak sama-sama melakukan vaksinasi influenza rutin setiap tahunnya dan menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

Baca Juga: Apa Saja Vaksin Yang Penting Sebelum Mulai Sekolah?

Vaksinasi di Prosehat

Sahabat Sehat, melihat mudahnya cara penularan flu, sudah semestinya kita melindungi diri dengan vaksinasi influenza. Jika semakin banyak yang divaksinasi dalam satu sekolah, akan semakin baik perlindungan terhadap penularan virus flu antar staff dan siswa.

Baca Juga: Vaksin Flu: Perlindungan Ekstra Bagi Anak dan Dewasa Saat Liburan

Bagi Sahabat Sehat yang ingin melakukan vaksinasi, Anda bisa memesan layanan ini melalui Chat Asisten Kesehatan Maya atau melalui website Prosehat. Layanan ini bisa dilakukan di Klinik Prosehat di Grand Wisata Bekasi dan Palmerah Jakarta Barat, atau di rumah untuk kenyamanan dan kemudahan Anda dan keluarga. Layanan vaksinasi Prosehat juga tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Ayo segera jadwalkan vaksinasi sebelum kembali ke sekolah! Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: dr. Nurul Larasati

 

Referensi

  1. CDC. Cold Versus Flu. 2021.
  2. Minnesota Department of Health. Influenza (Flu) in Schools. 2019.
  3. PAPDI. Jadwal Imunisasi Dewasa. 2021.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com