Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Bagaimana Mengobati Sakit Kepala Sebelah?

Apakah Sobat sering menderita sakit kepala sebelah? Bisa jadi Anda menderita migren. Menurut WHO, migren termasuk 1 dari 20 penyakit yang paling menimbulkan gangguan aktivitas. Sehingga, penderita sakit kepala sebelah sebaiknya memiliki pengetahuan tentang kondisi ini, agar dapat mencegah kambuh dan efektif dalam menerapkan cara-cara mengobati sakit kepala sebelah.

Migren merupakan salah satu jenis sakit kepala yang tidak memiliki penyebab spesifik. Migren yang ‘klasik’ didahului dengan gejala awalan yang berbagai macam, misalnya gangguan pandangan (silau atau kabur), gangguan bicara, gangguan perilaku, perubahan mood, gangguan memori, mual, gangguan pendengaran, penciuman, dan lain-lain. Meskipun begitu, sebagian besar penderita migren tidak memiliki gejala awalan.

Meski penyebab migren belum diketahui dengan pasti, tapi serangan migren memiliki banyak faktor pemicu yang terbagi atas faktor-faktor luar tubuh dan faktor-faktor dalam tubuh. Contoh faktor dalam tubuh, misalnya, hormon (pada wanita dapat berupa masa menstruasi, ovulasi, alat KB hormonal), psikologis (stres, cemas, ketakutan, depresi), dan pola tidur (kurang tidur, terlalu banyak tidur). Faktor eksogen misalnya cuaca, sinar, gerakan, suara bising, makanan dan minuman.

Baca Juga: 6 Tips Meredakan Sakit Kepala

Penatalaksanaan sakit kepala sebelah terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu menghindari pencetus, terapi segera serangan akut, dan terapi pencegahan migren. Terapi serangan migren dan terapi pencegahan tentunya diberikan oleh dokter Anda. Apabila benar Sobat menderita migren, ada kemungkinan bahwa terapi yang Anda butuhkan tidak dapat dibeli bebas di apotek. Di sini, kita akan berfokus pada cara mengobati sakit kepala sebelah yang dapat Anda lakukan sendiri, yaitu menghindari pencetus.

Catat Sakit Kepala Sebelah Anda

Seringkali penderita migren tidak mengetahui apa faktor pencetus serangan migrennya. Ya, sebagian kasus migren memang tidak memiliki pencetus. Namun, alangkah baiknya Anda mengetahui dengan pasti pencetus migren Anda, sehingga dapat menghindarinya apabila migren Anda memang memiliki pencetus. Apa yang mencetuskan serangan nyeri kepala pada Anda berbeda dengan pencetus serangan nyeri kepala pada orang lain.

Baca Juga: 5 Herbal Sakit Kepala yang Sehat dan Aman

Anda dapat mulai menulis ‘buku harian sakit kepala’, yaitu catatan mengenai kapan saja Anda mengalami sakit kepala, gejala-gejala apa yang Anda alami di sekitar waktu nyeri kepala tersebut, serta kejadian-kejadian apa yang mendahuluinya. Apakah Anda mengonsumsi makanan atau minuman tertentu? Apakah Anda selalu sedang mengalami beban kerja berat ketika nyeri itu akan muncul? Berapa jam waktu tidur Anda sebelum nyeri kepala Anda muncul? Ingat bahwa terdapat jangka waktu hingga 24 jam sejak adanya pencetus hingga muncul nyeri kepala.

Terkadang, pencetus migren merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari, misalnya perubahan cuaca, stres, atau masa tertentu siklus menstruasi pada wanita. Namun, pengetahuan akan pencetus spesifik migren dapat membantu Sobat mengantisipasi serangan nyeri kepala.

Hindari Pencetus Tersering Sakit Kepala Sebelah

Meski pencetus nyeri kepala sebelah bagi tiap orang berbeda-beda, beberapa hal lebih sering berperan sebagai pencetus daripada hal lainnya. Bila Sobat belum mengetahui pencetus spesifik nyeri kepala sebelah Anda, lakukan hal-hal berikut sebagai usaha awal menghindari serangan nyeri kepala sebelah:

Kurangi stres

Pada suatu penelitian yang dilakukan pada dua ratus orang, ditemukan bahwa pencetus tersering adalah stres emosional. Apabila Anda penderita sakit kepala sebelah, Anda perlu lebih sadar akan hal-hal yang membuat Anda stres dan menghindarinya.

Makan teratur

Lupa makan juga termasuk satu penyebab tersering timbulnya migren. Pertahankan pola makan yang sehat dan teratur. Selain mencegah sakit kepala sebelah, pola makan yang sehat dan teratur juga baik untuk keseluruhan kesehatan Anda.

Perhatikan pola tidur Anda

Perubahan pola tidur dari kebiasaan normal Anda, baik itu terlalu banyak maupun terlalu sedikit tidur, dapat mencetuskan migren. Kenali pola tidur biasa Anda, dan hindari melakukan perubahan-perubahan mendadak.

