Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Wajib Tahu ! Cara Membersihkan Luka Diabetes di Rumah

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Mungkin banyak diantara Sahabat Sehat yang menderita diabetes, merasa khawatir bila mengalami luka yang tak kunjung sembuh. Diketahui sebanyak 15% penderita diabetes beresiko menderita luka pada kaki yang tak kunjung sembuh, kondisi ini disebut juga sebagai ulkus diabetes. Sekitar 6% penderita ulkus diabetes di dunia tercatat pernah dirawat di Rumah Sakit akibat komplikasi dari luka yang tak kunjung sembuh.

Mengapa Bisa Timbul Luka Diabetes ?

Luka pada penderita diabetes seringkali dialami pada area kaki. Berbagai penelitian menyebutkan hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, misal kurangnya sirkulasi pada area kaki, kelainan bentuk kaki, iritasi dan tekanan berlebih pada kaki, trauma, maupun gangguan saraf tepi yang seringkali dialami penderita diabetes. 

Penderita diabetes mengalami kerusakan saraf tepi akibat kadar gula darah yang tinggi. Gangguan saraf dapat terjadi meski tanpa rasa nyeri, sehingga penderita diabetes seringkali abai menjaga kesehatan kaki. 

Baca Juga : Tanda Gejala Diabetes dan Kencing Manis

Bagaimana Merawat Luka Diabetes ?

Bagi Sahabat Sehat yang menderita luka diabetes, penting untuk melakukan beberapa tips berikut dirumah untuk mempercepat proses pemulihan yaitu :

  • Bersihkan Luka

Sahabat Sehat sebaiknya membersihkan luka dengan air mengalir dan sabun, ataupun dengan cairan steril. Setelah kering, oleskan salep antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter. Jaga kebersihan luka untuk mencegah infeksi pada luka, dan luka tidak semakin meluas.

  • Kurangi Tekanan Pada Luka

Jika luka diabetes dialami pada area kaki, disarankan agar Sahabat Sehat mengurangi aktivitas seperti berjalan maupun berdiri terlalu lama agar mengurangi tekanan pada area kaki. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berjalan terlalu lama berdampak pada lambatnya pemulihan luka diabetes di kaki.

Produk Terkait : Lawan Diabetes

  • Pantau Kadar Gula Darah

Penderita diabetes disarankan mengontrol kadar gula darah, terutama bagi yang menderita luka diabetes. Apabila kadar gula darah tinggi, dapat memperlambat proses pemulihan luka. Sahabat Sehat sebaiknya rutin memeriksakan diri ke dokter agar kadar gula darah terpantau dengan baik.

  • Kenali Tanda Infeksi Pada Luka

Luka pada penderita diabetes rentan mengalami infeksi, yang ditandai dengan perubahan warna luka, terasa nyeri, bengkak, bernanah, dan berbau tidak sedap. Sahabat Sehat disarankan memantau kondisi luka, atau meminta bantuan orang lain untuk memeriksa kondisi luka. Segera periksakan ke dokter apabila luka disertai gejala di atas, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat

Baca Juga : Kiat Pengidap Diabetes

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai penanganan pada luka diabetes. Bagi Sahabat Sehat yang menderita luka diabetes maupun luka akibat hal lainnya, kini dapat memanfaatkan layanan perawatan luka dari Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. American Podiatric Medical Association. Diabetic Wound Care [Internet]. USA : American Podiatric Medical Association; [cited 2021 June 08]. Available from : https://www.apma.org/diabeticwoundcare
  2. LeVitre J. Healing Tips For Diabetic Wound Care and Ulcers of The Foot. USA : Certified Foot and Ankle Specialists; [cited 2021 June 08]. Available from : https://certifiedfoot.com/healing-tips-for-diabetic-wound-care-and-ulcers-of-the-foot/

Chat Asisten ProSehat aja