Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mari Kenali Beragam Jenis Obat Anti Diabetes

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

kiat pengidap diabetes

Sahabat Sehat, penyakit diabetes melitus atau seringkali dikenal sebagai kencing manis telah menjadi salah satu penyakit tidak menular dengan angka penderita yang selalu bertambah setiap tahunnya. Diabetes seringkali dikaitkan dengan gaya hidup, namun jumlah kematian akibat penyakit kardiovaskular dan diabetes cenderung lebih banyak terjadi di negara berkembang dibandingkan dengan negara maju. Nah Sahabat Sehat, bagaimana pengobatan penyakit diabetes ? Mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu Diabetes ?

Diabetes merupakan penyakit kronis akibat pankreas tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh), atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan. 

Bagaimana Penanganan Diabetes ?

Diabetes dapat ditangani dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu memperhatikan jenis asupan nutrisi serta melakukan aktivitas fisik, yang turut dilakukan bersamaan dengan pemberian obat anti diabetes secara oral dan/atau suntikan.

Baca Juga : Tanda Gejala Diabetes dan Kencing Manis

Jenis Obat Anti Diabetes

Sahabat Sehat, pemberian obat anti diabetes akan dilakukan setelah memastikan kadar gula darah serta mempertimbangkan berbagai hal. Berikut adalah beberapa jenis obat anti diabetes berdasarkan cara kerjanya : 

Pemacu Sekresi Insulin

Contoh obat anti diabetes golongan ini adalah Sulfonilurea dan Glinid. Kedua obat ini dapat meningkatkan pengeluaran hormon insulin oleh pankreas, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

Peningkat Sensitivitas terhadap Insulin 

Contoh obat anti diabetes golongan ini adalah Metformin dan Tiazolidindion. Metformin dapat mengurangi produksi gula darah oleh hati dan memperbaiki ambilan gula darah di jaringan tubuh. Sementara Tiazolidindion berperan dalam meningkatkan jumlah protein pengangkut gula darah, sehingga meningkatkan ambilan gula darah di jaringan tubuh. 

Penghambat Enzim Alfa Glukosidase

Contoh obat anti diabetes dalam golongan ini adalah Acarbose yang berperan dalam menurunkan penyerapan gula darah di usus halus.

Penghambat Enzim Dipeptidyl Peptidase-4 (DPP-4 inhibitor) 

Contoh obat anti diabetes dalam golongan ini adalah vildagliptin, linagliptin, sitagliptin, saxagliptin dan alogliptin. Golongan obat ini berperan dalam meningkatkan respon hormon insulin, serta menurunkan kadar gula darah tanpa menyebabkan hipoglikemia (kondisi kadar gula darah terlalu rendah dibawah batas normal).

Penghambat Enzim Sodium Glucose co-Transporter 2(SGLT-2 inhibitor)

Contoh obat anti diabetes dalam golongan ini adalah canagliflozin, dapagliflozin, empagliflozin, dan ertugliflozin yang dapat menghambat penyerapan gula darah di ginjal serta meningkatkan pengeluaran gula darah melalui urin. 

Suntik Insulin

Suntik insulin digunakan hanya dengan pertimbangan dokter dan diberikan pada beberapa kondisi, diantaranya jika nilai HbA1c saat diperiksa adalah 7.5% meski sudah menggunakan satu atau dua jenis obat minum anti diabetes, infeksi, menjalani operasi besar, infark miokard akut, stroke, Ibu hamil, gangguan fungsi ginjal dan hati, kontraindikasi dan atau alergi terhadap obat minum anti diabetes. 

Baca Juga : Wajib Tahu Cara Membersihkan Luka Diabetes di Rumah

Perilaku Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes

Bagi Sahabat Sehat yang menderita diabetes, dihimbau menjalani perilaku hidup sehat sebagai berikut :

  • Mengatur pola makan sehat.

Perbanyak buah, sayur, gandum serta biji-bijian utuh. Hindari makanan dan minuman berpemanis buatan, alkohol serta rokok.

  • Meningkatkan aktivitas fisik

Lakukan olahraga minimal 30 menit sehari atau total minimal 150 menit dalam seminggu.

  • Menggunakan obat secara teratur sesuai anjuran dokter
  • Melakukan perawatan kaki

Penderita diabetes rentan mengalami infeksi dan gangguan saraf tepi. Sahabat Sehat sebaiknya membersihkan kaki secara rutin, serta mengenakan alas kaki saat beraktivitas untuk mencegah timbulnya luka di kaki.

  • Lakukan kontrol ke dokter secara berkala

Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka Sahabat Sehat dianjurkan melakukan kontrol ke dokter secara rutin untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah, tekanan darah, kolesterol, kadar HbA1c, dan lainnya.

  • Mengelola Stress dengan baik

Baca Juga : Diabetes

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai beragam jenis obat diabetes. Jika Sahabat Sehat membutuhkan obat anti diabetes selama dirumah, segera manfaatkan layanan Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Hari Diabetes Sedunia 2018 [Internet]. Indonesia : Kementerian Kesehatan RI; [cited 2021 July 02]. Available from : https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/20111800001/diabetes-melitus.html
  2. Dansinger M. 6 Lifestyle Changes to Control Your Diabetes [Internet]. USA : WebMD. 2021 [updated 2021 May 15; cited 2021 July 02]. Available from : https://www.webmd.com/diabetes/diabetes-lifestyle-tips
  3. PB Perkeni. Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa di Indonesia. Ed 1. Indonesia : PB Perkeni; 2019/

Chat Asisten ProSehat aja