Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Hati-hati 8 Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu permasalahan pada sistem pencernaan yang dapat menyerang siapapun, baik anak kecil ataupun orang dewasa sekalipun. Biasanya perut kembung disertai dengan mual dan ingin muntah akibat produksi gas yang berlebihan. Jelas ini akan menimbulkan ketidaknyamanan. Gejala lainnya yang bisa dirasakan adalah meningkatnya frekuensi sendawa  dan buang angin. Ada berbagai penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang merasakan perut kembung, salah satunya yaitu dari makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsinya.  Lalu apa saja makanan atau minuman yang menyebabkan perut kembung? Berikut ini daftarnya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan serta kacang yang tinggi serat memang baik bagi tubuh. Nutrisi yang kaya di di dalamnya membantu menjaga kesehatan dan merupakan salah satu makanan sehat yang direkomendasikan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan pembentukan gas dalam perut. Meskipun begitu, Anda tetap dapat mengonsumsinya hanya saja mulailah dengan porsi yang lebih kecil dan kemudian perlahan Anda bisa menaikkan porsinya.

Baca Juga: 7 Pola Makanan Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Sayuran Kelompok Kubis

Sayuran seperti kubis, brokoli, kale, dan kole memiliki kandungan yang tinggi akan rafinosa, yang merupakan serat yang sulit untuk dipecah. Meskipun banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, tapi sayuran ini bisa menyebabkan gas serta kembung. Anda bisa mengonsumsi sayuran ini dalam porsi kecil sehingga sistem pencernaan lebih mudah untuk melakukan penyesuaian. Anda juga dapat mengolah sayuran tersebut dengan cara mengukusnya sehingga mengurangi efek gas yang ada di dalam perut.

Makanan Berminyak

Makanan-makanan yang berminyak memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang dapat menyebabkan perut mengalami kembung. Hal ini karena lemak dapat memperlambat kerja perut yang akhirnya bermuara di usus kecil. Mengonsumsi makanan yang berlemak mungkin tidak akan menyebabkan masalah, tapi jika Anda mengonsumsi makanan yang berminyak mungkin efeknya akan lebih terasa di perut Anda. Jika sudah seperti ini, Anda hanya dapat menunggu hingga kembung terasa menghilang dari perut. Setelah itu barulah Anda mengatur kembali poris makan Anda berikutnya.

Susu

Susu memang sangat baik bagi tubuh, tapi ternyata susu juga bisa menyebabkan perut mengalami kembung. Hal ini karena kandungan laktosa yang ada di dalam susu. Biasanya tak semua orang akan mengalami permasalahan perut kembung setelah mengonsumsi susu, hanya saja pada beberapa orang-orang tertentu terutama yang memiliki alergi terhadap laktosa. Sehingga saat proses pencernaan pada laktosa terjadi, maka gas yang diproduksi menjadi berlebihan.

Buah Apel

Siapa sangka jika buah apel termasuk ke salah satu makanan yang bisa menyebabkan kembung. Ternyata karena apel merupakan buah yang dapat menghasilkan sorbitol dan fruktose, zat gula yang bisa menyebabkan produksi gas berlebihan. Meskipun begitu, buah apel tetap baik untuk dikonsumsi karena nutrisi yang terkandung di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat meminimalisir resiko penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Panduan Makanan Agar Cepat Hamil

Makanan yang asin

Selain itu, makanan asin juga menjadi salah satu daftar makanan yang bisa menyebabkan perut kembung. Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan asin sangat tidak baik bagi tubuh. Seperti diet mayo, dimana program diet ini memfokuskan menu makanan tanpa tambahan garam. Sehingga diusahakan agar mengontrol jumlah garam yang Anda konsumsi sehari harinya. Namun, tetap ingat, penuhi kebutuhan garam setiap harinya oleh tubuh.

Makanan Dengan Pemanis

Makanan yang menggunakan bahan pemanis beralkohol seperti manitol, sorbitol, dan xylitol juga dapat menyebabkan perut terasa kembung. Hal ini karena makanan-makanan tersebut tidak bisa dicerna baik oleh tubuh sehingga difermentasi bakteri yang ada di saluran pencernaan. Biasanya pemanis beralkohol ini digunakan dalam pembuatan permet karet bebas gula serta beberapa makanan rendah kalori lainnya.

Gandum

Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan perut terasa kembung tanpa Anda sadari. Gandum sebenarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh karena kandungannya yang kaya akan serat dan nutrisi. Namun, serat yang dikombinasi dengan pati bisa menyebabkan perut terasa kembung, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Namun, kabar baiknya adalah sistem pencernaan di dalam tubuh akan beradaptasi terhadap serat ekstra sehingga dapat mengurangi gas yang ada di dalam perut secara perlahan.

Nah, itu tadi 8 jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung. Tak perlu dihindari, tapi Anda bisa membatasi makanan-makanan di atas akan tidak membuat perut begah atau kembung. Perut yang kembung memang masalah yang umum dan dapat hilang dengan sendiri. Namun, kadang ini akan terasa tidak nyaman dan menganggu Anda. Anda dapat mengatasi perut kembung ini dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bisa mengusir perut kembung, antara lain adalah:

  • Pisang, kandungan kalium yang tinggi bisa menetralkan kadar sodium yang ada di dalam tubuh serta mencegah retensi cairan. Selain itu serat larut di dalamnya juga membantu untuk melancarkan saluran pencernaan
  • Semangka, kandungan kalium yang sangat banyak bisa Anda dapatkan dalam buah semangka. Sifatnya yang diuretic menyebabkan kerja ginjal semakin terpacu agar terus menerus membuang air seni
  • Sayuran hijau ini dapat mengendalikan gas yang berlebihan di dalam saluran pencernaan. Hal ini karena kemampuannya yang dapat membersihkan tubuh dari racun serta zat berbahaya lainnya
  • Mentimun, kandungan quercetin, zat aktif yang bersifat antioksidan ini bisa membantu mengempiskan perut kembung dan membengkak. Selain itu vitamin C, silika, serta kafeatnya berfungsi mencegah retensi cairan yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes

Selain itu, masih banyak makanan sehat lainnya yang dapat Anda konsumsi untuk membantu agar sistem pencernaan tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah termasuk perut kembung. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja