Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

14 Makanan yang Aman Anda Makan Walaupun Menderita Diabetes

Menjadi penderita diabetes terkadang takut untuk memilih makanan apa yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi. Diabetes sendiri merupakan suatu kondisi gula darah dalam tubuh naik karena hasil dari sumber makanan yang mengandung karbohidrat. Untuk itu, berikut kami sajikan informasi makanan-makanan yang aman anda makan walaupun menderita diabetes.

Baca Juga: Kiat Pengidap Diabetes Hadapi Covid-19Makanan Penderita Diabetes

1. Bayam

Bayam merupakan makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan serat, membantu penderita diabetes merasa kenyang dan mengurangi rasa ingin makan berlebih akibat gangguan pengolahan gula dalam darah.

2. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi pengganti penting asupan karbohidrat dalam tubuh. Selain membantu penurunan resiko diabetes tipe 2, oatmeal juga menurunkan resiko serangan jantung yang juga merupakan komplikasi dari diabetes.

3. Beras Merah

Beras merah sudah banyak dikenal sebagai makanan pengganti beras putih oleh penderita diabetes. Hal ini terbukti karena kadar gula dalam beras putih lebih basar daripada beras merah.

Baca Juga: Ingin Diet Berhasil? Mulailah Diet Beras Hitam

4. Yogurt rendah-lemak

Yogurt tanpa lemak bisa dijadikan pilihan sehat untuk camilan nikmat penderita diabetes.

5. Wortel

Selain memiliki banyak kandungan vitamin C &A wortel juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Terong

Terong juga merupakan sayuran yang aman dikonsumsi, namun anda juga perlu memperhatikan pengolahannya.

7. Buah Beri

Buah beri sangat baik bagi tubuh karena kandungan antioksidannya. Semakin gelap warna kulitbuah, semakin banyak kandungan zat antioksidannya. Acai Berry adalah buah yang cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes.

8. Ikan Tuna

Daging ikan memiliki banyak kandungan protein. Ikan tuna juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

9. Telur

Kandungan protein juga bisa di dapatkan dari telur. Selain ikan, telur juga tidak kalah penting manfaatnya.

10. Tahu

Bagi anda yang vegetarian dan juga penderita diabetes, tahu menjadi pilihan bijak untuk pengganti protein pada daging.

11. Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes, selain itu buah naga juga memiliki banyak kandungan atioksida yang baik untuk tubuh.

12. Alpukat

Alpukat memiliki dampak yang baik apabila di konsumsi penderita diabetes. Buah alpukat juga sangat cocok untuk orang-orang yang ingin melakukan program diet.

13. Susu rendah-lemak rendah gula

Susu rendah lemak rendah gula membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh kita. Untungnya, susu rendah-lemak rendah gula ini juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Produk Terkait: Jual Susu Penderita Diabetes

14. Kentang

Kentang juga bisa dijadikan solusi pengganti nasi. Namun pengolahan kentang juga harus benar, menjadikan french fries dengan bahan dasar kentang berdampak tidak terlalu baik bagi tubuh.

Baca Juga: Menu Diet Diabetes: Perhatikan 3J (Jenis, Jumlah, dan Jam)!

Demikian artikel mengenai “14 Makanan yang Aman Anda Makan Walaupun Menderita Diabetes”. Ayo, kita jaga asupan kita agar tidak tejadi komplikasi diabetes yang lebih berbahaya lagi. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya, dan untuk mendapatkan daily tips sehat, konsultasi dokter online gratis di smartphone anda, silahkan download aplikasi kesehatan ProSehat di Playstore dan AppStore .¬†Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai diabetes dan produk-produk kesehatan yang berkaitan, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Daftar Pustaka / sumber :

  1. Cold F, Health E, Disease H, Management P, Conditions S, Problems S et al. Best and Worst Foods for Diabetes [Internet]. WebMD. 2016 [cited 22 October 2016]. Available from: http://www.webmd.com/diabetes/diabetic-food-list-best-worst-foods#1
  2. What Can I Eat? [Internet]. American Diabetes Association. 2016 [cited 22 October 2016]. Available from: http://www.diabetes.org/food-and-fitness/food/what-can-i-eat/

Chat Asisten ProSehat aja