Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ini Tips Meningkatkan Nafsu Makan Bagi Penderita Covid-19

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

makanan sehat puasa

Pandemi Covid-19 hingga kini belum dapat dipastikan kapan mulai mereda, mengingat angka kasus harian Covid-19 yang kian meningkat. Di tengah situasi pandemi Covid-19, masyarakat dihimbau untuk menerapkan pola hidup sehat.

Infeksi virus Covid-19 dapat memicu peradangan dalam tubuh penderita nya. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya ketidakseimbangan gizi (malnutrisi) pada penderita Covid-19.

Kebutuhan Nutrisi Penderita Covid-19

Infeksi Covid-19 dapat menimbulkan dampak menurunnya nafsu makan, gangguan kesadaran, hingga sesak nafas. Virus Covid-19 dapat berdampak pula pada saluran cerna, serta ditambah dengan kurangnya asupan nutrisi dapat mengakibatkan diare, mual, muntah hingga gangguan penyerapan makanan. Penting untuk diingat, bahwa dalam proses pemulihan dibutuhkan asupan nutrisi yang baik agar dapat memicu respon imunitas tubuh. 

Baca Juga : Benarkah Makanan ini Menyembuhkan Covid-19 Cek Faktanya disini

Nutrisi Ideal Bagi Penderita Covid-19

Berikut adalah berbagai menu makanan yang dapat dikonsumsi bagi Sahabat Sehat yang tengah menderita Covid-19 :

  • Menu Makan Pagi

Di pagi hari, Sahabat Sehat dianjurkan mengkonsumsi suplemen multivitamin dan antioksidan. Pilih menu sarapan seperti sereal gandum dan susu almond, kacang almond, kenari, dan buah ara, atau bisa diganti dengan kurma dan plum, alpukat, dan telur. Pilih minuman seperti air kelapa, madu, dan air jeruk untuk mendapatkan berbagai multivitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

  • Menu Makan Siang 

Pada siang hari, Sahabat Sehat sebaiknya memenuhi asupan nutrisi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Pilih gandum, ubi jalar, nasi merah sebagai sumber karbohidrat. Kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak, sebagai sumber protein. Konsumsi buah dan sayur sebagai sumber serat, vitamin, antioksidan, dan mineral seperti jeruk peras, jeruk bali, dan kiwi.

Jika Sahabat Sehat menyukai minuman herbal, maka kunyit dan wedang jahe juga dapat dikonsumsi.

  • Menu Makan Malam

Di Malam hari, Sahabat Sehat dapat mengkonsumsi aneka sup seperti sup kaldu tulang, sup sayur, telur, ikan bakar, umbi-umbian, olahan daging, dan sayur brokoli. Konsumsi makan malam dianjurkan minimal 3-4 jam sebelum waktu tidur. 

Bagi penderita Covid-19 yang berusia dewasa cenderung lebih mengerti pentingnya menjaga asupan gizi, meski sedang tidak nafsu makan. Namun, pada pasien anak membutuhkan usaha ekstra untuk memenuhi asupan gizi sehari-hari. 

Baca Juga : Imun untuk Lawan Corona

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Bagi Penderita Covid-19

Bagi Sahabat Sehat yang tengah menderita Covid-19 dan kini merasa kurang nafsu makan, sebaiknya coba beberapa tips berikut dirumah :

  • Konsumsi sup hangat. 

Buat aneka sup yang kaya akan rempah-rempah. Selain itu, untuk memudahkan Sahabat Sehat menelan makanan dapat dipilih sup labu hangat, bubur kacang hijau, maupun bubur ketan merah.

  • Konsumsi aneka buah 

Pada umumnya asupan makanan yang Sahabat Sehat konsumsi harus memiliki kalori yang berasal dari sumber makanan sehat dan alami, seperti buah dan sayur. 

  • Makan dalam porsi kecil namun sering.
  • Pilih makanan bertekstur lembut sehingga Sahabat Sehat lebih mudah dalam mengunyah dan menelan makanan.
  • Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. 
  • Berkumur dengan air bersih jika Sahabat Sehat menggunakan inhaler, agar menjaga higienitas rongga mulut.
  • Menghisap permen bebas gula atau rendah gula, untuk membantu memproduksi air liur.
  • Hindari makanan tinggi gula sebab dapat menimbulkan rasa kenyang palsu dan kurang bernutrisi. Sebaliknya, konsumsi makanan yang kaya karbohidrat, protein, dan serat untuk menjaga kesehatan tubuh dan saluran cerna.

Baca Juga : Panduan Nutrisi untuk Mencegah Virus Corona

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa tips meningkatkan nafsu makan bagi penderita Covid-19. Jika sahabat memiliki keluhan atau pertanyaan lainnya selama menjalani isolasi mandiri, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:

  1. Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Panduan Praktis Penatalaksanaan Nutrisi COVID-19 [Internet]. Indonesia : Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 2021 [updated 2020 April 20; cited 2021 July 13]. Available from : https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/panduan-praktis-penatalaksanaan-nutrisi-covid-19 
  2. Masyrafina I. Nafsu Makan Hilang Saat Positif Covid-19, Harus Bagaimana? [Internet]. Indonesia : Republika Online. 2021 [updated 2021 July 01; cited 2021 July 13]. Available from: https://www.republika.co.id/berita/qvin7f414/nafsu-makan-hilang-saat-positif-covid19-harus-bagaimana 

Dewi B. Tak Nafsu Makan Saat Positif Covid-19, Ini Saran Ahli untuk Memenuhi Nutrisi [Internet]. Indonesia : Kompas. Available from: https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/12/200706123/tak-nafsu-makan-saat-positif-covid-19-ini-saran-ahli-untuk-memenuhi?page=all

Chat Asisten ProSehat aja