Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Resep Menu Masakan Pagi yang Lezat Dan Bergizi

Sarapan menjadi hal yang sangat penting dalam memulai hari. Tak hanya dapat memberi dorongan energi untuk digunakan beraktivitas seharian tapi sarapan juga menjadi sumber makanan yang baik dengan kandungan nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin, protein, kalsium, zat besi, serta serat. Tubuh membutuhkan nutrisi ini agar dapat memulai proses metabolisme di dalam tubuh. Bahkan terdapat penelitian yang menjelaskan jika tubuh melewatkan nutrisi sarapan, maka akan besar kemungkinan jika tubuh akan mengalami resiko buruk di kemudian harinya.

Sehingga kebiasaan sarapan menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewati. Namun, menyiapkan sarapan seringkali menjadi kesulitan bagi sebagian besar orang, apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa. Terutama bagi ibu rumah tangga yang setiap paginya diributkan dengan berbagai aktivitas beragam. Namun, tenang saja, ada beberapa menu masakan pagi yang dapat anda coba. Tentu saja menu sarapan ini sangat lezat dan bergizi untuk energi di pagi hari.

Telur

Perlu anda ketahui jika telur memiliki kandungan 13 nutrisi penting yang sangat baik bagi tubuh, termasuk proteinnya yang tinggi dimana ini sangat dibutuhkan pada saat pagi hari. Beberapa penelitian menunjukkan hasil jika menu sarapan yang berprotein tinggi dapat menangkal rasa ingin menyemil tidak sehari sepanjang hari. Setidaknya, konsumsi 8-10 gr sampai 20-25 gr protein. Ini tidak hanya dapat membuat rasa kenyang lebih lama tapi juga dapat menjaga agar massa otot menjadi lebih baik kedepannya. Bagian kuning telur mengandung vitamin B dan kaolin yang cukup tinggi yang sangat baik bagi ketajaman memori. Serta kandungan lutein dan zeaxanthin yang baik bagi kesehatan mata.

Baca Juga: 8 Asupan Sehat Penurun Berat Badan

Sereal

Menu makanan lainnya yang sangat tepat untuk dijadikan menu sarapan adalah sereal. Tak hanya mudah dan hemat, sebagian besar sereal untuk sarapan biasanya sudah difortifikasi dengan berbagai mineral dan vitamin yang baik. Sehingga menjadikannya sebagai menu sarapan sehat dan bergizi untuk memulai hari. Bila anda ingin membuat menu sarapan menggunakan sereal cukup mudah, anda dapat menuangkan sereal dan susu, ataupun menambahkan buah-buahan segar favorit anda. Lalu, sarapan siap untuk dihidangkan.

 Buah Pisang

Buah pisang juga sangat baik sebagai menu makanan di pagi hari. Tak hanya dikenal dengan kandungan kalorinya yang tinggi, tapi juga kaya akan berbagai nutrisi baik seperti vitamin C, serat alami, dan potassium. Satu buah pisang mengandung 422 mg potassium yang sama sekali tidak terdapat kandungan sodium di dalamnya. Kombinasi ini dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, pati dan serat di dalamnya juga memberikan efek kenyang yang tahan lama.

Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau diolah ke berbagai menu makanan sarapan lainnya. misalnya saja seperti smoothie pisang. Anda dapat mencampurkan pisang, campuran gandung giling, serta susu skim, kemudian blender hingga tercampur. Anda juga dapat membuat roti panggang dengan isian pisang.

 Oatmeal

Satu porsi bubur oatmel memiliki kandungan serat yang tinggi yang membantu anda untuk merasa kenyang lebih lama. Inilah yang membuat oatmeal direkomendasikan sebagai menu makanan pagi. Oats merupakan gandum utuh yang diproses melalui penggilingan. Konsumsi oats dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko terhadap kolestrol tinggi, hipertensi, hingga diabetes tipe 2.

Baca Juga: 6 Makanan Pembentuk Otot Secara Alami

Kandungan lignan, yang merupakan senyawa kimia nabati di dalam oatmeals juga membantu mencegah penyakit jantung. Oatmeal juga kaya akan kandungan zat besi, vitain B kompleks dan lainnya. Anda dapat mengolah oatmeal menjadi menu makanan apapun, hanya saja hindari oatmeal yang siap saji dengan kandungan gula serta sodium yang tinggi.

 Greek yoghurt

Greek yoghurt merupakan jenis yogurt yang melewati 3 kali proses penyaringan agar kadar air di dalamnya berkurang. Sehingga jenis yogurt ini memang memiliki tekstur yang cukup kental dibandingkan yogurt pada umumnya. Kandungan protein dan kalsium di dalamnya juga lebih banyak, bahkan 2 kali lipat yang membuat anda dapat kenyang lebih lama. Anda dapat menyajikan greek yoghurt ini dengan ditambahkan buah-buahan segar, kacang-kacangan, maupun granola sebagai salah satu ide sarapan yang cepat, mudah dan praktis. Atau anda juga dapat memasukkan yoghurt ini ke dalam protein shake yang anda konsumsi.

Sayuran non-pati

Sayuran yang kaya akan kandungan air dan serat seperti mentimun, wortel, seledri, bayam, kubis, kale, dan lainnya memiliki kalori yang rendah tapi kandungan antioksidannya cukup tinggi. Serat yang ada di dalam sayuran ini lah yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Anda dapat mengonsumsinya sebagai lalapan sayuran mentah. Jika anda tak terlalu suka dengan ide sarapan tersebut, campurkan saja sayuran-sayuran tersebut ke dalam omelet, sandwich, maupun sup yang anda buat.

Baca Juga: 7 Makanan Pemicu Alergi yang Perlu Dihindari

 Ikan Salmon

Salmon menjadi salah satu menu sarapan lainnya yang direkomendasikan. Kandungan omega-3 nya yang tinggi, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat meningkatkan manfaat kesehatannya dengan menyajikan salmin bersama dengan sayuran tumis atau panggang sebagai pendampingnya. Anda dapat mengolah salmon dalam bentuk apapun seperti panggang atau dijadikan salad, asalkan jangan menggorengnya.

Nah, itu tadi 7 menu sarapan yang dapat anda buat, yang pastinya lezat, sehat dan bergizi. Menciptakan kebiasaan untuk sarapan memang tidak mudah, tapi anda dapat bangun secara perlahan. Dengan begitu nantinya anda dapat terbiasa untuk sarapan di pagi hari setiap harinya. Selain menu makanan diatas masih banyak menu makanan sehat lainnya yang dapat anda coba sebagai menu sarapan anda. Yang terpenting adalah gizi serta nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan harian. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja