Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Apakah Ejakulasi Dini Salah Satu Tanda Diabetes?

Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat kadar glukosa dalam darah berlebih secara terus menerus. Pada keadaan tersebut terjadi kekurangan jumlah hormon insulin atau menurunnya fungsi yang bertugas dalam mengatur gula darah.

Baca Juga: Susu untuk Pengidap Diabetes yang Tepat Seperti Apa?

Dalam beberapa kasus, ternyata diabetes juga menjadi penyebab disfungsi ereksi dan beberapa penyakit lain. Namun benarkah pula jika diabetes juga mengakibatkatkan ejakulasi dini? Apakah ejakulasi dini juga salah satu tanda dari diabetesi? Berikut kami berikan penjabarannya.

disfungsi-ereksi-faktor-resiko-dan-cara-pengobatannya

Apakah Diabetes Mengakibatkan Komplikasi Masalah Seks?

Diabetes memang terbukti mengakibatkan komplikasi masalah seks. Masalah dengan seks terjadi karena pengaruh gangguan saraf dan pembuluh darah.  Hal tersebut akan mengakibatkan disfungsi seksual pada seorang pria. Selain pria, wanita penderita diabetes juga merasa tidak nyaman bahkan ada yang timbul gangguan nyeri saat melakukan hubungan intim. Hal tersebut ditemukan bahwa liang vagina menjadi kering , terganggu terkait system lubrikasi akibat gangguan saraf dan pembuluh darah akibat diabetes.

Sekitar 25% wanita yang mengidap diabetes memiliki masalah seksual seperti kehilangan libido. Namun, sekitar 50% pria diabetesi memiliki masalah seksual. Angka ini cukup mengagetkan karena merupakan 2 kali lebih basar dari prosentase angka yang di diderita wanita.

Baca Juga: Sakit Gula Bikin Jantungan

Bagi pria, keluhan yang sering terjadi adalah kesulitan mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Hal tersebut juga dijadikan tanda awal dari penyakit diabetes.

Berlawanan dengan kepercayaan yang beredar, pria yang kehilangan kemampuannya dalam ereksi masih dapat mengalami orgasme dan berejakulasi. Jadi, lebih tepatnya, salah satu tanda diabetes adalah disfungsi ereksi bukan ejakulasi dini. Namun, ejakulasi dini juga memiliki hubungan dengan diabetes, tetapi tidak dapat di claim sebagai tanda dari diabetes.

Pada pria, dalam jangka panjang dibetes menyebabkan kerusakan pada sistem saraf yang juga bekerja aktif pada proses terjadinya ereksi. Sebanyak 1/3 pria dabetesi mengalami disfungsi ereksi. Bahkan beberapa pria baru mengetahui bahwa ia sedang mengidap penyakit diabetes saat melakukan pengobatan disfungsi ereksinya. Setelah pengobatan yang dilakukan dan menjalani gaya hidup sehat, maka kemampuan ereksinya dan masalah seksual yang dialami akan segera pulih.

Baca Juga: Madu atau Gula, Amankah untuk Penderita Diabetes?

Demikian artikel mengenai “Apakah Ejakulasi Dini Salah Satu Tanda Diabetes?“. Jawabannya adalah bukan, yang menjadi tanda diabetes adalah disfungsi ereksi. Meskipun demikian ejakulasi Dini juga erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya, dan untuk mendapatkan daily tips sehat, konsultasi dokter gratis di smartphone,┬ásilakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Sumber / Daftar Pustaka :

  1. Erectile dysfunction and diabetes: Take control today – Mayo Clinic [Internet]. Mayoclinic.org. 2016 [cited 22 October 2016]. Available from: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/erectile-dysfunction/in-depth/erectile-dysfunction/art-20043927?pg=1

Chat Asisten ProSehat aja