Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Hindari 7 Makanan Pemicu Kolesterol

Di zaman millennial seperti sekarang ini banyak sekali tentunya makanan yang sangat hits dan instagramable yang membuat para kaum millennial menyukai sekali dunia kulineran. Namun tahukah Anda? Kalau ternyata semua makanan yang dijual tidak semuanya sehat dan layak dikonsumsi. Kita harus dapat memilah dan memilih mana makanan yang baik dikonsumsi untuk tubuh kita dan mana yang tidak baik dan tidak layak dikonsumsi oleh tubuh kita. Akibat nya jika kita tidak pandai dalam memilih makanan tersebut akan berdampak pada suatu kondisi yang disebut kolesterol tinggi yang banyak terjadi pada kaum muda pada zaman sekarang ini.

Pada dasarnya kolesterol merupakan suatu lipid atau lemak yang berperan penting dalam tubuh kita. Kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh seperti untuk memproduksi sejumlah hormon, vitamin D, empedu untuk memproses makanan, serta memproduksi berbagai zat yang membantu dalam proses pencernaan.Namun tentunya dalam kadar normal. Sebaliknya jika terlalu berlebihan kadar kolesterol dalam tubuh kita, maka akan berdampak pada kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit stroke bahkan jantung. Oleh karena itu, betapa pentingnya bagi kita untuk memperhatikan konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tersebut agar tidak berlebihan.

Berikut di bawah ini beberapa makanan pemicu kolesterol yang penting untuk diperhatikan dalam mengonsumsi nya :

  1. Junk food atau makanan cepat saji

Telah kita ketahui, bahwa makanan junk food atau cepat saji seperti burger dan sejenisnya merupakan makanan dengan kandungan gizi rendah dan memiliki kandungan kolesterol serta lemak jahat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya bagi kita untuk mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi junk food tersebut sebisa mungkin. Namun, jika ingin tetap mengonsumsi nya, ada baik nya untuk mengonsumsi nya dalam porsi kecil. Maka tidak dapat dipungkiri jika makanan junk food ini merupakan makanan penyumbang kolesterol yang cukup tinggi.

Baca Juga: 5 Indikator Jantung Sehat

  1. Es krim

Tahukah kalian? Bahwa semangkuk es krim ternyata mengandung kolesterol yang lebih tinggi dari makanan junk food lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang untuk mencoba mengganti menu es krim kita dengan yogurt dan juga buah – buahan, yang memiliki kandungan yang lebih sehat dan yang tak kalah nikmat tentunya.

  1. Kuning telur

Kuning telur ini tentu sudah tidak asing lagi, sebagai salah satu makanan yang terkenal dengan kandungan kolesterol nya yang tinggi. 1 butir kuning telur saja mengandung kurang lebih sebanyak 186 mg kolesterol. Hal tersebut tentunya penting bagi kita untuk memperhatikan dalam mengonsumsi nya agar tidak berlebihan.

  1. Daging merah

source: healthfreedoms

Daging merah kaya akan kandungan protein dan juga zat besi nya yang sangat baik dikonsumsi bagi para penderita anemia. Namun, pada daging merah ini telah terbukti memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Tidak hanya kolesterol, lemak jenuh pada daging merah ini pun tergolong lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging putih.Oleh karena itu, banyak para ahli dan peneliti kesehatan menyarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah dan menggantinya dengan jenis daging putih seperti pada ikan – ikanan dan juga ayam yang juga mengandung protein yang cukup tinggi serta memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan omega 3 yang cukup tinggi pula.

  1. Jeroan

Jeroan memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi dari daging merah. Oleh karena itu, saat mengonsumsi daging merah ada baik nya pilihlah daging yang bebas lemak dan jeroan, seperti pada bagian tenderloin.

  1. Hati

Hati merupakan tempat dimana dibuat kolesterol dalam tubuh serta penyimpanan nya.Tidak heran jika kandungan kolesterol dalam hati yang cukup tinggi.

Baca Juga: Hati – Hati Obesitas Pada Anak

  1. Mentega

Tentunya akan terasa lebih lezat lagi jika makanan yang kita konsumsi seperti ayam atau roti diberi margarin sebelum digoreng atau dipanggang. Namun tahukah Anda? Kalau mentega termasuk pada makanan yang mengandung kolesterol cukup tinggi? Sebab itulah disarankan untuk menggantinya dengan margarin yang mengandung lemak tak jenuh dan kandungan kolesterol lebih rendah.

Itulah tadi 7 makanan pemicu kolesterol tinggi yang dianjurkan untuk dihindari, disamping itu perlu pula untuk diperhatikan dalam pengolahan makanannya. Karena makanan yang diolah dengan cara digoreng, lebih tinggi kandungan kolesterol nya. Oleh karena itu, dalam pengolahan makanan lebih disarankan untuk mengolahnya dengan cara dikukus atau dipanggang. Selamat memulai hidup sehat dan jauh dari kolesterol tinggi!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja