Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Bukti Stres Picu Diabetes & Bagaimana Mencegahnya

Stres merupakan kondisi dimana kurangnya kontrol emosi dan berubahnya kebiasaan menjadi lebih menurun produktivitasnya. Stres diduga dapat memicu berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang timbul karena stress di artikel kali ini adalah stress memicu penyakit diabetes.

Bagaimana stres picu diabetes? Simak 4 bukti melalui ulasan berikut ini

1. Stress meningkatkan gula darah

Saat stress gula darah akan meningkat dan tak dapat dikendalikan. Meningkatnya gula darah ini adalah hal yang menjadi penyebab utama dalam penyakit diabetes. Keadaan stress menyebabkan gangguan fungsi insulin baik reseptor maupun produksi

2. Stress memberikan emosi negatif

Emosi negatif dalam diri kita terkadang membuat kita mengambil keputusan secara tidak realistis. Saat stress seringkali kita akan membiasakan kebiasan buruk sebagi pelariannya. Misalnya merokok, minum-minuman alkohol, dan juga mengonsumsi obat-obatan terlarang. Selain diabetes, hal-hal diatas tentunya juga memicu penyakit serius yang lainnya.

3. Stress menurunkan sistem imun

Saat stress sistem imun juga ikut menurun. Hal ini terjadi karena terlalu banyak atau juga kekurangan waktu yang cukup untuk tidur. Saat stress juga erat kaitannya dengan sakit kepala yang berlebih. Untuk itu, saat sistem imun ditubuh kita menurun, segala penyakit bisa saja menyerang kita. Tidak terkecuali pula pada penyakit diabetes.

4. Stress mempengaruhi gaya makan

Saat stress kita akan mengalami kondisi dimana perubahan nafsu makan menjadi pelariannya. Terkadang kita juga akan terus-menerus makan-makanan yang kurang sehat seperti junk food. Yang akhirnya gaya makan tidak sehat ini menjadi kebiasaan dalam sehari-hari. Karena kurangnya kesadaran pola makan sehat maka tentu saja penyakit diabetes sangat mudah datang menghantui anda.

 

Selain diabetes, stress juga dapat berdampak pada penyakit kronis lainnya. Kasus yang sering terjadi akibat stress adalah nyeri punggung, infeksi, penyakit jantung, kanker kolorektal, dan juga pusing.
Lalu bagaimana cara mencegah serta mengatasinya? Menjadi sadar merupakan jawaban utamanya. Menyadari apa yang terjadi pada anda dan sekitar anda adalah kuncinya. Setelah anda sadar bahwa anda memiliki peran yang penting, maka anda akan menemukan solusi stress yang anda alami.

 

Demikian artikel mengenai “4 Bukti Stres Picu Diabetes dan Bagaimana Anda Mencegahnya”. Selain menjaga kesehatan tubuh kita secara fisik, ada perlunya kita mencegah diri kita dari stress. Ayo, mulai jalani hidup sehat secara jasmanai maupun rohani. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya, dan untuk mendapatkan daily tips sehat, konsultasi dokter gratis di smartphone anda, silahkan download aplikasi kesehatan ProSehat di Playstore dan AppStore .

 

Sumber / Daftar Pustaka :
Managing Stress and Diabetes [Internet]. American Diabetes Association. 2016 [cited 22 October 2016].
Available from: http://www.diabetes.org/living-with-diabetes/parents-and-kids/everyday-life/managing-stress-and-diabetes.html

Chat Asisten ProSehat aja