Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Manfaat Yoga Atasi Gangguan Otot Akibat Kerja & Belajar Dari Rumah

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Selama masa pandemi Covid-19, Pemerintah menganjurkan untuk bekerja dan belajar dari rumah. Aktivitas yang dilakukan dirumah saja, tidak hanya berdampak pada kondisi psikologis namun turut berdampak pada kondisi otot tubuh. Nah Sahabat Sehat, mari cari tahu lebih lanjut mengenai dampak kerja dan belajar dari rumah pada otot tubuh beserta cara mengatasinya.

Gangguan Otot Akibat Bekerja & Belajar Dari Rumah

Selama masa pandemi Covid-19, mungkin tidak jarang Sahabat Sehat merasa lelah dan nyeri otot akibat bekerja dan proses belajar mengajar yang dilakukan dari rumah. Hal ini dipengaruhi karena sebelumnya rumah tidak dikondisikan sebagai tempat kerja dan ruang belajar, sehingga meja dan kursi yang digunakan tidak ergonomis.

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Saat WFH

Lingkungan kerja dan ruang belajar yang ergonomis, didesain agar meningkatkan kenyamanan dan optimalisasi dalam bekerja dan proses belajar mengajar. Jika meja dan kursi tidak ergonomis, dapat menyebabkan nyeri punggung, nyeri leher, sindrom terowongan karpal, radang tendon, hingga radang sendi. Selain itu, posisi tidak nyaman dalam kurun waktu yang lama dapat memperburuk keluhan tersebut.

Baca Juga : Panduan Ergonomi Saat WFH

Manfaat Yoga Atasi Gangguan Otot

Salah satu cara dalam mengatasi gangguan otot adalah dengan melakukan yoga. Selain itu, yoga turut dapat membantu mengatasi gangguan stress dan melatih pola pernafasan. 

Baca Juga : 7 Pose Yoga untuk Mencegah Osteoporosis

Melakukan yoga di rumah selama masa pandemi Covid-19 dipercaya mampu membantu mengatasi stress dan gangguan otot akibat bekerja dan belajar dari rumah. Berikut beberapa manfaat yoga bagi tubuh yang perlu Sahabat Sehat ketahui :

  • Mengatasi nyeri pada otot dan sendi

Jika Sahabat Sehat duduk dan menatap layar komputer dalam waktu lama, dapat menyebabkan otot leher dan punggung terasa nyeri. Sahabat Sehat sebaiknya beristirahat selama beberapa menit dan lakukan gerakan yoga yang mudah, seperti posisi “cat-cow” untuk meregangkan otot tulang belakang.

  • Meningkatkan energi

Jika Sahabat Sehat merasa lesu setelah seharian bekerja, lakukan yoga dengan pose seperti “pohon” atau mencengkram bata yoga diatas kepala. Gerakan yoga dapat membantu melatih pernafasan dan mengembalikan energi tubuh.

  • Melatih kekuatan

Selama masa pandemi Covid-19, tidak jarang pusat kebugaran ditutup sementara atau dibatasi jumlah kunjungan hariannya. Sahabat Sehat tetap dapat melatih kekuatan dan kelenturan otot dengan melakukan yoga. 

  • Menjaga kesehatan mental

Tidak jarang orang menjadi mudah stress akibat dampak pandemi Covid-19. Sahabat Sehat dapat melakukan yoga untuk memfokuskan pikiran dan mengembangkan pandangan hidup yang positif. Lakukan gerakan yoga dengan pose “bayi” dan rasakan perlahan stress mulai mereda.

Produk Terkait : Fisioterapi

Sahabat Sehat tetap perlu ingat untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum melakukan yoga. Selain itu tetap jaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi buah, sayur, multivitamin dan menerapkan protokol kesehatan 5 M (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi).

Nah Sahabat Sehat, ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi gangguan otot selama bekerja dan belajar dari rumah dengan melakukan yoga? Mari ikuti Workshop dan Webinar Dies Natalis Unika Atma Jaya ke 61 dengan tema “Tips Menghadapi Dinamika Covid-19 Dalam Dunia Sekolah, Kuliah, dan Kerja” dengan pembicara Dr. Yap Fu Lan, Debri Pristinella,S.Psi.,M.Si serta dr.Angela Shinta Dewi Amita,Sp.M. Acara ini Gratis ! Silakan daftar segera di : http://s.id/prosehat050621

Jika Sahabat Sehat ada keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Mun Y. The Aches and Pains of Working from Home [internet]. Singapore : Health Plus; 2020 [updated 2020 Dec 10; cited 2021 May 28]. Available from : https://www.gleneagles.com.sg/healthplus/article/aches-pains-wfh
  2. Gaba D. Importance of Yoga During This Pandemic [internet]. India : Sarvodaya Healthcare; 2020 [updated 2020 Jun 23; cited 2021 May 28]. Available from : https://sarvodayahospital.com/blog/importance-of-yoga-during-this-pandemic#:~:text=Yoga%20during%20the%20pandemic&text=It%20helps%20us%20build%20a,physically%20strong%20and%20mentally%20balanced.
  3. Decathlon. Manfaat Olahraga Saat Pandemi Korona [internet]. Indonesia : Decathlon Blog; 2021 [updated 2021 Mar 8; cited 2021 May 28]. Available from : https://blog.decathlon.co.id/blog/manfaat-olahraga-yoga-saat-pandemi-korona

Chat Asisten ProSehat aja