Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Tips Menu Sehat Cegah Anemia

Pernahkah Anda melihat orang yang terlihat pucat, lemah, letih dan lesu  ? atau Anda sendiri pernah mengalaminya? Hal tersebut adalah tanda – tanda dari anemia dan biasanya tanda – tanda lainnya adalah Anda akan merasakan pusing, mudah lelah dan mual. Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin yang terdapat di dalam  sel darah merah dan terjadi karena tubuh kita kekurangan zat besi, sehingga dengan kurang nya zat besi, tubuh menjadi berkurang dalam memproduksi hemoglobin. Hemoglobin memiliki fungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga hal tersebut menyebabkan seseorang yang mengalami anemia akan merasakan pusing, mudah lelah, lesu dan mual karena kekurangan pasokan oksigen.

Agar tubuh  kita ini tidak mengalami anemi,  maka harus mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung kaya akan zat besi.

Berikut adalah  beberapa daftar menu makanan yang kaya akan zat besi :

Daging merah

source: healthfreedoms

Daging merah seperti yang terdapat pada daging sapi, kambing, kerbau dan sejenisnya merupakan sumber zat besi yang sangat mudah kita dapatkan . Sekitar 100 gram daging merah saja sudah mencukupi 15% dari kebutuhan zat besi yang disarankan. Anda dapat mengonsumsi daging merah  seminggu 1 kali atau 2 kali. Anda dapat membuat menu sehat dari daging merah ini dengan berbagai macam olahan, seperti daging teriyaki, daging panggang atau yang lainnya,. Jangan lupa untuk menambahkan aneka macam sayuran sebagai pendampingnya.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Osteoporosis

Bayam

Siapa yang tidak tahu sayuran yang satu ini? Bayam merupakan sayuran yang sudah dikenal kaya akan kandungan vitamin, kalsium dan zat besi nya, yang tentunya sangat baik dalam mencegah anemia. Bila Anda mengonsumsi bayam secara rutin, maka kebutuhan zat besi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga produksi sel darah merah pun akan maksimal. Anda dapat membuat menu sehat dengan bayam, dengan mengolah nya menjadi sayur bayam atau bisa juga dengan menambahkannya pada omelet Anda.

Buah bit

Buah yang berwarna merah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik, diantaranya yaitu, asam folat, vitamin C, kalsium dan zat besi. Perpaduan antara asam folat serta zat besi di dalam nya mampu mencukupi produksi sel darah merah dalam tubuh tentunya, sehingga mencegah tubuh dari resiko terkena anemia. Buah ini dapat Anda olah dengan membuatnya menjadi jus sebagai tambahan pada menu sehat Anda.

Kurma

Mudah sekali untuk menemukan makanan yang mengandung kaya akan kandungan zat besi, seperti buah satu ini contohnya. Buah kurma ini mudah sekali didapat sehingga kita tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen sebagai penambah darah,, kita dapat mendapatkannya secara alami pada buah dan jug sayuran serta lauk pauk di sekitar kita. Tidak hanya sebagai makanan pencegah anemia, buah kurma memiliki banyak lagi kandungan gizi dan nutrisi di dalam nya yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Baca Juga: Ternyata 5 Menu Korea Ini Sangat Menyehatkan

Telur

Selain mengandung protein yang cukup tinggi serta omega 3, telur juga mengandung kaya akan zat besi di dalamnya. Sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsinya agar tubuh sehat dan tentunya terhindar dari anemia. Telur dapat kita olah dengan berbagai macam menu sehat, contohnya saja seperti omelet, macaroni schotel, tambahan pada sayur capcay dan yang lainnya.

Sangat mudah bukan menemukan sumber zat besi pada menu sehat yang ingin kita konsumsi? Jangan lupa pula untuk berolahraga secara rutin serta menjauhi rokok dan juga minum – minuman beralkohol, karena hal tersebut dapat menghambat produksi zat besi dalam tubuh.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja