Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Rajin Minum Susu Bagi Lansia

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Banyak Manfaat Didapatkan Dari Rajin Minum Susu Bagi Lansia

Minum susu bukan hanya penting bagi anak-anak dan remaja. Lansia juga dapat merasakan segudang manfaat kesehatan dari rajin minum susu. Manfaat yang didapat terutama dari sisi kesehatan.

Apa saja yang menjadi manfaat rajin minum susu bagi lansia? Penyakit apa saja yang bisa dicegah dengan rajin minum susu? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Proses Perubahan Biologis Pada Lansia

Proses menua merupakan wajar bagi setiap manusia. Proses menua berlangsung secara alamiah, terus menerus dan berkesinambungan sehingga mempengaruhi fungsi dan kemampuan tubuh secara keseluruhan. Faktor yang mempercepat proses penuaan dibedakan menjadi faktor internal yang ada di dalam tubuh, maupun faktor eksternal seperti salah satunya adalah asupan makanan.1

Sahabat Sehat, berikut adalah berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh seorang lansia:

Berkurangnya Massa Otot

Tubuh mulai kehilangan massa otot, namun massa lemak bertambah. Selain itu, jumlah cairan tubuh berkurang sehingga kulit terlihat mengkerut dan kering. Tulang menjadi mudah rapuh dan rentan alami patah tulang.

Menurunnya Kemampuan Perasa

Menurunnya fungsi indra perasa berkaitan dengan rendahnya kadar zink dalam tubuh, sehingga dapat berpengaruh pula pada berkurangnya nafsu makan.

Gangguan Penglihatan

Usia lanjut kerap mengalami katarak, yang merupakan gangguan pada lensa mata akibat proses penuaan. Katarak pada usia lanjut sering dihubungkan dengan kekurangan vitamin A, C dan asam folat.

Gangguan Mengunyah

Gigi-geligi yang mulai tanggal menyebabkan gangguan fungsi mengunyah yang mengakibatkan kurangnya asupan makanan pada lanjut usia.

Menurunnya Enzim Pencernaan

Enzim yang berperan dalam sistem pencernaan mulai berkurang pada usia lanjut. Nafsu makan dan kemampuan penyerapan zat-zat gizi juga menurun terutama lemak dan kalsium. Menurunnya sekresi kelenjar ludah mengurangi kemampuan mengunyah dan menelan makanan.

Menurunnya Gerakan Usus

Penurunan gerakan usus menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, seperti perut kembung, nyeri perut, dan susah buang air besar. Hal ini menyebabkan menurunnya nafsu makan pada lansia.

Akibat berbagai hal yang terjadi pada tubuh lansia, maka Sahabat Sehat perlu memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari. Salah satu asupan makanan yang dapat Sahabat Sehat berikan untuk lansia adalah susu.

Manfaat Minum Susu Bagi Lansia

Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang lansia, dan turut mengandung vitamin D yang berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Kekurangan kalsium dan vitamin D dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan rentan mengalami patah tulang. Berikut adalah berbagai manfaat susu bagi lansia:

Mencegah Osteoporosis

Lansia beresiko mengalami osteoporosis seiring dengan pertambahan usia. Kandungan vitamin D dalam susu juga membantu tulang menjadi lebih padat sehingga mencegah osteoporosis. Dalam satu gelas susu, mengandung hingga 306 mg kalsium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian pada lansia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Susu mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah serta kerja otot jantung. Makanan dan minuman yang kaya akan kalium dapat mengurangi efek natrium didalam tubuh. Artinya, semakin banyak asupan kalium yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak natrium yang keluar dari urin.

Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis atau disebut juga dengan radang sendi, terjadi akibat kurangnya cairan pelumas sendi dan kondisi ini kerap dialami lansia. Kandungan kalsium, vitamin D serta protein dapat menurunkan resiko peradangan pada sendi.3-5

Menjaga Massa Otot

Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi lansia yang dibutuhkan untuk menjaga massa dan kekuatan otot, kesehatan tulang dan berbagai fungsi sistem gerak manusia lainnya. Susu merupakan salah satu sumber protein, yang dapat dikonsumsi lansia.2,3

Menjaga Kesehatan Kulit

Susu mengandung vitamin seperti riboflavin, vitamin B12 dan Vitamin A yang dapat membantu kesehatan dan kelembaban kulit, serta mengurangi kerutan halus.

Sahabat Sehat, dalam memilih susu untuk lansia sebaiknya perhatikan kandungan gula  dan lemak pada susu terutama jika memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes dan kolesterol.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai manfaat minum susu bagi lansia. Jika Sahabat Sehat memerlukan produk susu lansia, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Dinas Kesehatan Kulon Progo. Gizi untuk Lanjut Usia [Internet]. Indonesia : Dinas Kesehatan Kulon Progo; [cited 26 August 2021].
  2. JPNN. 5 Manfaat Minum Susu untuk Lansia [Internet]. Indonesia : JPNN. 2020 [updated 14 March 2020; cited 26 August 2021].
  3. Bae M. Top Benefits of drinking Milk in Old Age [Internet]. USA : Medium. 2019 [updated 29 May 2019; cited 26 August 2021].
  4. The Daily Beacon. Milk For Older People: What Are The Benefits? [Internet]. USA : The Daily Beacon. 2021 [updated 12 April 2021; cited 26 August 2021].

Chat Dokter 24 Jam