Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Deteksi Dini Pemeriksaan Gula Darah yang Terintegrasi dengan POSBINDU PTM

Implementasi CERDIK menjadi agenda event lanjutan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; Deteksi Dini Pemeriksaan Gula Darah yang Terintegrasi dengan POSBINDU PTM.

Kemeriahan acara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam melawan diabetes berlanjut ke hari Minggu, 10 April 2016. Acara Deteksi Dini Pemeriksaan Gula Darah yang Terintegrasi dengan POSBINDU PTM ini diselenggarakan di area Pasar Modern BSD City dengan tujuan merangkul seluruh lapisan masyarakat dalam bersama-sama cegah, obati dan lawan diabetes.

Dari seluruh rangkaian acara yang dimulai sudah sejak pukul 05.30 pagi itu, yang paling menarik perhatian adalah implementasi CERDIK yang juga menjadi agenda Kementerian Kesehatan dalam event lanjutan dari peringatan Hari Kesehatan Sedunia 2016. Sedangkan CERDIK itu sendiri merupakan singkatan dari Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress.

Dari rangkaian acara yang disusun oleh panita terkait bersama Kementerian Kesehatan RI, dalam acara hari itu juga terdapat pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan darah tinggi gratis. Para tamu undangan yang datang untuk melakukan senam pagi bersama dengan Dinas Kesehatan Pusat dan Tangerang Selatan segera menyesaki booth-booth mitra yang menyediakan cek kesehatan gratis, termasuk ProSehat yang bekerja sama dengan Insan Medika dalam pelayanan cek gula darah dan tensi gratis. Tidak lupa pula kehadiran Gubernur Banten, H. Rano Karno yang memberikan sambutan di awal acara. Tidak perlu takut asap rokok atau bahkan polusi karena acara ini sengaja diselenggarakan sejak pagi buta sehingga hal tersebut melengkapi sikap cerdik para pengunjung yang datang dalam melawan diabetes. Tidak ditemukan 1 pengunjung yang menghisap rokok pagi itu.

Dari penglihatan kamera, kebanyakan para pengunjung yang menyesaki area parkir Pasar Modern BSD City ini tampak bersemangat dalam melakukan aktifitas fisik yang juga diadakan oleh Kemenkes, yaitu senam pagi. Terlihat dengan jelas bahwa mereka yang sudah berseragam olahraga juga antusias untuk melakukan diet seimbang, yaitu dengan menyimak dengan baik penjelasan tentang pencegahan diabete yang dibarengi dengan peresmian POSBINDU PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K). POSBINDU PTM ini diharapkan dapat menjadi penyambung lidah antara kementerian kesehatan RI dan masyarakat Indonesia dalam mengedukasi pentingnya mencegah penyakit tidak menular, termasuk diabetes melitus atau yang biasa disebut dengan kencing manis.

Rangkaian acara ditutup dengan acara panggung hiburan dan door prize dan dilanjutkan dengan kemeriahan di booth-booth dan kunjungan setiap booth oleh Menteri Kesehatan RI dan tim. Diharapkan dengan peresmian POSBINDU PTM dan edukasi tentang diabetes dapat menekan angka diabetesi di Indonesia hingga ⅓-nya. Semoga!

Chat Asisten ProSehat aja