Baca Juga: Ternyata Kurang Tidur Picu Kanker Payudara

Makanan dan Minuman Ini Sering Mencetuskan Sakit Kepala Sebelah:

Sesuai yang telah disebutkan sebelumnya, makanan dan minuman merupakan salah satu dari pencetus migren. Makanan atau minuman pencetus berbeda-beda bagi tiap orang, tetapi berikut ini merupakan kemungkinan pencetus terbesar. Bila Anda mengetahui dengan pasti bahwa suatu makanan tertentu mencetuskan sakit kepala Anda, hindari makanan tersebut sepenuhnya!

Keju

Keju tua, seperti blue cheese, feta, dan brie, mengandung tiramin. Tiramin merupakan substansi yang terbentuk saat proses penuaan makanan memecah kandungan proteinnya. Makanan lain yang tinggi tiramin adalah makanan yang diacar atau difermentasikan, misalnya acar dan kimchi. Makanan tinggi tiramin terasosiasi dengan timbulnya serangan sakit kepala sebelah.

Kafein

Pada beberapa penderita migren, kopi dapat merupakan pencetus migrennya. Namun, bila Anda seorang peminum kopi, tiba-tiba menghentikan konsumsi kopi yang mencetuskan fenomena withdrawal juga dapat merupakan penyebab sakit kepala Anda.

Alkohol

Alkohol merupakan salah satu penyebab tersering sakit kepala sebelah. Biasanya, orang-orang yang menderita migren karena alkohol akan mengalaminya pada fase withdrawal, misalnya beberapa jam setelah kadar alkohol darah berkurang.

Cokelat

Kurang lebih seperlima penderita migren menyatakan cokelat sebagai salah satu pencetus migren mereka. Biasanya, semakin tinggi kandungan kokoanya, semakin mungkin perannya sebagai pencetus sakit kepala.

Pemanis buatan

Pemanis buatan sering digunakan bagi penderita kencing manis sebagai pengganti gula alami. Namun, ternyata pemanis buatan terhubung dengan migren.

Makanan mengandung pengawet

Monosodium glutamate (MSG) merupakan salah satu jenis pengawet yang sering kita dengar. MSG ternyata terasosiasi dengan timbulnya nyeri kepala. Selain MSG, pengawet-pengawet lain juga mungkin menimbulkan nyeri kepala pada beberapa orang. Contoh pengawet lain yang diduga sering menimbulkan nyeri kepala sebelah adalah nitrat, yaitu pengawet yang sering ditemukan pada daging terproses seperti ham dan sosis.

Baca Juga: Sakit Kepala Tak Kunjung Reda? Coba Makanan Ini

Mengobati sakit kepala sebelah dapat merupakan proses yang penuh tantangan. Langkah awal termudah (dan mungkin terpenting) adalah mendokumentasikan nyeri kepala sebelah Anda untuk mengetahui pencetus pribadinya. Selain itu, secara umum pertahankan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Kebanyakan pencetus migren termasuk dalam pola hidup yang tidak teratur dan makanan-makanan mengandung bahan aditif atau buatan.

Nah, Sobat kini sudah lebih memahami masalah sakit kepala sebelah. Jika masih membutuhkan informasi kesehatan lainnya, bisa mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat untuk mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Info lanjut bisa menghubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS/WhatsApp: 0811-18-16-800 sekarang juga. Salam sehat.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka

  1. Migraine and Diet [Internet]. American Migraine Foundation. [dikutip 17 September 2018]. Tersedia pada:  americanmigrainefoundation.org/understanding-migraine/migraine-and-diet/
  2. Living With Migraine: Diet and Migraine [Internet]. American Migraine Foundation. [dikutip 17 September 2018]. Tersedia pada: americanmigrainefoundation.org/understanding-migraine/living-with-migraine-diet-and-migraine/
  3. Bartleson JD, Cutrer FM. Migraine update. Diagnosis and treatment. Minn Med. 2010;93(5):36–41.
  4. Martin PR. Behavioral Management of Migraine Headache Triggers: Learning to Cope with Triggers. Curr Pain Headache Rep. 1 Juni 2010;14(3):221–7.
  5. Andress‐Rothrock D, King W, Rothrock J. An Analysis of Migraine Triggers in a Clinic-Based Population. Headache J Head Face Pain. 1 September 2010;50(8):1366–70.
  6. 10 Foods That Trigger Migraines [Internet]. [dikutip 17 September 2018]. Tersedia pada:  healthline.com/health/foods-that-trigger-migraines
  7. Dito Anurogo. Penatalaksanaan Migren. CDK. 2012;39(10):731–7.
  8. Isti Suharjanti. Strategi Pengobatan Akut Migren. CDK. 2013;40(2):87–91.

WhatsApp Asisten Maya saja