Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ketahui Ciri Seseorang Sehat Jiwa

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Sahabat Sehat, kesehatan tidak hanya sebatas kondisi fisik semata namun juga meliputi kesehatan jiwa atau mental. Jika kesehatan jiwa terganggu tentu dapat berdampak pada kesehatan fisik, dan sebaliknya. Nah Sahabat Sehat, bagaimana ciri seseorang memiliki jiwa yang sehat, serta cara mendapatkannya ? Mari simak penjelasan berikut.

Ciri Sehat Jiwa

Pakar Ilmu Kesehatan Jiwa, Dr. dr. Kristiana Siste, Sp.KJ(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengungkapkan bahwa berikut adalah ciri seseorang memiliki jiwa yang sehat :

  • Dapat menerima kenyataan yang baik maupun buruk
  • Puas dengan hasil karyanya
  • Merasa lebih puas untuk memberi daripada menerima.
  • Bebas dari rasa tegang dan cemas.
  • Berhubungan dengan orang lain untuk saling menolong dan memuaskan.
  • Mengambil hikmah dari kejadian buruk.
  • Mengarahkan rasa permusuhan pada penyelesaian
  • Memiliki rasa kasih sayang yang besar.

Baca Juga : Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Tips Memperoleh Jiwa yang Sehat

Di masa pandemi Covid-19, Sahabat Sehat perlu menjaga kesehatan fisik maupun jiwa agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik. Sahabat Sehat dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut untuk memperoleh kesehatan jiwa :

  • Jalin relasi dengan orang lain

Dengan menjalin relasi dengan orang lain baik dalam keluarga, rekan kerja, sahabat, maupun mengikuti kegiatan komunitas. Sahabat Sehat dapat memperoleh keseimbangan dalam hidup melalui berkomunikasi dengan orang lain 

  • Olahraga

Olahraga mampu mengurangi depresi dan gangguan cemas. Kondisi fisik yang baik dapat menjaga kesehatan mental, menjauhkan dari penggunaan alkohol dan obat terlarang, serta meningkatkan kualitas tidur.

  • Belajar bersyukur

Sahabat Sehat sebaiknya mulai menuliskan jurnal atau buku harian dan uraikan 3 hal positif yang patut disyukuri setiap hari nya. Hal ini terbukti dapat menjaga kesehatan jiwa Sahabat Sehat dirumah.

Baca Juga : Gejala Kesehatan Mental

  • Kenali kelebihanmu

Dengan mengenali kelebihan dan talenta yang dimiliki, Sahabat Sehat dapat berkontribusi pada komunitas dan memberikan peran sesuai talenta yang dimiliki. Cara ini cukup efektif untuk menjaga jiwa dan mental Sahabat Sehat tetap baik. 

  • Bersedekah

Selain mengamalkan perintah agama, bersedekah turut berdampak baik bagi kesehatan jiwa. Dengan bersedekah, Sahabat Sehat dapat berbagi dan meringankan beban orang lain. Selain itu, ikuti kegiatan amal maupun relawan dalam aktivitas sosial sehingga mengasah kemampuan sosial dan komunikasi dengan orang lain.

  • Mendekatkan diri secara spiritual

Bagi sebagian orang, mendekatkan diri secara agama atau spiritual dapat menjadi salah satu cara untuk meredakan stress. Sahabat Sehat dapat melakukan meditasi, mengikuti kelas yoga dan Tai Chi, maupun mengikuti kegiatan keagamaan.

Baca Juga : Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

Kapan Perlu Mencari Penanganan Medis ?

Jika Sahabat Sehat merasa kesulitan dalam mengendalikan emosi, menutup diri, kurang bergairah dalam menjalani kehidupan sosial, maupun muncul keinginan menyakiti diri sendiri maka sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter maupun psikolog profesional untuk melakukan konseling.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai ciri beserta tips mendapatkan jiwa yang sehat. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan konsultasi Chat Dokter 24 Jam Prosehat. 

Referensi :

  1. Ansori A. 8 Ciri Orang yang Sehat Jiwa [Internet]. Indonesia : Liputan 6. 2021 [updated 2021 April 08; cited 2021 July 05]. Available from : https://www.liputan6.com/health/read/4525522/8-ciri-orang-yang-sehat-jiwa
  2. Health Direct. Good mental health [Internet]. Australia : Health Direct. 2021[updated 2021 March; cited 2021 July 05]. Available from : https://www.healthdirect.gov.au/good-mental-health 

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com