Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid-19

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

gangguan kesehatan jiwa, gangguan kesehatan mental

Sahabat Sehat, kini sudah lebih dari 1 tahun pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak jarang masyarakat mengalami kelelahan baik dari segi fisik dan mental. Berita mengenai Covid-19 hampir setiap hari menghiasi layar kaca, ditambah dengan munculnya berita bohong yang turut berdampak pada kondisi mental masyarakat. 

Mungkin Sahabat Sehat turut merasakan kepanikan, cemas berlebihan, maupun paranoid akibat pandemi Covid-19. Nah Sahabat Sehat, bagaimana cara kita menjaga kesehatan mental selama masa pandemi Covid-19 ? Mari simak penjelasan berikut

Dampak Stress Pada Tubuh

Sahabat Sehat, stress yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan berdampak pada kesehatan fisik yang ditandai dengan :

  • Merasa takut, mudah marah, sedih dan frustasi
  • Perubahan nafsu makan
  • Menarik diri dari lingkungan sosial
  • Konsentrasi menurun
  • Gangguan tidur
  • Penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang
  • Munculnya keluhan fisik, seperti sakit kepala, nyeri pada tubuh, gemetar, dan kulit kemerahan.

Merupakan hal yang wajar apabila Sahabat Sehat merasa cemas, stress, atau sedih selama masa pandemi Covid-19 karena pandemi berdampak pada semua sektor kehidupan. Namun ada baiknya tidak terlarut dalam emosi tersebut dan lakukan berbagai cara untuk mengatasi stress agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan mental.

Cara Mengatasi Stress Selama Pandemi Covid-19

Bagi Sahabat Sehat yang mengalami stress atau merasa cemas selama masa pandemi Covid-19, lakukan beberapa tips berikut dirumah :

  • Rehat sejenak dari membaca berita atau menonton televisi mengenai Covid-19. 

Sahabat Sehat dapat mulai membatasi penggunaan ponsel dan sediakan waktu luang untuk menenangkan diri

  • Lakukan meditasi, atau mendekatkan diri secara agama dapat membantu Sahabat Sehat menenangkan diri
  • Istirahat yang cukup sekitar 7-9 jam sehari
  • Lakukan beragam hal baru ataupun kegiatan yang disukai, misalnya berolahraga, melukis, memasak, atau bahkan sekedar mendengarkan musik.
  • Hindari menggunakan alkohol, rokok, maupun obat-obatan terlarang
  • Bertemu dengan sahabat atau keluarga secara daring. Gunakan sosial media untuk tetap berinteraksi dengan sahabat ataupun keluarga. 
  • Berkonsultasi dengan keluarga atau sahabat

Jika Sahabat Sehat memiliki suatu masalah yang mengganjal, ceritakan dengan keluarga dan sahabat untuk mengeluarkan unek-unek.

  • Membantu orang lain yang membutuhkan. 

Dengan membantu orang lain, secara tidak langsung mempengaruhi kondisi psikologis Sahabat Sehat. Membantu orang lain bisa melalui berbagai cara, misal memberikan dukungan emosional, bantuan finansial, maupun bahan dasar makanan (sembako) bagi mereka yang membutuhkan.

Jika Sahabat Sehat masih merasa gelisah, cemas, paranoid, atau bahkan muncul keinginan menyakiti diri sendiri serta keinginan menggunakan obat terlarang, maka sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter maupun psikolog.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai cara menjaga kesehatan mental selama masa pandemi Covid-19. Jika Sahabat Sehat mengalami keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat 24 jam. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa 

Referensi :

  1. Centers for Disease Control and Prevention. Coping with Stress [Internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention. 2021 [updated 2021 Jan 22; cited 2021 July 12]. Available from : https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/managing-stress-anxiety.html
  2. Dewi B. 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus corona [Internet]. Indonesia : Kompas. 2020 [updated 2020 May 02; cited 2021 July 12]. Available from : https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/02/040300520/5-cara-menjaga-kesehatan-mental-selama-pandemi-virus-corona?page=all

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com